Kulit Wajah Berminyak & Penuh Jerawat? Ini 7 Tips Ampuh!

Sahabat pandawa punya tipe kulit berminyak dan mudah jerawatan? Pas banget kamu wajib baca tips cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat satu ini. Punya kulit berminyak yang mengkilap memang sering buat minder. Apalagi ada jerawat-jerawat muncul menghiasi, jadi makin gak pede.

Bagi sahabat pandawa yang mengalami kondisi wajah seperti ini, Yuk langsung simak saja tips cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat lebih lengkap, di bawah ini.

Kulit berminyak dan berjerawat tampaknya jadi yang sesuatu yang tak terpisahkan. Kulit berminyak sudah pasti memicu timbulnya jerawat, begitu juga dengan jerawat yang berada di kulit berminyak.

Kulit wajah yang berminyak dipicu oleh produksi sebum (minyak) yang berlebihan. Produksi sebum yang berlebihan ini otomatis menimbulkan kulit wajah berminyak dan berujung kusam, berkomedo, hingga berjerawat.

cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat

Kulit Berminyak

Kulit berminyak atau disebut oily ini merupakan kondisi dimana kelenjar sebaceous menghasilkan terlalu banyak minyak di kulit wajah. Kondisi ini membuat wajah menjadi mengkilap dan kusam.

Sebetulnya minyak pada kulit wajah ini berfungsi menjaga kulit tetap lembap. Namun, jika produksi minyaknya berlebihan akan menimbulkan banyak masalah. Salah satunya, ya jerawatan.

Bagi pemilik wajah berminyak biasanya lebih rentan berjerawat dan cenderung sensitive. Hal ini dipicu oleh karena kotoran dengan gampangnya menempal pada kulit wajah sehingga buat pori-pori tersumbat.

Penyebab Wajah Berminyak

Aktivitas dan kadar kelenjar minyak memegang peran utama terhadap banyaknya produksi minyak di wajah. Meski penyebab pastinya masih sulit ditentukan, namun ada beberapa aspek yang dicurigai sebagai pemicu produksi minyak di wajah berlebih, diantaranya adalah:

  • Perubahan hormon
  • Faktor genetik
  • Konsumsi makanan yang tidak sehat
  • Penggunaan makeup yang tidak tepat
  • Udara yang panas dan lembap.

Tips Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya bila dilakukan secara berlebihan atau tidak tepat, kulit wajah bisa cenderung lebih kering, iritasi, bahkan mungkin menimbulkan jerawat.

Nah, demi mengetahui cara mengatasi kulit berminyak pada wajah dengan mudah dan efektif, simak penjelasannya di bawah ini.

Membersihkan wajah dengan mencuci muka

Bila Sahabat pandawa bertipe kulit berminyak, coba usahakan untuk rajin membersihkan wajah dengan mencuci muka secara rutin. Cara mengatasi kulit berminyak dengan pembersih wajah ini bisa dicoba dilakukan di pagi hari dan sore hari setelah beraktivitas. Atau minimum dua kali sehari.

Hindari cuci muka dengan sabun yang wangi atau memiliki kandungan parfum yang cenderung kuat karena bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi, sehingga membuat kulit lebih banyak memproduksi sebum. Sebagai gantinya, gunakan sabun cuci muka dengan kandungan yang lembut, ya!

Menggunakan toner

Tips cara mengatasi kulit berminyak selanjutnya adalah menggunakan toner. Pemilihan toner pun tidak boleh sembarangan, karena jika tidak cocok justru akan menimbulkan jerawat baru yang semakin menyusahkanmu. Pilihlah toner khusus untuk wajah berminyak atau kamu bisa juga menggunakan micellar water sebagai tonermu.

Gunakan Pelembap

Sahabat Pandawa dengan kulit wajah berminyak mungkin menghindari penggunaan pelembap lantaran dapat membuat kulit mereka terlihat lebih berminyak. Sebenarnya, penggunaan pelembap tak hanya dibutuhkan oleh kulit kering tapi juga bermanfaat bagi pemilik kulit berminyak. 

Pilihlah jenis pelembap tanpa kandungan minyak atau oil- free atau pilih gel lidah buaya, guna menjaga kulit tetap lembap tanpa terasa berminyak. Kamu juga bisa memilih pelembap yang berbahan dasar lemon atau jeruk nipis, atau mentimun yang dapat membantu menyegarkan wajah dan mengontrol produksi sebum.

Menggunakan tabir surya

Agar mencegah timbulnya jerawat, cobalah gunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida. Hindari menggunakan sunscreen yang mengandung minyak dan wewangian.

Gunakan sunscreen dengan SPF 30 secara rutin setelah menggunakan pelembap setiap sebelum pergi beraktivitas di luar rumah. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi minyak berlebih di wajah.

Perawatan tambahan dengan eksfoliasi

Setelah beberapa tips di atas, cara mengatasi lainnya adalah dengan mengeksfoliasi. Secara rutin dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah yang menyumbat pori-pori.

Dengan demikian, Anda akan terhindar dari munculnya masalah jerawat. Dengan perawatan eksfoliasi juga dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah.

Scrub wajah

Selain eksfoliasi, perawatan tambahan dengan scrub wajah juga bisa dilakukan sebagai cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Dengan scrub wajah baik untuk membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati agar wajah bisa menjadi lebih cerah, dan penumpukan sel kulit mati serta minyak bisa berkurang.

Dengan perawatan tambahan ini tentunya bisa mengurangi frekuensi jerawat yang muncul karena otomatis wajah akan menjadi lebih bersih.

Memulai gaya hidup sehat

Dengan kondisi wajah yang berminyak dan berjerawat, maka saat itu pun Sahabat pandawa harus mulai memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Begitupun kamu juga perlu menjaga gaya hidup sehat agar tips cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat ini pun terlihat.

Olahraga rutin akan membantu kamu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sedangkan makanan bergizi akan melengkapi nutrisi yang diperlukan tubuhmu dalam pertahanan melawan penyakit.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat dengan Dermalinfusion

Setelah sahabat pandawa mengikuti tips di atas, kamu juga perlu mendapat dukungan dari hal medis yang tentunya sudah aman & terpercaya. Cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan treatment atau perawatan kulit yang optimal. Salah satunya yaitu treatment Dermalinfusion silkpeel.

Cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat ini bisa kamu dapatkan di Klinik pandawa. Treatment ini menjadi unggulan karena memiliki banyak manfaat dan terbukti ampuh mengatasi kulit berminyak, berjerawat hingga kulit kering.

Treatment Dermalinfusion bisa dilakukan dan aman untuk semua jenis kulit. Teknologi terbaru asal Amerika Serikat ini terkenal dengan metode 3-in-1 yang dipatenkan serta non- invasive. Dimana secara bermanfaat untuk mengelupas, mengekstraksi serta menginfusi kulit dengan serum khusus spesial untuk perawatan komplit dalam satu tahap.

Sebagai Klinik Aesthetic, Anti-aging dan Skin Care terbaik di Jakarta. Klinik Pandawa memiliki teknologi modern dan terbaru.  Didampingi dokter ahli dan tenaga medis profesional siap memberikan treatment terbaik sesuai kebutuhan kulit Anda.

Dapatkan promo terbaru dari Kami. Kamu bisa hubungi layanan konsultasi kami dan reservasi melalui nomor 0821-1141-0672/021-62313337 (telepon/SMS/WA).

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)