Biaya Membersihkan Karang Gigi Terjangkau – Klinik Pandawa

Membersihkan karang gigi adalah salah satu langkah kunci menuju senyum yang menawan dan kesehatan mulut yang prima, lantas berapa biaya untuk prosedur tersebut?

Gigi yang sehat tentu bukan hanya tentang membersihkan mereka setiap hari, tetapi juga tentang melawan musuh tersembunyi bernama karang gigi, salah satu cara untuk mengatasi karang gigi yang menumpuk adalah dengan scaling.

Untuk membersihkan karang gigi dengan prosedur scaling, Anda bisa bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi terdekat.

Solusi terbaik untuk membersihkan karang gigi dengan biaya terjangkau adalah dengan mengunjungi klinik gigi Jakarta milik Klinik Utama pandawa.

Klinik Utama Pandawa menawarkan standar kebersihan dan pelayanan yang tinggi. Tim ahli kebersihan gigi di klinik ini tidak hanya terlatih secara profesional tetapi juga menggunakan peralatan dan teknologi mutakhir untuk memastikan bahwa setiap sesi pembersihan karang gigi dilakukan dengan efektif dan nyaman. 

Dengan pendekatan yang holistik terhadap kebersihan mulut, pasien dapat mengandalkan Klinik Utama Pandawa untuk menyediakan layanan pembersihan karang gigi yang mengutamakan kesehatan dan kenyamanan pasien.

Selain itu, Klinik Utama Pandawa menekankan pentingnya edukasi pasien tentang perawatan gigi yang tepat. 

Tim medis kami akan memberikan saran praktis tentang perawatan gigi sehari-hari dan memberikan informasi tentang bagaimana mencegah pembentukan karang gigi di masa depan. 

Dengan pendekatan proaktif terhadap pendidikan kesehatan mulut, Klinik Utama Pandawa bukan hanya tempat untuk membersihkan karang gigi, tetapi juga menjadi mitra dalam menjaga kesehatan gigi jangka panjang pasien.

YouTube player
Scaling Gigi | Bikin Gigi Bersih & Sehat (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Apa Itu Karang Gigi?

Karang gigi, atau plak gigi, adalah lapisan tipis yang terbentuk di permukaan gigi akibat penumpukan bakteri, sisa makanan, dan saliva. 

Bakteri dalam mulut secara alami berinteraksi dengan zat-zat ini, membentuk lapisan lengket yang dapat mengeras menjadi karang gigi jika tidak kita bersihkan secara teratur. 

Karang gigi biasanya muncul di sekitar garis gusi, antar gigi, dan pada permukaan gigi yang sulit terjangkau oleh sikat gigi.

Ilustrasi Karang Gigi

Pembentukan karang gigi adalah proses yang alami, tetapi dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut jika tidak terkelola dengan baik. 

Ketika bakteri di dalam karang gigi berinteraksi dengan sisa makanan, maka akan menghasilkan asam yang dapat merusak enamel gigi, menyebabkan pembusukan gigi, dan menyebabkan penyakit gusi. 

Pencegahan karang gigi melibatkan praktik kebersihan mulut yang baik, termasuk menyikat gigi secara teratur, menggunakan benang gigi, dan menjalani pemeriksaan rutin di klinik gigi. 

Pembersihan rutin oleh profesional dapat membantu menghilangkan karang gigi yang sulit terjangkau dan mencegah masalah kesehatan mulut yang lebih serius. 

Dengan menjaga kebersihan mulut secara teratur dan mengikuti pedoman perawatan gigi yang tepat, individu dapat mengurangi risiko pembentukan karang gigi dan menjaga kesehatan gigi dan gusi mereka.

Biaya Membersihkan Karang Gigi

Before dan After Membersihkan Karang Gigi

Membersihkan karang gigi secara profesional adalah investasi kecil yang dapat memberikan manfaat besar untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi biaya membersihkan gigi.

1. Lokasi Praktik Dokter Gigi

Biaya membersihkan karang gigi dapat bervariasi berdasarkan lokasi praktik dokter gigi. Praktik di daerah perkotaan mungkin cenderung lebih mahal daripada dengan daerah pedesaan.

2. Pengalaman Dokter Gigi

Dokter gigi yang berpengalaman mungkin menetapkan tarif yang lebih tinggi. Namun, pengalaman ini juga dapat memberikan jaminan keterampilan dan perawatan yang berkualitas.

3. Tingkat Keparahan Karang Gigi

Jika karang gigi Anda sudah dalam kondisi parah, mungkin memerlukan lebih banyak waktu dan usaha untuk membersihkannya. Ini dapat memengaruhi biaya prosedur.

4. Peralatan dan Teknologi

Penggunaan peralatan dan teknologi canggih oleh dokter gigi dapat memengaruhi biaya pembersihan karang gigi. Namun, teknologi ini juga dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan selama prosedur.

Klinik Utama Pandawa menyediakan paket membersihkan karang gigi dengan harga terjangkau, yaitu Dental Spa yang sudah mencakup Scaling, Stain Removal, Topical Fluoride. Dengan Rp1 juta saja Anda bisa mencegah masalah kesehatan gigi yang lebih serius di masa depan.

Ingatlah bahwa menjaga kesehatan gigi bukan hanya tentang biaya, tetapi juga tentang investasi jangka panjang untuk senyuman sehat dan menarik.

Kebiasaan-Kebiasaan yang Bisa Memperburuk Karang Gigi

Karang gigi adalah musuh diam bagi kesehatan gigi Anda, dan sebagian besar waktu, kebiasaan sehari-hari kita dapat menjadi pemicu utama pertumbuhannya. 

Mari kita identifikasi kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari untuk memastikan senyuman Anda tetap cerah dan sehat.

1. Konsumsi Gula Berlebihan

Makanan dan minuman manis bukan hanya menyenangkan bagi lidah, tetapi juga menjadi makanan favorit bagi bakteri penyebab karang gigi. Mengurangi konsumsi gula dapat membantu mencegah pertumbuhan berlebihan plak.

2. Merokok dan Konsumsi Tembakau

Merokok dan tembakau tidak hanya merugikan paru-paru, tetapi juga merugikan kesehatan mulut. Zat-zat kimia dalam rokok dapat merusak enamel gigi dan memicu pembentukan plak lebih cepat.

3. Kurangnya Kebersihan Gigi yang Tepat

Sikat gigi hanya sebagai alat membersihkan yang efektif jika digunakan dengan benar. Kebanyakan orang terburu-buru atau mengabaikan area gigi tertentu, meninggalkan peluang bagi karang gigi untuk berkembang.

4. Minum Kopi dan Teh Tanpa Batas

Kopi dan teh, meskipun nikmat, dapat menyebabkan pewarnaan pada gigi dan meningkatkan risiko karang gigi. Batasi konsumsi dan pastikan untuk berkumur setelah mengonsumsinya.

5. Tidak Mengganti Sikat Gigi dengan Teratur

Sikat gigi yang sudah aus tidak dapat membersihkan gigi dengan efektif. Gantilah sikat gigi setiap 2-3 bulan atau sesuai petunjuk produsen.

Apa yang Terjadi jika Karang Gigi Tidak Kita Bersihkan?

Jika karang gigi tidak kita bersihkan secara teratur, ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan mulut yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi seseorang. 

Pertama, penumpukan bakteri dalam karang gigi dapat menyebabkan pembentukan asam, yang pada gilirannya dapat merusak enamel gigi. 

Proses ini disebut demineralisasi dan dapat mengakibatkan pembusukan gigi atau karies. Karies yang tidak segera kita tangani dapat berkembang menjadi infeksi yang lebih serius dan dapat merusak jaringan gigi hingga ke akar.

Selain itu, karang gigi yang tidak kita bersihkan dengan baik dapat mengeras menjadi kalkulus atau karang gigi keras. 

Kalkulus tidak dapat hilang dengan hanya menyikat gigi atau menggunakan benang gigi biasa, dan memerlukan intervensi profesional oleh dokter gigi. 

Keberadaan calculus dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang lebih kuat dan dapat menyebabkan peradangan pada gusi atau gingivitis. 

Jika gingivitis tidak terobati, dapat berkembang menjadi penyakit gusi yang lebih serius, seperti periodontitis, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan pendukung gigi.

Selain dampak langsung pada kesehatan gigi, penumpukan karang gigi juga dapat menyebabkan masalah estetika, seperti bau mulut yang tidak sedap dan warna gigi yang menguning. 

Oleh karena itu, menjaga kebersihan mulut secara teratur, termasuk membersihkan karang gigi secara efektif, merupakan langkah penting untuk mencegah berbagai masalah kesehatan mulut dan mempertahankan senyum yang sehat dan indah.

Cara Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi dapat menjadi masalah yang umum, berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk membersihkan karang gigi dan menjaga kebersihan mulut Anda.

1. Pemilihan Sikat Gigi yang Tepat

Sikat gigi yang tepat adalah kunci untuk membersihkan karang gigi secara efektif. Pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut namun kuat, sesuai dengan kebutuhan gigi Anda.

2. Pasta Gigi Anti-Plak

Gunakan pasta gigi khusus anti-plak yang mengandung fluoride. Ini membantu melawan bakteri penyebab karang gigi dan memperkuat enamel gigi.

3. Teknik Sikat Gigi yang Benar

Saat menyikat gigi, gunakan gerakan memutar dan pastikan untuk mencakup semua permukaan gigi. Jangan lupa membersihkan bagian belakang gigi dan lidah untuk kebersihan menyeluruh.

4. Benang Gigi Secara Rutin

Penggunaan benang gigi merupakan langkah penting untuk membersihkan area di antara gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Gunakan benang gigi setiap hari, terutama sebelum tidur.

5. Menggunakan Mouthwash

Bilas mulut dengan obat kumur antiseptik untuk membunuh bakteri dan memberikan kelembutan pada gusi. Pilihlah mouthwash yang tidak mengandung alkohol untuk menghindari keringnya mulut.

6. Perawatan Tambahan: Pembersih Lidah dan Gusi

Selain sikat gigi dan benang gigi, gunakan pembersih lidah untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Jangan lupa memijat gusi Anda dengan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah.

7. Periksa Rutin ke Dokter Gigi

Meskipun perawatan di rumah penting, pemeriksaan rutin ke dokter gigi tetap Andaperlukan. Dokter gigi dapat membersihkan karang gigi yang sulit terjangkau dengan proses scaling dan memberikan saran tambahan.

Membersihkan karang gigi bukanlah tugas sekali-sekali. Konsistensi adalah kunci untuk memastikan kebersihan gigi dan gusi Anda. 

Tetaplah mengikuti rutinitas perawatan mulut ini, dan Anda akan melihat perbedaan positif pada kesehatan gigi Anda.

Referensi:
Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)