Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Pori-pori Besar di Wajah Mengganggu? Basmi Saja Dengan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Selain jerawat dan komedo, ada lagi salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan apalagi kalau bukan pori-pori wajah yang terlihat besar. Semua orang pasti ada saja masalah kulit wajah yang lantas membuat penampilan kurang pede. Selain dari faktor internal tubuh, penyebabnya pun banyak. Nah, kali ini klinikpandawa.com akan membahas beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah yang optimal dan mudah.

Pori-pori besar tidak dapat sepenuhnya hilang atau diberantas, tetapi bagaimana mengurangi pori-pori wajah di bawah, Kamu dapat mencoba untuk membantu penampilan lenyap.

Selain banyak produk dan janji periklanan sirkulasi, kita perlu tahu bahwa tidak ada cara untuk dilakukan untuk menutup atau mengurangi ukuran pori-pori secara permanen.

Sebab itu, yang bisa kita lakukan yaitu membuatnya tampak lebih kecil. Namun, bukan berarti produk kecantikan yang ada, tidak bisa mengatasi keluhan seputar pori-pori besar di wajah yaaa. Produk kecantikan yang bagus serta bagaimana cara merawat kulit yang tepat tetap bisa membantu pori-pori tampak mengecil.

cara mengecilkan pori-pori wajah

Penyebab pori-pori besar wajah

Sebelum lanjut ke topik cara mengecilkan pori-pori wajah, kita bahas dulu sedikit beberapa penyebab pori-pori besar nih.

Pada dasarnya, penyebab pori-pori besar adalah produksi sebum yang berlebihan. Akibatnya, pori-pori wajah diperbesar untuk memancarkan kelebihan sebum.

Lubang besar dapat menyebabkan pori-pori tertutup karena akumulasi kotoran dan sel-sel kulit mati. Karena itu, pori-pori wajah terbuka akan tampak lebih jelas.

Selain produksi sebum yang berlebihan, ada beberapa hal yang dapat berisiko mengaktifkan pori-pori yang diperluas. Diantaranya seperti:

Faktor genetik

Sama seperti jerawat, salah satu penyebab pori-pori besar bisa jadi karena faktor genetik atau keturunan. Jenis kulit berminyak dan memiliki kulit tebal merupakan kondisi yang diturunkan.

Ini berarti, kalau orang tua atau saudara kandung kamu cenderung kulitnya berminyak dan pori-pori besar, kamu pun cenderung akan memiliki pori-pori wajah yang besar.

Bagi kebanyakan orang yang punya jenis kulit berminyak seringnya mengalami pori-pori di wajah besar. Ini sebabnya kelenjar sebum lebih aktif untuk memproduksi minyak sehingga pori-pori membesar untuk mengeluarkan kelebihan minyaknya.

Baca juga: Kulit Wajah Berminyak & Penuh Jerawat? Ini 7 Tips Ampuh!

Faktor Hormon

Faktor hormon pun juga bisa membuat pori-pori besar di wajah, sama seperti umumnya jerawat. Terlebih pada wanita yang punya hormon bisa naik-turun pada saat menstruasi.

Terlalu sering terpapar sinar matahari

Seringnya teroapar sinar matahari atau secara berlebihan juga bisa memicu pori-pori besar dan kulit kusam. Kulit yang sering terkena sinar matahari langsung lama-kelamaan akan mengalami penebalan, sehingga pori-pori membesar tak dapat terelakkan.

Selain kulit menebal, sinar ultraviolet (UV) dari matahari juga mampu menghambat produksi kolagen. Manfaat kolagen sendiri yaitu menjaga kulit agar tetap kencang serta memerbaiki tekstur kulit. Kerusakan kolagen akan berakibat pada berkurangnya elastisitas kulit dan melebarnya lubang pori-pori.

Faktor umur

Seiring bertambahnya umur maka kondisi kulit juga bisa melemah lama-kelamaan. Sehingga pori-pori membesar pun tak bisa dihindari. Semakin tua usia seseorang maka semakin menurunkan kemampuan tubuh dalam produksi kolagen dan elastin.

Alhasil, kulit jadi terlihat kendur, muncul keriput, dan pori-pori jadi tampak membesar. Kulit kendur yang disebabkan oleh produksi kolagen melemah disertai pola aktivitas dan paparan sinar matahari selama masa muda.

Tidak membersihkan wajah dan dengan cara yang salah

Membersihkan wajah menjadi hal wajib dijalankan secara rutin untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang membuat pori-pori tersumbat. Kalau tidak rutin, maka kondisi ini bisa memicu tumbuhnya jerawat, komedo dan teman-temannya.

Meski kotoran dan sel kulit mati bisa menghambat pori-pori, membersihkan wajah terlalu sering justru bisa membuat pori-pori besar. Penggunaan sabun atau produk pembersih wajah yang terlalu sering berpotensi mengiritasi kulit. Sehingga baiknya lakukanlah dengan cara yang benar.

Seperti membasuh wajah dua kali sehari, dengan lemah lembut dan tak perlu berlama-lama.

Baca juga: Mau Basmi Komedo Sampai Akar-akarnya? Berikut 9 Cara Ampuh!

Cara mengecilkan pori-pori wajah

Setelah kita tahu penyebab pori-pori besar, sekarang saatnya kamu coba cara mengecilkan pori-pori wajah di bawah ini

Cara mengecilkan pori-pori wajah gunakan produk perawatan kulit yang tepat

Salah satu cara mengecilkan pori-pori besar wajah yakni menggunakan produk perawatan kulit atau kosmetik dengan sifat noncomedogenic atau tak memicu pori-pori tersumbat.

Di samping itu, penting juga memilih label oil free atau kandungan bebas minyak pada produk perawatan kulit yang mau kamu gunakan.

Cuci muka pagi dan malam hari

Seperti yang disebutkan tadi, penyebab pori-pori wajah membesar yaitu karena ada penyumbatan pori-pori dan kulit yang terlalu berminyak.

Rajinlah mencuci muka dua kali sehari secara rutin bisa mencegah penyumbatan pori-pori dan mengurangi minyak pada wajah.

Kamu bisa cuci muka menggunakan air hangat dan sabun pembersih wajah yang kandungannya halus.

Gunakan retinol

Pori-pori wajah bisa terlihat lebih besar bila kamu punya kulit berminyak, berjerawat, ataupun kusam. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa gunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol atau retinyl palmitate.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, disarankan menggunakannya sebelum kamu beranjak tidur. Untuk beberapa orang, produk yang mengandung retinol bisa menimbulkan iritasi di kulit.

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan rutin eksfoliasi

Melakukan proses eksfoliasi di kulit bisa membantu mengatasi sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori di wajah. Disarankan sebaiknya dilakukan setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. Namun, proses ini sebaiknya tidak dilakukan bila kulit sedang berjerawat, untuk menghindari peradangan.

kamu bisa menggunakan produk eksfoliator yang mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) dan beta-hydroxy acids (BHA).

Mengenakan tabir surya

Pentingnya merawat kulit di bawah sinar matahari sejak dini apalagi yang punya rutinitas di lapangan. apabila kulit seseorang menjadi rusak karena sinar matahari, ini bisa sangat mengering dan kusam. Saat kulit kering, pori-pori mungkin tampak lebih besar.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah: mengenakan topi bertepi lebar, memakai tabir surya setiap hari, dan berlindung di tempat teduh ketika matahari terik.

Begitulah beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa kamu coba. Jika setelah mencoba berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah tetapi keluhan belum teratasi, sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli.

Kamu pun bisa melakukan treatment skin rejuvenation, facial premium, dan dermalinfusion di Klinik Pandawa yang merupakan klinik dermatologi dan estetika terpercaya.

Tak perlu ragu kini kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kami untuk semua keluhan kulit kamu. Silakan WA chat/ tlp/ sms kami melalui 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau dapat mengklik link KONSULTASI GRATIS.

Referensi:
Healthline. Open Pores.
Aad.Org. Treat Large Pores
American academy of dermatology. What can treat large facial pores?

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)