Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Punya Masalah Kulit Terbakar? Tenang, Atasi Saja Dengan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Hati-hati kalau kamu terlalu berada di bawah paparan sinar matahari. Faktanya bisa memicu kulit terbakar atau sunburn. Bila sudah terjadi, rasa perih, sakit bahkan buat tak percaya diri bisa kamu rasakan. Tetapi jangan khawatir, kami sudah menyiapkan berbagai cara mengatasi sunburn di wajah untuk kamu semua. Mari kita simak selengkapnya di bawah ini

cara mengatasi sunburn di wajah

Definisi Sunburn atau Kulit terbakar

Kulit terbakar matahari atau Sunburn merupakan kondisi kulit yang terjadi akibat paparan sinar UV berlebih dari matahari. Kondisi ini seringnya muncul pada waktu setelah beberapa jam berada di bawah terik sinar matahari tanpa mengenakan pakaian tertutup atau tanpa menggunakan sunscreen.

Saat mengalami sunburn di wajah, kulit otomatis berubah warna kemerahan, sedikit gatal, serta terasa hangat dan nyeri ketika disentuh. Pada beberapa kasus lain, kulit terbakar akibat sinar matahari bahkan bisa mengalami kerusakan yang cukup parah, seperti melepuh hingga mengelupas.

Terpaparnya sinar matahari dalam waktu yang lama dan terus-menerus bisa meningkatkan risiko kerusakan kulit lainnya dan penyakit tertentu, seperti kulit keriput, kering, muncul bintik-bintik cokelat ataupun kanker kulit.

Efek terbakar matahari biasanya bisa bertahan beberapa hari tapi juga bisa lebih dari itu. Dilansir dari Mayo Clinic, cara mengatasi sunburn di wajah biasanya dengan perawatan rumahan.

Mengalami sunburn atau kulit terbakar tak hanya dari sinar terik panas matahari saja, tetapi langit berawan pun juga berpotensi.

Gejala dan Tanda Sunburn atau Kulit Terbakar

Gejala atau tanda sunbeurn pada setiap individu bisa berbeda-beda, sebab hal ini tergantung dari photoype kulit dan seberapa lama paparan sinar UV pada kulit. Untuk orang berkulit putih, 15 menit terkena sinar matahari yang terik bisa memicu kulit terbakar dan memerah.

  • Kulit putih pucat: antara 15 hingga 30 menit akan terbakar tapi tidak akan berubah warna menjadi cokelat.
  • Kulit putih: antara 25-40 menit akan mengalami sunburn dan sedikit kecokelatan.
  • Kulit putih agak gelap: antara 30-50 menit akan berwarna kecokelatan pada awal terbakar.
  • Kulit kuning langsat: antara 40-60 menit akan kecokelatan tetapi sulit terbakar.
  • Kulit sawo matang: antara 60-90 menit akan kecokelatan tetapi jarang terbakar,
  • Kulit coklat atau hitam: antara 90-150 menit akan berwarna kebih gelap tapi tidak akan terbakar.

Tanda-tanda sunburn yang bisa kamu awasi

  • Muncul kemerahan dan belang
  • Sedikit membengkak
  • Terjadi iritasi
  • Kulit terasa panas
  • Kulit terasa perih
  • Melepuh dan mengelupas

Baca juga: Masih Muda Sudah Ada Garis Halus? Hati-hati Penuaan Dini

Cara mengatasi sunburn di wajah

Kompres air dingin

Cara mengatasi sunburn di wajah pertama adalah degan mengambil handuk dan rendam dalam air es. Lalu, peras dan letakan handuk di wajah kamu selama 10 hingga 15 menit. Cara ini bisa membantu menetralisir panas di kulit kamu.

bila mengalami sunburn di area tubuh kamu bisa mencoba dengan cara mandi. Mandi bisa membantu meringankan rasa perih atau sakit yang kamu rasakan. Nah, setelah itu kamu bisa gunakan pelembap agar kulit tidak dehidrasi atau kering.

Menggunakan pelembap yang menenangkan

Cara mengatasi sunburn di wajah selanjutnya kamu bisa atasi dengan menggunakan pelembap. Pilihlah pelembap dengan kandungan lidah buaya (aloe vera), madu, ataupun minyak zaitun.  Lidah buaya ahli dalam masalah kulit karena kandungan antiinflamasi dan antioksidan bisa memberikan efek dingin dan membuat kulit terasa jauh lebih sejuk.

Selain lidah buaya, kamu juga bisa menggunakan krim khusus untuk membantu melembapkan dan meregenerasi kulit yang rusak akibat terbakar. kamu bisa menggunakan produk yang berbahan dasar Centella asiatica atau daun pegagan.

Centella asiatica saat ini dikenal kemampuannya meningkatkan produksi kolagen yang sangat penting untuk mengatasi luka bakar akibat paparan sinar UV terlalu lama. Namun bilamana kulit terbakar akibat matahari terbilang parah sebaiknya konsultasikan pada ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Banyak minum air putih

Cara mengatasi sunburn di wajah selain dari perawatan luar, kamu juga bisa atasi dengan konsumsi air putih. Dengan kamu mencukupi kebutuhan cairan, tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik dan menjauhkan kulit dari kekeringan yang bisa memperparah gejala sunburn yang kamu alami.

Selain air putih, kamu bisa mengonsumsi air kelapa atau minuman olahraga untuk membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang.

Tidak menggaruk atau memencet lepuhan

Untuk mensiasati kulit sunburn dan membuatnya pulih kembali, usahakan hindari memencet ataupun menggaruk lepuhan yang mulai muncul. Kulit yang melepuh menandakan kamu mengalami luka bakar tingkat kedua.

Kalau kamu menggaruk atau bahkan memencetnya, jangan kaget kalau luka kamu semakin parah. Karena itu, kendalikan keinginan untuk menggaruknya agar kulit terhindar dari infeksi.

Lindungi sengatan matahari lanjutan

Bila kamu mengalami sunburn, baiknya hindari paparan sinar matahari dikemudian hari dengan mengenakan pakaian tertutup ataupun menggunakan sunblock atau sunscreen wajah.

Yup, demikianlah beberapa cara mengatasi sunburn di wajah yang bisa kamu coba. Cara mengatasi kulit terbakar lainnya kamu juga bisa diskusikan pada ahlinya.

Apabila sahabat pandawa membutuhkan informasi atau pengobatan lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan layanan kami secara gratis di melalui 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau dapat mengklik link KONSULTASI GRATIS.

Referensi:
Skincancer. 5 ways to treat a sunburn
Mayoclinic. Sunburn
Nhs.uk. Sunburn

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)