Jerawatan Akibat Masker ‘Maskne’ ? Atasi Dengan Ini!

Penggunaan masker atau pelindung kini menjadi kewajiban yang harus dipakai untuk mencegah penyebaran virus Corona. Tetapi, di sebagian orang penggunaan masker malah memicu timbulnya jerawat atau yang dikenal dengan Maskne. Lantas, bagaimana cara mengatasi jerawat akibat masker ini? Cari tahu di sini.

Ada banyak alasan kenapa hal tersebut terjadi. Bagaimanapun juga maskne ini mengganggu terlebih penggunaanya memang hampir setiap waktu.

cara mengatasi jerawat maskne

Mengenal Maskne

Semenjak pandemic Covid-19 ini, istilah maskne makin viral. Pasalnya maskne atau mask acne ini merupakan jerawat yang terjadi oleh akibat area wajah yang tertutupi masker. Biasanya berada di area dagu, hidung, hingga area pipi.

Sama halnya dengan jerawat pada umumnya, maskne ini bisa mengganggu penampilan dan dapat meninggalkan bekas jerawat yang menyebalkan.

Penyebab Timbulnya Maskne

Penyebab awalnya bisa dipicu oleh sebab penggunaan masker yang terbilang lama dimana akan membuat kulit wajah bergesekan dengan masker. Terlebih saat ini penggunaan masker tak bisa ditinggalkan, alhasil kulit wajah kamu menjadi berkeringat dan mudah timbul jerawat. Sehingga otomatis memicu iritasi dan peradangan pada kulit.

Selain itu, menghela napas dan berbicara saat mengenakan masker bisa memberikan hawa panas yang mana membuat kulit wajah menjadi lembap dan berkeringat. Dari kondisi itu bisa menjadi sarana yang menarik untuk kuman dan bakteri tinggal dan berkembang biak.

Munculnya jerawat maskne selanjutnya, adalah penggunaan masker yang kurang tepat alias jarang ganti. Masker medis yang bisa digunakan berkali-kali maupun masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi pemicu pertumbuhan kuman dan bakteri.

Nah dari hal tersebut, timbullah iritasi, peradangan dan berbagai kuman yang bisa memunculkan masalah kulit seperti eksim, biang keringat, rosacea, dermatitis seboroik hingga jerawat membandel!

Cara Mengatasi Jerawat akibat Masker

Timbulnya maskne bisa memunculkan rasa tidak nyaman dan otomatis percaya diri jadi menurun. Oleh karena itu Sahabat Pandawa perlu mengatasi jerawat akibat masker ini. Caranya seperti di bawah ini…

Cara mengatasi jerawat maskne dengan gunakan masker dengan tepat

Jika Sahabat pandawa memakai masker medis, pastikan untuk tidak menggunakannya beberapa kali, atau seharian penuh, ya. Ganti masker kamu jika itu sudah terlalu basah atau apek. Karena itu, ketika kamu keluar beraktivitas, sediakan lebih masker tambahan.

Rutin ganti masker juga berlaku ketika kamu menggunakan masker kain. Jangan menggunakan kembali masker kain yang telah belum dicuci. Masker kain mencuci dengan air panas untuk membunuh kuman yang menempel pada permukaan kain.

Mencuci muka

Cara mengatasi jerawat akibat masker alias maskne ini selanjutnya jangan lupa cuci muka. Setelah seharian beraktivitas di luar memakai masker rumah, mencuci muka dengan sabun wajah yang sesuai jenis kulit kamu, ya. Memilih sabun wajah yang cocok merupakan hal yang penting karena apabila penggunaan yang salah dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Sahabat pandawa juga bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung ceramide untuk mencegah kulit kering dan teriritasi. Sementara itu, kandungan tersebut juga mampu melindungi lapisan atas kerusakan kulit wajah. Hal ini penting untuk menghindari iritasi kulit akibat gesekan selama menggunakan masker.

Pakai pelembap

Cara mengatasi jerawat akibat masker alias maskne ini selanjutnya adalah menerapkan pemakaian pelembap baik untuk menjaga kulit terhidrasi dan tidak kusam. Pilih pelembap dengan bahan yang ringan dan mengandung oil-free.

Jika perlu, pilih produk yang menenangkan dan menyejukan sehingga bisa meredakan kulit yang memerah akibat penggunaan atau gesekan masker. Salah satu pelembap yang aman seperti gel lidah buaya (aloe vera gel).

Pakai Sunscreen

Cara mengatasi jerawat akibat masker alias maskne ini selanjutnya memakai sunscreen. Sebelum keluar rumah dan beraktivitas, jangan lupa juga oleskan sunscreen atau tabir surya. Gunakan sunscreen berkadar SPF 30 atau lebih guna mencegah hiperpigmentasi atau penuaan dini akibat sinar matahari.

Cara mengatasi jerawat Maskne, hindari penggunaan makeup tebal

Agar terlihat menarik meskipun memakai masker, sahabat pandawa masih bisa memakai makeup ringan. Jika kamu memang sedang berjerawat, kamu harus menghindari menggunakan make up secara rutin.

Karena penggunaan makeup yang tebal bisa saja menyumbat pori-pori, sel kulit mati tertahan dan parahnya menyebabkan jerawat atau memperburuk jerawat kamu.

Lakukanlah langkah-langkah di atas agar kulit wajah kamu bebas dari Maskne walau kamu sedang menggunakan masker seharian. Dengan cara-cara mengatasi jerawat tersebut, kulit wajahmu juga akan nampak lebih bersih dan sehat, sehingga kamu bisa tampil lebih percaya diri.

Bagi sahabat pandawa yang sudah mencoba cara menghilangkan jerawat secara alami tapi belum terlihat, Kami punya solusinya.

Treatment Menghilangkan Jerawat Maskne di Klinik Pandawa

Menghilangkan jerawat dan bekas jerawat Maskne, memang perlu dilakukan dengan hati-hati dan sabar.

Selain sahabat pandawa melakukan cara mengatasi jerawat di atas, kamu bisa lanjutkan treatment atau melakukan perawatan kecantikan dengan metode Dermalinfusion silkpeel.

Treatment perawatan wajah kulit yang berjerawat bisa diatasi dengan Dermalinfusion silkpeel. Treatment ini sangat unggul dalam mengatasi permasalahan kulit. Baik untuk mengatasi jerawat, kulit kering, kulit dehidrasi hingga kulit berminyak.

Dapatkan treatment terbaik dari Kami. Klinik Pandawa Estetika memiliki banyak pelayanan dan treatment untuk perawatan wajah dan kulit. Kamu juga bisa mendukung kulitmu makin berseri dengan suntik vitamin C yang banyak manfaatnya.

Bagi Sahabat pandawa yang ingin melakukan perawatan kecantikan optimal, nikmati promo kecantikan kami di sini. Sahabat Pandawa bisa segera reservasi atau buat janji melalui melalui konsultasi atau hubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  WhatsApp / SMS / telpon. Kami dengan senang hati melayani Anda. 

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)