Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Apa Itu Melasma? Apakah Berbahaya? Berikut Penjelasannya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
apa itu melasma

Apa Itu Melasma? – Hai Sahabat Pandawa semua! Bagaimana kabar kamu hari ini nih? Semoga kamu dan semua Sahabat Pandawa di mana pun berada selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan YME, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani ya! Oh iya, kalau menurut kamu, standar good looking buat kamu apa sih?

Standar sosial untuk kecantikan memang sebenarnya subjektif, akan tetapi setiap daerah selalu memiliki kecenderungan standar yang berbeda-beda. Contohnya saja, pada negara-negara di barat seperti benua Eropa dan Amerika Utara lebih cenderung menyukai seseorang dengan kulit eksotis dan berambut keriting. Akan tetapi, di negara kita Indonesia masyarakat cenderung lebih menilai seseorang cantik dari kulit yang putih, mata yang biru, rambut yang lurus, dan sebagainya.

Kita tidak bisa memungkiri hal ini karena nyatanya memang benar terjadi di masyarakat. Banyak dari mereka yang rela melakukan perawatan hingga berpuluh-puluh juta untuk membuat kulit wajah menjadi putih tanpa adanya bintik atau bercak.

Berbicara soal bintik dan bercak di wajah, ternyata hal ini mempunyai istilah medisnya lho Sahabat Pandawa! Dalam istilah kesehatan, bercak merah kecokelatan pada wajah disebut dengan chloasma atau yang lebih dikenal dengan melasma. Gangguan ini pada dasarnya tidak berbahaya, akan tetapi bisa menganggu kecantikan wajah bagi beberapa orang.

Seperti biasa nih Sahabat Pandawa, Klinik Pandawa bakal selalu membahas informasi dan artikel kesehatan, seputar terutama kesehatan kulit, kesehatan kelamin, sex education, dan juga tips trik kecantikan (estetika). Nah, pada kesempatan ini Klinik Pandawa bakal mengupas tuntas mengenai apa itu melasma mulai dari pengertian, gejala, penyebab, bahayanya, dan juga cara menghilangkannya. Oleh karena itu sebaiknya kamu menyimak artikel ini sampai selesai supaya informasi yang kamu dapat bisa bermanfaat. Tanpa basa-basi lagi, yuk langsung aja disimak Sahabat Pandawa!

Apa itu melasma?

Melasma atau yang disebut juga sebagai chloasma merupakan salah satu gangguan kulit yang lazim terjadi. Kondisi ini membuat wajah menjadi memiliki bercak berwarna cokelat hingga abu-cokelat. Kebanyakan orang mengalami melasma pada pipi, batang hidung, dahi, dagu, dan di atas bibir bagian atas mereka. Gangguan ini juga bisa muncul di area tubuh lain yang banyak terpapar sinar matahari, seperti lengan bawah dan leher.

Apakah melasma merupakan gangguan yang wajar?

Melasma merupakan kondisi gangguan kulit yang lazim terjadi. American Academy of Dermatology menyebut bahwa  90 persen orang yang terkena melasma adalah perempuan. Orang berkulit gelap seperti keturunan Amerika Latin, Afrika Utara, Afrika-Amerika, Asia, Timur Tengah, India, dan Mediterania juga lebih mungkin untuk terkena masalah ini. Orang yang mempunyai hubungan darah dengan pengidap melasma juga jauh lebih mungkin untuk terkena kondisi ini.

Gejala melasma

Setelah kamu tahu tahu apa itu melasma, kamu haru paham juga gejalanya. Gangguan ini menyebabkan bercak berwarna abu-abu dan kecokelatan. Bercak ini lebih gelap ketimbang warna kulit kamu yang biasa. Kondisi ini juga umumnya muncul di area wajah dan keberadaannya simetris. Nodanya pun sama di kedua sisi wajah. Area lain di tubuh kamu yang sering terkena sinar matahari juga dapat terkena chloasma ini.

Bercak berwarna kecokelatan biasanya muncul di beberapa bagian tubuh ini:

  • pipi
  • dahi
  • batang hidung
  • dagu

Bercak kecokelatan ini juga dapat tampak di leher dan lengan bawah. Perubahan warna itu tidak menimbulkan gangguan fisik, namun kamu dapat melihat gejala dan ciri-cirinya. Bila kamu menyadari terdapat gejala melasma, segera konsultasi ke dokter. Dokter bisa merujuk kamu ke dermatologis atau dokter spesialis kulit.

Penyebab melasma

Kamu telah tahu apa itu melasma, kamu juga harus tahu penyebabnya. Penyebab gangguan ini masih belum bisa dipastikan. Kemungkinan, masalah ini terjadi saat sel-sel yang pembuat warna di kulit (melanosit) memproduksi terlalu banyak warna. Orang yang berkulit gelap umumnya lebih mudah terkena kondisi ini karena memiliki melanosit yang lebih aktif ketimbang mereka yang memiliki warna kulit cerah.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab melasma:

  • Paparan matahari

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa merangsang melanosit semakin aktif. Bahkan, hanya sejumlah kecil paparan matahari dapat membuat melasma kembali muncul setelah sebelumnya menghilang. Paparan sinar matahari merupakan alasan melasma seringkali bertambah buruk di musim  panas. Paparan cahaya ini juga menjadi alasan utama mengapa banyak orang dengan melasma mengalaminya lagi dan lagi.

  • Perubahan hormon

Wanita hamil sering terkena masalah ini. Perubahan hormon menjadi salah satu pemicunya. Selain itu, pil KB serta pengganti hormon juga bisa memicu kondisi ini.

  • Kosmetik

Produk perawatan kulit yang mengiritasi kulit dapat memperparah kondisi ini.

Bahaya melasma

Melasma sebenarnya tidak menimbulkan bahaya atau komplikasi, akan tetapi jika kondisi ini semakin parah maka bisa menghalangi kecantikan wajah kamu. Namun, jika kamu ingin menghilangkannya maka dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

Cara menghilangkan melasma

Sekarang kamu telah memahami apa itu melasma. Tadi sudah dijelaskan bahwa sebenarnya masalah ini tidak berbahaya bagi kesehatan. Akan tetapi dapat mengganggu kecantikan wajah bagi beberapa orang. Jika kamu merasa terganggu oleh masalah ini maka kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit.

KLINIK PANDAWA adalah salah satu klinik estetika yang dapat membantu kamu menghilangkan melasma. Klinik Pandawa memiliki dokter spesialis kulit dan kelamin yang telah berpengalaman dalam menangani masalah ini dan gangguan kulit lainnya. Sudah banyak pasien kami yang berhasil mengatasi masalahnya dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Apabila kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut maka kamu dapat melakukan konsultasi gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini: KONSULTASI ONLINE GRATIS. Kamu juga bisa menghubungi kami lewa Whatsapp atau SMS di nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)