Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Ada Bintik-Bintik Merah Di Kulit? Cari Tahu Penyebabnya Segera

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Sahabat pandawa pernah menemukan bintik- bintik merah di kulit? Gangguan kulit ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk. Kondisi ini pun bisa menandakan adanya gangguan kesehatan, baik skala ringan maupun serius.

Munculnya bintik- bintik merah di kulit sebagai reaksi pada permukaan kulit, tapi ada juga yang sama sekali tidak bereaksi. Perubahan kulit yang muncul akibat bintik merah umumnya kulit terasa lebih kasar dan tebal. Ditambah dengan keluhan lain, seperti terasa perih dan gatal, nyeri, iritasi, dan lainnya.

Oleh sebab itu, sahabat pandawa harus mencari tahu penyebabnya agar bisa menemukan penanganan yang tepat.

bintik merah di kulit

Penyebab Bintik Merah di Kulit

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa kemungkinan penyebab bintik merah di kulit yang bisa terjadi di area mana saja seperti lengan, kaki, perut, punggung, dada, wajah hingga area kelamin.

Bintik Merah di Kulit akibat Gigitan Serangga

Gigitan atau sengatan serangga menjadi penyebab paling sering bintik merah di kulit. Ketika kamu digigit oleh nyamuk, semut, atau kutu, bahkan disengat oleh lebah sekalipun, maka keluhan ini bisa saja muncul.                                 

Selain menimbulkan bintil merah di kulit, kamu juga akan merasakan gatal, nyeri, dan bengkak di area sekitar gigitan atau sengatan.

Biang Keringat

Bukan hanya terjadi pada bayi, biang keringat atau bahasa medis miliaria pun bisa terjadi pada orang dewasa. Biang keringat timbul sewaktu keringat terjebak di bawah kulit, biasanya ketika cuaca sedang panas. Kondisi ini menimbulkan munculnya bintik-bintik merah yang terkadang berisi cairan dan gatal mengganggu.

Pityriasis rosea

Gangguna kulit ini merupakan kondisi inflamasi kulit yang menghasilkan ruam merah. Pemicu utamanya masih belum diketahui, tapi diduga berasal dari infeksi virus.

Bintik yang timbul seringnya berwarna merah, berbentuk oval, dan terkadang bersisik dengan ujung yang menonjol seperti kurap. Selain bintik merah terasa gatal, pengidapnya juga bisa mengalami demam, sakit kepala, hingga sakit di tenggorokan.

Dermatitis kontak

Penyebab gangguan kulit bintik merah juga bisa dipicu karena dermatitis kontak. Gangguan kulit ini terjadi ketika bersentuhan dengan zat allergen. Seperti bila produk pembersih yang memiliki kandungan kimia yang kuat, memakai perhiasan juga bisa memicu.

Kulit pun akan bereaksi terhadap zat tersebut sehingga muncul bintik-bintik merah, ruam, gatal, pembengkakan, rasa terbakar, kulit kasar, atau melepuh.

Baca juga: Mengenal Penyakit Kulit Dermatitis, Bisa Serang Semua Usia!

Herpes Zoster atau Cacar Api

Herpes zoster atau cacar api dipicu oleh virus herpes berjenis varicella zoster yang bisa menimbulkan bintil bintil merah berisi air seperti melepuh. Keluhan ini dimulai dengan rasa tidak nyaman, demam, gatal, nyeri pada sendi atau sakit di kulit luar tertentu.

Dalam beberapa hari, bintik-bintik merah lepuhan kecil tersebut pun timbul dengan sensasi panas, dan lama kelamaan bisa pecah hingga menimbulkan bekas luka.

Bintik Merah di Kulit Akibat Cacar air

Kalau tadi cacar api, ada pula cacar air yang sama-sama disebabkan oleh virus varicella zoster. Gangguan kulit ini menimbulkan bintik bintik merah yang gatal dan tersebar di area-area tubuh.

Herpes kelamin

Selain herpes kulit atau zoster ada juga jenis herpes kelamin atau herpes simpleks genital. Penyakit ini timbul karena adanya virus HSV oleh akibat aktivitas seksual bebas. Faktor pemicunya munculnya penyakit ini yaitu kerap berganti pasangan, berhubungan sesama jenis dan tak menggunakan pelindung seks.

Kondisi ini termasuk dalam jenis infeksi menular seksual yang mana membutuhkan penanganan medis yang serius. Biasanya pengidap akan mengalami lepuhan atau bintil bintil merah di kulit kelamin dan sekitarnya, terasa panas, dan gatal. penyakit ini susah untuk dihilangkan dari tubuh dan bersifat kambuhan

Dermatitis Atopik

Selain dermatitis kontak, juga ada dermatitis atopic yang lebih dikenal dengan penyakit kulit eksim atau eczema. Kondisi ini umum terjadi pada anak-anak bahkan orang dewasa, dimana memiliki sifat kambuhan.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab kondisi penyakit ini. Bisa saja keluhan ini disebabkan dari faktor genetik, maupun reakasi berlebihan sistem imun terhadap sesuatu.

Baca juga: Tak Cuma di Bibir, Penyakit Herpes Bisa Serang Leher

Psoriasis

Gangguan bintil merah di kulit yang bisa mengganggu dan dialami kebanyakan orang yaitu psoriasis. Penyakit ini bisa memicu timbulnya bintik bintik merah yang gatal, bersisik, kasar, di siku, lutut, kulit kepala atau bagian lain dari tubuh.

Bintik Merah di kulit akibat Demam Berdarah

Salah satu gejala demam berdarah bisa dikenali dengan munculnya bintil bintil merah di kulit. Demam berdarah sendiri merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Kondisinya berkisar dari ringan hingga berat, jadi kamu harus selalu waspada. Selain adanya bintik-bintik merah, kamu pun bisa merasakan nyeri sendi dan demam yang tinggi.

Alergi obat

Munculnya bintik merah terjadi akibat tubuh kamu alergi terhadap suatu obat. Ini bisa dipicu oleh apapun jenis obatnya yang menjadi reaksi. Bintik merah di kulit akibat penggunaan obat banyak ragamnya, mulai dari kondisi ringan hingga berat. Jika kamu mengalami hal ini setelah konsumsi obat sebaiknya konsultasi dokter.

Kapan harus ke dokter?

Untuk mengatasi bintik merah di kulit, pengobatan yang dijalani harus berdasarkan pada penyebabnya. Sebab itu, lakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin terbaik untuk melakukan diagnosis dan pengobatan yang harus kamu lakukan.

Jadi tunggu apalagi, segera lakukan pengobatan masalah kulit bila tak menginginkan komplikasi berlanjut. Bila ada pertanyaan atau buat janji, hubungi nomor 0821-1141-0672 (WA/SMS/TLP) atau klik layanan konsultasi bersama dengan dokter Kami. Rahasia terjamin.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)