Jangan Sepelekan Benjolan di Area Mr. P, Berikut Penyebabnya

Sahabat pandawa yang menemukan benjolan di penis jangan kamu sepelekan, ya. Kamu harus tahu penyebab benjolan di penis ini. Penyebabnya pun bermacam-macam dan tentu bisa membuat kamu khawatir dan tidak percaya diri.

Penyebab benjolan di penis bisa ringan dan berbahaya. Karena itu perhatikan baik-baik soal perubahan yang terjadi. Mungkin benjolan tersebut ada tidak mengganggu pria secara seksual, tapi ada kemungkinan gangguan lain yang bisa menyebabkan gangguan yang besar. Yuk kita simak apa saja penyebab benjolan di penis ini.

benjolan di penis

Penyebab Benjolan di Penis

Adapun beberapa penyebab timbulnya benjolan pada penis yang harus diwaspadai dari skala ringan hingga berat.

Bintik Fordyce

Bintik ini merupakan bintik-bintik putih atau kekuningan yang ada di area ujung maupun pada batang penis. Secara umum, benjolan di penis jenis ini cenderung tak berbahaya dan tak memerlukan pengobatan.

Lymphocele

Penyebab benjolan Mr. P selanjutnya ada lymphocele. Kondisi ini ditandai dengan adanya pembengkakan keras yang muncul tiba-tiba muncul di batang penis, setelah masturbasi ataupun berhubungan seksual. Kondisi ini muncul karena adanya hambatan di saluran getah bening pada penis.

Jerawat di penis

Benjolan pada Mr. P bisa juga karena adanya jerawat. Tak cuma di wajah, tetapi jerawat juga bisa muncul di alat vital. Karena di seluruh bagian kulit vital memiliki kelenjar minyak. Namun tenang saja, jerawat di penis bisa hilang, asal tidak kamu pencet karena bisa menyebabkan infeksi.

Pearly penile papules

Penyebab benjolan di penis bisa jadi itu pearly penile papules. Dimana benjolan ini berukuran kecil, dengan warna yang sama pada kulit dan biasanya ada pada ujung penis.

Tenang saja, benjolan ini terbilang normal kok, dan bukan dipicu dari penyakit infeksi menular seksual. Pearly penile papules ini tak menimbulkan keluhan dan biasanya akan hilang sendiri.

Penyakit Peyronie

Salah satu penyebab benjolan ini bisa jadi itu pertanda dari penyakit peyronie. Peyronie ini memberikan tanda dan gejala seperti nyeri di batang penis dan tampak bengkok ketika ereksi.

Bila benjolan ini menimbulkan rasa nyeri dan mengganggu aktivitas seksual, maka diperlukan pengobatan dari dokter untuk mengatasinya.

Kutil kelamin

Penyebab benjolan di penis juga bisa disebabkan oleh adanya kutil kelamin. penyakit ini timbul ketika seseorang tertular infeksi menular seksual yang dipicu oleh virus Human papillomavirus (HPV). Kutil kelamin ini tak terlalu terlihat mata, kadang ukurannya bisa sangat kecil dan menyerupai jengger ayam.

Kutil kelamin ini tentu bisa menimbulkan rasa tak nyaman, yang kadang sakit dan gatal-gatal. Pengobatan kutil kelamin bisa dari krim salep atau pilihan dengan operasi bedah minor.

Herpes genital

Herpes kelamin atau genital juga bisa menjadi penyebab adanya gangguan di penis. Penyakit herpes yang termasuk golongan infeksi menular seksual ini terjadi akibat infeksi dari virus simpleks.

Benjolan-benjolan ini akan terasa perih dan menyakitkan. Sahabat pandawa pun tidak bisa melakukan hubungan seksual karena bila melakukan akan menularkan pasangan, baik oral maupun anal.

Benjolan di penis :Kista

Benjolan ini juga bisa disebabkan oleh karena adanya kista. Biasanya akan terasa keras dan tidak nyeri saat diraba. Secara umum kista penis bukan sesuatu yang berbahaya sesat mendengar penyakit ini. Kista ini berisi cairan yang bisa tumbuh selain di penis.

Kista ini muncul oleh sebab sumbatan yang ada di area kulit penis, kista epidermoid ataupun karena adanya kelainan bawaan lahir.

Tetapi dibeberapa kasus penyakit infeksi menular seksual seperti herpes dan HPV juga bisa menyebabkan kista di penis.

Benjolan di penis : Kanker

Benjolan di Mr. P juga bisa menjadi kemungkinan adanya seorang pria mengalami kanker penis. Benjolannya bisa ada di batang ataupun ujung penis.

Selain benjolan, tanda lain kamu menderita kanker penis bisa ditandai dengan gejala berupa penebalan maupun perubahan warna kulit, adanya kemerahan ataupun ruam-ruam, dan adanya tumpukkan cairan berbau di bawah kulup.

Untuk memastikannya, sahabat pandawa yang mengalami gekala-gejala tersebut dianjurkan untu segera melakukan kontrol dengan dokter ahlinya. Makin cepat terdeteksi maka makin cepat juga penanganan dan kesembuhan penyakit ini.

Apa yang harus dilakukan ketika menemukan benjolan di penis?

Bila sahabat pandawa menemukan salah satu benjolan pada penis seperti yang telah disebutkan di atas, hindari untuk memencet. Karena akan memicu timbulnya infeksi kulit dan meninggalkan bekas luka yang bisa berubah menjadi ulkus mole atau penyakit chancroid.

Sahabat pandawa juga harus menjaga kebersihan Mr. P baik sebelum dan sesudah berhubungan ataupun hanya buang air kecil.

Pasalnya kulit di area vital ini begitu sensitif dan bila digosok kencang akan menimbulkan masalah kulit seperti iritasi maupun ruam.

Kapan harus ke dokter?

Bila sahabat pandawa merasakan gejala seperti di atas atau menemukan perubahan-perubahan di area Mr. P, segera datangi dokter ahli kulit dan kelamin. Penanganan benjolan pada Mr. P ini berbeda-beda dan disesuaikan dengan penyebabnya.

Segera dapatkan penanganan yang tepat dan terbaik bersama Klinik Pandawa. Untuk informasi lebih lanjut dapat bertanya langsung kepada konsultasi dokter online gratis melalui layanan konsultasi atau hubungi 0821-1141-0672 (WA/ TLP/SMS).