Ini Cara Ampuh Membersihkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Karang gigi yang sudah mengeras dapat menjadi masalah yang tidak hanya mengganggu kesehatan mulut Anda, lalu seperti apa cara membersihkan ini?

Kondisi ini dapat berdampak negatif pada penampilan dan rasa percaya diri. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips efektif untuk membersihkan karang gigi secara menyeluruh. 

Penyebab Karang Gigi Mengeras

Karang gigi mengeras karena proses mineralisasi yang terjadi di dalam mulut. Proses ini melibatkan interaksi antara bakteri dalam plak gigi, sisa-sisa makanan, dan mineral-mineral yang terdapat dalam air liur. Berikut adalah beberapa penyebab utama karang gigi menjadi keras:

1. Bakteri Plak Gigi 

Plak gigi adalah lapisan lengket yang terdiri dari bakteri dan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. 

Bakteri ini mengonsumsi karbohidrat dan gula dari makanan yang kita konsumsi dan menghasilkan asam sebagai produk sampingan. 

Asam ini dapat merusak enamel gigi dan membuka jalur bagi mineral untuk masuk ke dalam plak.

2. Mineral dalam Air Liur

Air liur mengandung mineral-mineral seperti kalsium, fosfat, dan fluoride. Proses mineralisasi terjadi ketika mineral-mineral ini berinteraksi dengan plak gigi yang mengandung bakteri. 

Mineral-mineral tersebut diserap oleh plak, dan lapisan plak yang semula lunak menjadi lebih keras seiring waktu.

3. Pertumbuhan Kristal Kalsium Fosfat 

Proses mineralisasi juga melibatkan pertumbuhan kristal kalsium fosfat di dalam plak gigi. Kristal-kristal ini membentuk struktur yang keras, yang dikenal sebagai karang gigi atau tartar. 

Proses ini terjadi secara alami dan menjadi lebih signifikan jika plak tidak dihilangkan secara teratur.

4. Kurangnya Kebersihan Gigi 

Gigi yang jarang kita bersihkan atau sikat secara tidak teratur memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami pembentukan karang gigi. 

Plak yang tidak kita hilangkan secara berkala dapat mengeras menjadi tartar, yang sulit untuk dihilangkan hanya dengan menyikat gigi biasa.

5. Gaya Hidup dan Kebiasaan Makan 

Kebiasaan makan yang tinggi gula dan karbohidrat dapat meningkatkan produksi asam oleh bakteri dalam plak, yang mempercepat proses mineralisasi. Merokok dan mengonsumsi alkohol juga dapat berkontribusi pada pembentukan karang gigi.

Untuk mencegah karang gigi mengeras, penting untuk menjaga kebersihan gigi dengan menyikat dan menggunakan benang gigi secara teratur. 

Kunjungan rutin ke dokter gigi terdekat untuk pembersihan profesional juga dapat membantu mengendalikan pembentukan karang gigi dan menjaga kesehatan gigi secara optimal.

Cara Membersihkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Membersihkan karang gigi yang sudah mengeras dapat menjadi tantangan, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Berikut adalah cara efektif membersihkan karang gigi yang sudah mengeras:

1. Gunakan Pasta Gigi Khusus Anti Karang

Pilih pasta gigi yang dirancang khusus untuk melawan karang gigi dan plak. Pasta gigi ini mengandung bahan-bahan seperti fluoride atau triclosan yang membantu mengendalikan pembentukan karang gigi.

2. Sikat Gigi dengan Gerakan Memutar

Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan sikat gigi dengan gerakan memutar. Hindari menyikat terlalu keras, karena dapat merusak gusi dan enamel gigi.

3. Flossing Rutin

Gunakan benang gigi secara teratur untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. 

Ini membantu menghilangkan sisa makanan dan plak yang dapat menjadi penyebab pembentukan karang gigi.

4. Menggunakan Mouthwash Anti Karang:

Gunakan mouthwash anti karang yang mengandung fluoride untuk membantu membersihkan area yang sulit dijangkau dan memberikan perlindungan tambahan terhadap karang gigi.

5. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Batasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan pembentukan karang gigi, seperti makanan manis atau minuman bersoda. Pilih makanan sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

6. Periksakan ke Dokter Gigi Secara Teratur

Rutin menjalani pemeriksaan gigi dan membersihkan karang gigi oleh dokter gigi adalah langkah penting. Dokter gigi dapat membersihkan karang gigi yang sulit terjangkau dan memberikan saran yang sesuai.

7. Gunakan Scaler Gigi Profesional

Dalam beberapa kasus, dokter gigi dapat menggunakan scaler gigi profesional untuk membersihkan karang gigi yang sudah mengeras. Ini adalah prosedur yang aman dan efektif yang dapat dilakukan oleh ahli kesehatan gigi.

8. Hindari Kebiasaan Merokok

Rokok dapat menyebabkan penumpukan plak dan pembentukan karang gigi. Hindari merokok untuk mendukung kesehatan gigi dan mulut Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara teratur, Anda dapat mengurangi pembentukan karang gigi yang sudah mengeras dan menjaga kesehatan gigi Anda dengan baik. 

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter gigi untuk saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Tempat Terbaik untuk Membersihkan Karang Gigi

Cara untuk membersihkan karang gigi yang sudah mengeras memang beragam, tapi klinik gigi Jakarta milik Klinik Utama Pandawa hadir sebagai solusi terbaik untuk membersihkan karang gigi secara tuntas.

Kami menghadirkan pelayanan kesehatan gigi dengan standar tinggi dan peralatan medis yang mutakhir. 

Karang gigi yang sudah mengeras, atau tartar,memang sulit kita hilangkan dengan metode pembersihan gigi biasa di rumah. 

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pembersihan oleh profesional kesehatan gigiuntuk mengembalikan kesehatan gigi dan gusi.

Klinik Utama Pandawa dilengkapi dengan peralatan pembersihan gigi yang canggih, seperti ultrasonik scaler, yang dapat membersihkan tartar dengan lebih efisien dan nyaman bagi pasien. 

Proses ini terlaksana di bawah profesional kesehatan gigi yang berpengalaman dan terlatih, memastikan bahwa seluruh tartar yang menumpuk di sepanjang garis gusi dan permukaan gigi dapat terangkat secara menyeluruh.

Pembersihan tartar secara rutin di klinik juga membantu mencegah masalah kesehatan gigi dan gusi lebih lanjut, seperti gingivitis atau penyakit periodontal. 

Kesehatan gusi yang baik memiliki dampak positif pada kesehatan gigi secara keseluruhan dan dapat mencegah masalah serius seperti kehilangan gigi.

Selain itu, tim dokter gigi di Klinik Utama Pandawa tidak hanya memberikan pelayanan pembersihan gigi, tetapi juga memberikan edukasi dan saran tentang perawatan gigi yang efektif di rumah. 

Pasien dapat mendapatkan informasi tentang cara menyikat gigi yang benar, pemilihan produk perawatan gigi yang tepat, dan praktik kebersihan mulut yang dapat Anda integrasikan ke dalam rutinitas harian mereka. 

Dengan demikian, pembersihan tartar di Klinik Utama Pandawa tidak hanya memberikan solusi instan tetapi juga membantu pasien merawat gigi mereka secara optimal.

Referensi
Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)