Waspada Benjolan di Miss V!!

Benjolan di Dalam Vagina – Halo Sahabat Pandawa, apa kabar? Semoga sehat selalu ya! Organ kewanitaan adalah salah satu organ yang rawan terkena penyakit. Ada banyak sekali penyakit yang dapat menjangkit Miss V dan area sekitarnya. Oleh karena itu, menjaganya dari virus dan bakteri adalah hal yang cukup wajib.

Terkadang, apabila Miss V Anda mengalami masalah akan menunjukkan beberapa tanda-tanda sepert gatal atau iritasi. Akan tetapi, ada juga gejala yang tampaknya cukup mengerikan seperti adanya benjolan yang timbul pada bibir Miss V ataupun pada bagian dalamnya.

Pada kesempatan kali ini, Klinik Pandawa akan membahas seputar benjolan di dalam vagina atau tonjolan yang terdapat di dalam Miss V Jangan anggap remeh benjolan di Miss V ini karena bisa jadi Anda telah terjangkit sebuah penyakit yang berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya Sahabat Pandawa menyimak artikel ini sampai selesai. Yuk disimak Sahabat Pandawa!

Benjolan di Miss V

Terdapatnya benjolan di dalam vagina dan area di sekitarnya mungkin saja memang merupakan kondisi yang normal. Akan tetapi, hal ini dapat juga menjadi sebuah pertanda kondisi yang perlu perhatian dan tindakan medis, misalnya kutil kelamin, kista, ataupun varises vagina.

Selain membuat tidak merasa nyaman, benjolan di dalam vagina dan sekitar area intim wanita tentunya membuat cemas. Terlebih apabila benjolan tersebut disertai gejala lain seperti iritasi, gatal, ruam, bahkan sensasi nyeri. Sebelum membahas penyebab timbulnya benjolan di dalam vagina, Sahabat Pandawa harus memahami lokasi pasti benjolan tersebut berada, apakah di vagina atau di sekitar vulva.

Vagina ialah sebuah organ yang berbentuk tabung dan terdiri atas otot elastis yang menghubungkan rahim dan leher rahim (serviks). Berbeda dengan vagina, vulva merupakan organ intim bagian luar yang terdiri dari labia minora, labia mayora, serta kelenjar Skene.

Berbagai penyebab munculnya benjolan di dalam vagina

Berikut adalah beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan timbulnya benjolan di Miss V dan vulva.

Kista vagina

Benjolan di dalam vagina salah satunya bisa disebabkan oleh kista vagina. Penyakit ini biasanya muncul di dinding vagina berupa benjolan padat seukuran kacang. Terdapat beberapa macam kista vagina seperti kista inklusi, kista Bartholin, kista Müllerian, dan juga kista Gartner. Namun, jenis kista vagina yang banyak dijumpai adalah kista inklusi. Kista vagina jenis inklusi biasanya muncul pasca melahirkan atau saat vagina mengalami cedera.

Kista vulva

Penyebab benjolan di dalam vagina yaitu kista vulva. Kista vulva terjadi saat kelenjar yang ada di area sekitar vulva tersumbat. Ukuran kista biasanya hanya benjolan kecil yang keras dan tidak terasa sakit. Rasa sakit akan muncul jika sudah terinfeksi. Kista jenis ini biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun jika kista terinfeksi maka membutuhkan penanganan dokter segera

Kutil kelamin

Benjolan di dalam vagina juga bisa jadi ada kutil kelamin. Kutil kelamin termasuk ke dalam penyakit menular seksual yang berupa munculnya benjolan-benjolan berukuran kecil di area kewanitaan serta area dubur. Penyakit ini bisa disebabkan oleh infeksi virus HPV (human papillomavirus). Penyebarannya terjadi lewat hubungan seksual baik melalui vagina, seks oral, dan juga seks anal.

Herpes genital

Herpes genital atau herpes simpleks juga merupakan PMS yang diakibatkan oleh virus herpes simple (HSV). Biasanya gejala herpes genital berupa gatal, kesemutan, luka, serta benjolan di dalam vagina yang berisikan cairan bening. Selain itu, demam dan rasa sakit di area bokong juga merupakan salah satu gejalanya.

Kulit tumbuh di vagina

Benjolan di dalam vagina bisa jadi disebabkan oleh kulit tumbuh. Vaginal skin tag ialah kulit tumbuh yang timbul di area vagina. Umumnya berwarna senada dengan warna kulit atau lebih gelap. Kulit ini biasanya berukuran kecil sekitar 2-10 mm. Kulit tumbuh ini dapat disebabkan oleh kegemukan, kehamilan, resistensi insulin, faktor keturunan, atau juga infeksi HPV. Masalah ini dapat menyerupai polip vagina atau kutil kelamin.

Apakah benjolan di Miss V tersebut berbahaya?

Berbahaya atau tidaknya benjolan di dalam vagina tidak dapat dipastikan karena penyebab pastinya tidak bisa diketahui dari pemeriksaan sendiri. Anda harus memeriksakannya langsung ke dokter kulit dan kelamin agar dapat diberi tindakan selanjutnya yang efektif.

Anda juga tak boleh menganggap remeh benjolan di Miss V ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, adanya benjolan di dalam vagina bisa jadi pertanda bahwa Anda mengidap penyakit-penyakit berbahaya seperti kista vagina atau herpes genital. Oleh karena itu, sebaiknya langsung periksakan keluhan Anda sebelum dampaknya berbahaya.

Di mana saya bisa memeriksakan benjolan di Miss V tersebut?

Untuk memeriksakan benjolan di dalam vagina ini Anda tidak boleh sembarangan. Salah satu tempat yang kami rekomendasikan untuk mengatasi gangguan ini adalah KLINIK PANDAWA. Klinik Pandawa telah berpengalaman dalam menangani hal-hal seperti ini.

Kami memiliki dokter ahli penyakit kulit dan kelamin dan juga berbagai peralatan serta fasilitas yang menunjang pemeriksaan seperti laboratorium dan juga ruang tindakan. Sudah banyak pasien kami yang berhasil sembuh dan merasa puas dengan pelayanan KLINIK PANDAWA.

Apabila Sahabat Pandawa ingin mengetahui lebih lanjut tentang informasi benjolan di dalam vagina maka dapat melakukan konsultasi online secara GRATIS dengan dokter kami lewat link berikut ini bit.ly/rollkonsul. Anda pun dapat menghubungi kami langsung lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)