Penyebab dan Perawatan Terbaik Atasi Acne Vulgaris (Jerawat) di Wajah

Jerawat atau acne vulgaris merupakan masalah kulit yang sering dialami hampir semua orang. Demikian pada saat puber atau hormon seseorang sedang tinggi-tingginya atau bahkan tak stabil. Munculnya jerawat acne vulgaris tak cuma dialami saat masa remaja saja namun seorang beranjak dewasa pun masih bisa mengalami jerawat ini. Seakan-akan jerawat ini tidak mengenal usia, jenis kelamin, atau kalangan, semua bisa mengalami hal ini.

Banyak penyebab timbulnya jerawat dan tak selalu muncul dari faktor hormon saja. Namun juga bisa diakibatkan kemungkinan kamu memiliki jenis kulit berminyak, sensitive, kurang menjaga kebersihan muka atau pengaruh pemakaian produk skin care.

Untuk membasmi acne vulgaris ini pun bermacam-macam dan disesuaikan dengan penyebabnya. Tapi yang lebih penting harus ‘dibarengi’ niat dan komitmen kamu melawan jerawat ini. Sebab apabila kamu tak rutin dan kurang niat maka kemungkinan jerawat acne vulgaris ini bisa balik lagi.

Tanpa berlama lagi yuk langsung saja kita bahas lebih lanjut acne vulgaris ini dan bagaimana penanganan tepat yang cocok untuk kamu yaa…

acne vulgaris

Acne Vulgaris atau Jerawat

Jerawat atau acne vulgaris dalam bahasa medis, merupakan gangguan kulit ketika kondisi pori-pori di kulit tersumbat minyak, sel-sel mati ataupun bakteri. Dimana hal tersebut memunculkan bintil kecil jerawat atau komedo yang bisa membesar dan bila disentuh terasa nyeri.

Faktanya, jerawat bisa muncul dimana saja permukaan kulit baik di wajah, punggung, bahu, dada, dan lengan atas. Acne Vulgaris atau jerawat ini umumnya sebagian besar dialami remaja, sekitar 20 persen remaja mengalami jerawat dari tingkat keparahan ringan hingga berat yang disebabkan oleh karena pubertas. Tetapi, tak lantas masalah kulit ini pun bisa ada pada bayi dan anak-anak.

Dengan demikian sebaiknya sejak dini mulai peduli dalam hal merawat kesehatan kulit sejak dini agar di masa tua nanti atau dewasa tidak mengalami gangguan kulit ini lagi.

Nah apalagi wanita lebih sering berjerawat ini pada saat mulai menstruasi. Setelah selesai menstruasi jerawat akan menghilang. Sebenarnya jerawat acne vulgaris ini bisa saja menghilang dengan sendirinya tanpa butuh penanganan.

Tapi ada juga jerawat yang parah yang bisa menimbulkan kerusakan dan membutuhkan penanganan dari dokter kulit. Maka itu untuk kamu yang punya masalah jerawat jangan ragu untuk berkonsultasi pada ahlinya agar bisa ditangani dengan baik dan terbebas dari masalah kulit ini.

Baca juga: Amati 6 Tanda Penuaan Dini Ini Bila Wajahmu Tak Ingin ‘Boros’!

Penyebab Acne Vulgaris

Seperti yang telah disebutkan di atas, kurang lebih ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan jerawat, diantaranya meliput:

• Produksi sebum berlebih. Sebum sendiri merupakan zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit dehidrasi.
  • Sumbatan pada folikel rambut. Muncul sewaktu folikel atau pori-pori terhambat oleh karena campuran sel kulit mati dan sebum.
  • Bakteri. Jenis bakteri Propionibacterium acnes bisa berkembang dan menyumbat folikel rambut, serta memicu peradangan kulit.
  • Hormon. Aktivitas hormon androgen berlebih bisa menimbulkan jerawat.

Pori pori yang terhalang tersebut nantinya lama-kelamaan membengkak dan membentuk komedo putih maupun hitam bila terpapar dengan udara luar. Keadaan ini sebaiknya jangan anggap remeh apalagi kalau kamu suka pencet jerawat ini, bisa saja menyebabkan masalah baru seperti muncul pustula, papula, nodul, atau bahkan menjadi kista, apabila terkontaminasi bakteri kulit.

Begitu pun ada berbagai faktor pendukung lainnya seperti masa puber, riwayat keluarga atau faktor keturunan, tingkat stress, penggunaan skin care/kosmetik, hingga penggunaan obat-obat pun bisa mengundang acne vulgaris muncul.

Gejala dan Jenis Acne vulgaris

Seperti yang kita tahu bersama kalau jerawat acne vulgaris ini bisa muncul hampir di seluruh bagian tubuh. Tanda-tandanya seperti munculnya bintik komedo yang berwarna putih, hitam hingga kemerahan.

Komedo hitam ini muncul akibat sering terpaparnya udara kotor  sehingga menyumbat pori-pori. Sementara untuk komedo putih biasanya berada di bawah permukaan kulit mempunyai tekstur yang sedikit agak keras.

Selain komedo, berikut beberapa jenis jerawat acne vulgaris:

• Pustula. Bintil kecil yang di ujungnya terdapat nanah.
  • Papula. Bintil kecil ini bewarna kemerahan dan biasanya terasa menyakitkan bila disentuh.
  • Nodul. Cenderung menonjol dan bertekstur keras yang berada di bawah permukaan kulit, terkadang terasa menyakitkan.
  • Kista. Benjolan berukuran besar berisi nanah yang terasa menyakitkan.

Baca juga: Mau Basmi Komedo Sampai Akar-akarnya? Berikut 9 Cara Ampuh!

Diagnosis Acne Vulgaris

Pada saat kamu mencoba untuk berkonsultasi pada dokter kulit, biasanya dokter akan menanyakan beberapa keluhan yang dirasa serta penindakan seperti pemeriksaaan fisik. Khusus wanita, biasanya dokter akan menanyakan seputar siklus menstruasinya.

Dari data yang kamu berikan tentu memudahkan dokter mengetahui faktor apa yang berpengaruh munculnya jerawat.

Sebenarnya, tidak diperlukan pemeriksaan khusus untuk mendiagnosis jerawat. Namun apabila dokter mencurigai timbulnya acne vulgaris gejala dari penyakit tertentu, seperti adanya hormon testoteron berlebih dalam tubuh wanita, maka tentu akan dilakukan tes khusus lebih lanjut.

Pencegahan Jerawat

Meski jerawat acne vulgaris sulit dideteksi, berikut langkah-langkah di bawah ini yang bisa kamu lakukan untuk meminimalkan kemunculannya. Seperti rutin mencuci wajah dua kali sehari, menghindari pemakaian kosmetik yang berlebihan, bersihkan wajah dari riasan wajah sebelum tidur, terus memakai sunscreen, menerapkan gaya hidup sehat.

Apakah pengobatan yang bisa dilakukan untuk acne vulgaris?

Penanganan dan pengobatan Acne Vulgaris bisa berbeda tergantung pada kondisi pasien dan penyakit yang dideritanya. Diantaranya seperti:
•  Antibiotik
•  Dermabrasi/ mikrodermabrasi
•  Fototerapi
•  Chemical peeling
•  Retinoid
•  Terapi Fotodinamis
•  Terapi Hormon
•  Terapi Laser Fraksional

Penanganan di Klinik Pandawa

Yup, untuk mendapatkan wajh yang mulus, sehat dan bebas jerawat kamu juga bisa mendapatkan perawatan tambahan dari luar bersama klinik pandawa estetika. Klinik kami memiliki banyak pilihan penanganan tepat untuk basmi semua masalah kulit.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa mencoba perawatan wajah dengan fototerapi, dermabrasi, chemical peeling, terapi hormon di Klinik kami. Ditangani dengan tenaga ahli professional dan bersertifikasi serta dimodali dengna teknologi mutakhir.

Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah kulit silakan konsultasi dengan dokter online kami (gratis) dan hubungi kami melalui 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau klik link KONSULTASI GRATIS.