Apa itu Bleaching Gigi? Tujuan, Jenis, Prosedur, & Biaya

Bleaching gigi telah menjadi tren utama dalam perawatan gigi, dan tidak heran mengapa semakin banyak orang mencari solusi untuk mendapatkan senyuman putih bersih. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi segala yang perlu Anda ketahui tentang bleaching gigi, mulai dari definisi, tujuan, jenis, prosedur, hingga berapa biaya yang harus Anda keluarkan. 

Apa Itu Bleaching Gigi?

Bleaching Gigi

Bleaching gigi atau pemutihan gigi yang bertujuan untuk mengurangi warna gelap atau kuning pada gigi, meningkatkan estetika senyuman, dan memberikan tampilan gigi yang lebih cerah. 

Prosedur ini populer di bidang kosmetik gigi dan sering terpilih oleh orang yang ingin memiliki gigi yang lebih putih dan bersih. 

Bleaching gigi dapat Anda lakukan di klinik dokter gigi terdekat atau menggunakan metode pemutihan gigi mandiri yang tersedia di pasaran.

Ada beberapa metode bleaching gigi yang umum tim medis gunakan. Metode paling umum adalah bleaching gigi profesional yang dilakukan oleh dokter gigi di klinik. 

Dokter gigi akan mengaplikasikan bahan kimia pemutih khusus, umumnya hidrogen peroksida pada gigi pasien. 

Selain itu pemutihan gigi bisa juga menggunakan sumber cahaya atau laser untuk meningkatkan efek pemutihan. Prosedur ini biasanya memberikan hasil yang cepat dan efektif.

Selain itu, ada juga produk pemutihan gigi yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti gel pemutih atau kandungan pemutih dalam bentuk pasta gigi khusus. 

Meskipun produk ini dapat memberikan hasil yang baik, namun perlu Anda gunakan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk penggunaan, karena pemakaian yang berlebihan atau tidak benar dapat menyebabkan sensitivitas gigi atau iritasi gusi.

Proses bleaching gigi bekerja dengan cara menguraikan pigmen warna yang terkandung dalam lapisan enamel gigi, sehingga warna gigi menjadi lebih terang. 

Meskipun bleaching gigi umumnya aman, namun konsultasi dengan dokter gigi sebelum melakukan prosedur ini sangat kami sarankan untuk memastikan bahwa metode pemutihan yang pasien pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gigi pasien.

Tujuan Melakukan Bleaching Gigi

Bleaching gigi bukan sekadar tren kecantikan, melainkan juga memiliki tujuan yang penting untuk meningkatkan kesehatan gigi dan meningkatkan rasa percaya diri. Mari kita bahas beberapa tujuan utama melakukan bleaching gigi:

1. Meningkatkan Penampilan Gigi

Tujuan utama bleaching gigi adalah untuk memberikan kilau putih yang memikat pada gigi. Dengan gigi yang putih bersih, penampilan senyum menjadi lebih menarik dan mempesona.

2. Menghilangkan Noda dan Pewarnaan

Bleaching gigi efektif menghilangkan noda dan pewarnaan yang penyebabnya bisa dari konsumsi kopi, teh, anggur merah, atau kebiasaan merokok. Proses ini membantu menjaga gigi tetap bersih dan cerah.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan memiliki gigi yang putih bersih, seseorang akan merasa lebih percaya diri. Senyum yang memikat dan percaya diri dalam penampilan dapat berdampak positif pada kehidupan sehari-hari dan hubungan sosial.

4. Manfaat Kesehatan Gigi dan Gusi

Bleaching gigi tidak hanya bersifat kosmetik, tetapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan. Proses ini membantu menghilangkan plak dan noda yang dapat menyebabkan masalah gigi dan gusi, meningkatkan kondisi kesehatan rongga mulut secara keseluruhan.

5. Pilihan Perawatan yang Aman dan Terkendali

Dalam tangan profesional, bleaching gigi merupakan prosedur yang aman dan terkendali. Dengan memilih perawatan ini, Anda dapat yakin bahwa prosesnya harus dokter gigi berpengalaman yang melakukannya, meminimalkan risiko dan menghasilkan hasil yang optimal.

Pemutihan gigi adalah keputusan bijak untuk meningkatkan penampilan gigi, meningkatkan rasa percaya diri, dan memberikan manfaat kesehatan. 

Dengan pilihan perawatan yang tepat, Anda dapat mencapai senyum yang bersinar dan sehat. Ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan panduan yang sesuai dengan kebutuhan gigi Anda.

YouTube player
TESTIMONI PASIEN BLEACHING GIGI (MEMUTIHKAN GIGI) – Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa

Jenis-Jenis Bleaching Gigi (Pemutihan Gigi)

Terdapat beberapa jenis bleaching gigi yang dapat Anda pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing individu. Berikut adalah beberapa jenis pemutihan gigi yang umum tim medis gunakan:

1. Bleaching Gigi Profesional di Klinik Gigi

Bleaching gigi profesional yang dilakukan di klinik gigi merupakan opsi yang efektif. Dokter gigi akan menggunakan bahan pemutih khusus yang lebih kuat dan mengawasi seluruh proses. Hasilnya biasanya dapat dilihat secara instan.

2. Pemutihan Gigi di Rumah dengan Trays atau Splints

Metode ini melibatkan penggunaan trays atau splints khusus yang dipasangkan di gigi. Pemutih gigi yang lembut ditempatkan di dalam trays, dan pasien memakainya selama beberapa jam setiap hari. Proses ini dapat dilakukan di rumah dengan pengawasan dokter gigi.

3. Pemutih Gigi Berbasis Gel atau Strips

Produk pemutih gigi berbasis gel atau strips umumnya tersedia di pasaran. Gel pemutih ditempatkan di atas gigi atau strips dipasangkan pada gigi untuk jangka waktu tertentu. Metode ini mudah digunakan dan dapat diaplikasikan sendiri di rumah.

4. Laser Bleaching atau Light-Activated Bleaching

Prosedur ini melibatkan penggunaan laser atau cahaya khusus untuk meningkatkan efek pemutihan dari bahan yang tim medis gunakan. Biasanya, prosedur ini umumnya terlaksana di klinik gigi dan memberikan hasil yang cepat.

5. Bleaching Gigi Dalam Wadah Kustom di Klinik

Beberapa klinik gigi menawarkan opsi bleaching gigi dengan wadah kustom yang khusus untuk gigi pasien. 

Wadah ini memberikan kontak yang lebih baik antara bahan pemutih dan gigi, menghasilkan pemutihan yang lebih merata.

6. Charcoal atau Baking Soda untuk Bleaching Alami

Beberapa orang memilih metode alami seperti menggunakan arang aktif atau baking soda untuk pemutihan gigi. 

Meskipun metode ini alami, hasilnya mungkin memerlukan waktu lebih lama dan tidak selalu seefektif pemutihan profesional.

Memilih jenis pemutihan gigi sebaiknya sesuai dengan kebutuhan dan konsultasi dengan dokter gigi untuk memastikan keamanan serta hasil yang optimal.

Prosedur Bleaching Gigi

Prosedur pemutihan gigi adalah suatu tindakan kosmetik gigi yang dilakukan untuk memutihkan dan mengurangi warna gigi yang gelap atau kuning. 

Terdapat beberapa metode yang umumnya digunakan untuk melakukan prosedur bleaching gigi. Metode paling umum adalah bleaching gigi profesional yang dilakukan di klinik gigi oleh dokter gigi. 

Prosedur ini berawal dengan pemeriksaan awal untuk memastikan bahwa gigi pasien sehat dan cocok untuk pemutihan. 

Setelah itu, dokter gigi akan melindungi gusi dan bibir pasien sebelum mengaplikasikan bahan pemutih pada gigi. Bahan pemutih tersebut biasanya mengandung bahan seperti hidrogen peroksida. 

Dokter gigi kemudian menggunakan sumber cahaya atau laser khusus untuk meningkatkan efek pemutihan. 

Proses ini dapat memakan waktu sekitar satu hingga dua jam tergantung pada metode yang pasien pilih dan gunakan.

Selain metode profesional, terdapat juga metode pemutihan gigi di rumah menggunakan produk-produk khusus seperti strip pemutih gigi atau gel pemutih. 

Metode ini umumnya membutuhkan penggunaan rutin selama beberapa minggu untuk mencapai hasil yang Anda inginkan. 

Strip pemutih gigi ditempelkan pada gigi dan dibiarkan selama beberapa saat, sementara gel pemutih dapat diaplikasikan dengan kandang pembuat cetakan yang sesuai dengan gigi pasien.

Sensitivitas gigi merupakan efek samping yang mungkin terjadi setelah prosedur ini, terutama pada orang yang memiliki gigi yang sensitif. 

Dokter gigi biasanya memberikan saran atau produk khusus untuk mengurangi sensitivitas ini. Penting untuk mencari konsultasi profesional sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur bleaching gigi, terutama jika pasien memiliki riwayat sensitivitas gigi atau kondisi kesehatan gigi tertentu.

Setelah prosedur selesai, perawatan pascapemutihan juga penting untuk menjaga hasil pemutihan dan mencegah kembalinya warna gigi seperti sebelumnya. Hal ini melibatkan perubahan kebiasaan makan dan minum serta perawatan gigi yang baik.

Berapa Biaya Bleaching Gigi?

Biaya untuk prosedur bleaching gigi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi klinik gigi, metode bleaching, dan tingkat perubahan warna gigi. 

Secara umum, harga bleaching gigi profesional di klinik gigi dapat berkisar antara beberapa ratus ribu hingga beberapa juta rupiah. 

Klinik gigi yang terletak di daerah perkotaan besar atau memiliki fasilitas yang lebih modern dan canggih mungkin cenderung memiliki biaya lebih tinggi.

Metode pemutihan gigi juga memengaruhi biaya prosedur tersebut. Bleaching gigi profesional di klinik gigi umumnya memiliki biaya yang lebih tinggi daripada dengan produk pemutihan gigi yang dapat Anda gunakan di rumah, seperti strip pemutih atau gel pemutih. 

Produk pemutihan di rumah biasanya memiliki biaya yang lebih terjangkau, tetapi hasilnya mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk terlihat.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur bleaching gigi. 

Dokter gigi dapat memberikan perkiraan biaya berdasarkan kondisi gigi dan memberikan informasi terkait opsi pembayaran atau program keuangan yang mungkin tersedia. 

Keputusan untuk menjalani pemutihan gigi sebaiknya Anda buat berdasarkan pertimbangan yang matang, termasuk anggaran pribadi dan tujuan estetika pasien.

Tempat Terbaik untuk Melakukan Bleaching Gigi

Banyak yang menganggap klinik gigi Jakarta milik Klinik Utama Pandawa adalah yang terbaik karena klinik kami menawarkan pelayanan bleaching gigi profesional dengan standar kualitas yang tinggi. 

Pertama-tama, Klinik Utama Pandawa memiliki tim dokter gigi dan ahli kosmetik gigi yang berpengalaman dan terkualifikasi tinggi. 

Mereka memiliki keahlian dalam melakukan prosedur bleaching gigi dan memastikan bahwa setiap pasien menerima perawatan yang optimal sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka.

Fasilitas medis modern dan peralatan canggih milik Klinik Utama Pandawa juga menjadi alasan mengapa banyak merekomendasikan pemutihan gigi di klinik kami. 

Peralatan yang mutakhir tidak hanya mendukung proses diagnosis yang akurat, tetapi juga meningkatkan efektivitas pemutihan gigi dengan mengoptimalkan penggunaan bahan pemutih khusus. 

Hal ini memberikan hasil yang lebih cepat dan efektif kepada pasien. Komitmen Klinik Utama Pandawa terhadap pelayanan yang holistik juga menjadi pertimbangan penting. 

Sebelum melakukan prosedur ini, pasien akan menjalani pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan bahwa kondisi gigi dan gusi mereka dalam keadaan sehat. 

Dokter gigi di Klinik Utama Pandawa juga memberikan edukasi kepada pasien mengenai perawatan gigi pascapemutihan dan cara menjaga hasil bleaching agar tetap optimal.

Keamanan dan kenyamanan pasien menjadi fokus utama selama proses bleaching gigi di Klinik Utama Pandawa. 

Dengan pendekatan personal dan pelayanan yang ramah, klinik kami memberikan pengalaman perawatan kesehatan yang terpercaya dan mengutamakan kepuasan pasien. 

Semua faktor ini menjadikan Klinik Utama Pandawa sebagai pilihan yang sangat tepat bagi mereka yang mencari pemutihan gigi dengan tingkat keahlian dan kualitas pelayanan yang tinggi.

Referensi:
Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)