Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Ada Bintik-Bintik Putih di Kulit? Waspada Gangguan Kulit Ini!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Kamu pernah menemukan bintik putih di kulit? Meski banyak orang mempunyai masalah bintik putih di kulit yang tentu saja membuat rasa percaya diri berkurang. Jangan panik, hal ini bisa terjadi, hanya saja bintik-bintik putih pada kulit orang memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Gangguan kulit tak hanya persoalan bintik putih saja, tapi banyak sekali bintik-bintik lainnya. Seperti bintik hitam hingga kemerahan. Begitu juga penyebabnya tidak bisa disama-ratakan.

Banyak orang yang salah mengartikan kalau bintik putih di kulit ini panu. Sebenarnya banyak sekali lho penyebabnya, dari yang ringan hingga butuh penanganan medis.

Beberapa kondisi, kehadiran gangguan kulit ini tergolong ringan dan tak membutuhkan penanganan. Namun, bukan berarti dibiarkan saja. Penting untuk memeriksakan ke klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik, bila muncul bintik-bintik putih untuk memahami penyebabnya dan cara terbaik untuk mengobatinya.

Bintik Putih di Kulit

Sepertinya mempunyai kulit yang indah dan warna merata adalah dambaan semua orang. Tetapi sebagian orang setidaknya alami bintik putih di kulit. Gangguan kulit tersebut bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti faktor genetik maupun penyakit infeksi yang harus dicari tahu penyebabnya.

Pigmentasi merupakan pewarnaan kulit seseorang. Terlebih warna kulit masyarakat Indonesia ini sangat beragam, tak hanya kulit sawo matang saja. Tergantung ras, genetik, wilayah, dan intensitas orang terpapar sinar matahari.

Tak sampai di situ saja, cedera atah penyakit ini pun bisa mengubah pigmentasi kulit seseorang. Beberapa penyakit juga bisa menyebabkan munculnya bintik putih di kulit. Simak terus selengkapnya di bawah ini yaa

Baca juga: Mengenal Penyakit Vitiligo Sebabkan Kulit Belang Putih yang Tak Menular

Penyebab Bintik Putih di Kulit

Gangguan kulit ini otomatis membuat warna kulit jadi tak merata dan buat percaya diri menurun. Apalagi bila memiliki kulit yang gelap. Gangguan kulit ini pun bisa dipengaruhi oleh beberapa pemicu, di antaranya:

Pityriasis versicolor / Tinea versicolor (panu).

Panu menjadi gangguan kulit pertama yang akan terlintas bila muncul bercak atau bintik putih di kulit. Gangguan kulit ini dipicu infeksi jamur dari genus Malassezia yang umum di kulit. Umumnya, bintik putih panu ini bisa muncul pada kulit area dada, lengan maupun punggung.


Gangguan kulit ini pun bisa membuat kulit muncul bercak kecoklatan hingga bersisik yang mengganggu. Sebagian besar panu bisa ditemukan oleh para anak muda, pria, mereka yang cenderung berkeringat banyak dan beraktivitas di luar ruangan, dan tinggal di iklim panas maupun lembap.

Vitiligo

Bintik putih akibat Vitiligo terjadi saat sel penghasil pigmen atau melanosit berhenti menghasilkan melanin. Keadaan ini pun bisa muncul di area kulit mana pun, namun paling sering terjadi di area wajah, kaki, leher, tangan, atau lipatan-lipatan kulit lainnya.

Bintik putih pada kulit yang diakibatkan oleh vitiligo biasanya bersifat permanen dan ukurannya bisa melebar hingga memengaruhi hampir seluruh bagian kulit. Namun, ini bukan merupakan penyakit kulit yang menular.

Umumnya vitiligo ini dipicu oleh kondisi autoimun, yaitu kelainan ketika sistem imun tubuh menyerang sel tubuh sendiri. Gangguan vitiligo, umumnya menyerang sel melanosit seperti yang disebutkan sebelumnya.

Tak hanya disebabkan auitoimun, ada beberapa hal yang diduga menimbulkan gangguan vitiligo. Misal saja karena riwayat keluarga, paparan sinar matahari, luka di kulit yang cukup dalam, stres, dan juga paparan bahan kimia industri.

Pityriasis Alba

Hipopigmentasi atau munculnya bintik putih di kulit akibat pityriasis alba belum diketahui pemicunya, namun hal ini dikaitkan dengan alergi ataupun penyakit eksim. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang yang kulitnya sering terpapar sinar matahari ataupun memiliki kulit sensitif.

Rentang usia penderita adalah kisaran anak-anak hingga remaja. Keadaan ini sering muncul di area pipi, dagu, bahu dan leher. Sebelumnya, gangguan kulit akibat pityriasis alba ini menimbulkan bercak-bercak merah yang kering dan bersisik.

Gangguan kulit untungnya tidak menular, dan bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi, tetap saja disarankan tetap menjaga kelembapan kulit, kebersihan dan selalu menggunakan tabir surya.

Morfea

Morfea merupakan gangguan kulit yang tergolong langka. Kondisi ini sering menimbulkan bercak-bercak atau bintik putih di kulit tanpa rasa nyeri sekalipun. Biasanya kondisi ini timbul di area kulit perut, dada, paha, maupun punggung.

Gangguan kulit akibat morfea ini sebagian besar mengganggu lapisan terluar kulit, namun ada beberapa kondisi morfea bisa membatasi ruang gerakan karena muncul di area persendian.

Para ahli sebenarnya belum mengetahui penyebab pastinya hingga saat ini. Namun, diduga gangguan kulit ini berkaitan dengan meningkatnya kolagen maupun matriks ekstraseluler atau komponen di luar sel yang ada pada semua jaringan dan organ pada lapisan dermis di kulit.

Lepra

Lepra atau kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini di Indonesia tergolong banyak dan sering ditemukan pada kelompok usia 10 hingga 14 tahun dan 35 sampai 44 tahun. Penyakit ini dikenal dengan munculnya bintik bintik putih di kulit, tidak ada rasa (mati rasa) atau terasa tebal.

Keluhan bintik putih ini bisa menyebar banyak di berbagai area kulit dan perlu ditangani segera mungkin agar penanganan pun bisa lebih cepat. Bahayanya, penyakit kulit ini bisa memicu berbagai macam komplikasi jika tak segera ditangani. Seperti komplikasi saraf yang berujung kecacatan fisik.

Baca juga: Ada Bintik-Bintik Merah Di Kulit? Cari Tahu Penyebabnya Segera

Kapan harus ke dokter?

Gangguan kulit memang terdengar bukan seperti masalah kesehatan pelik. Tetapi, keluhan ini bisa saja menjadi pertanda penyakit yang serius dan memicu dampak yang besar pada hidup penderitanya. Wajar saja bila warna kulit yang tak merata bisa membuat kurang percaya diri.

Sebab itu, jangan tunda memeriksakan diri ke dokter bila kamu mengalami keluhan bintik putih pada kulit. Dan perlu diingat, kamu pun wajib memperhatikan kesehatan kulit agar terhindar dari berbagai macam penyakit kulit. Seperti menjaga asupan dan menerapkan gaya hidup sehat juga perlu ditingkatkan.

Tunggu apalagi, cepat lakukan penanganan penyakit kulit sebelum komplikasi berlanjut. Jika memiliki seputar pertanyaan atau reservasi, silakan hubungi nomor 0821-1141-0672 (WA/SMS/TLP) atau klik layanan konsultasi bersama dengan dokter Kami. Rahasia terjamin.

Referensi:
Healthline. What’s Causing Spots on My Skin and How Can I Treat Them?
Medical News Today. What Are These White Spots on My Skin?

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)