Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Mau Basmi Komedo Sampai Akar-akarnya? Berikut 9 Cara Ampuh!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Tak hanya jerawat wajah yang mengganggu penampilan tapi ada juga si komedo. Saking mengganggunya banyak orang kerap menghilangkan komedo dengan memencet bintil-bintil komedo hingga lenyap. Tapi nyatanya cara menghilangkan komedo dengan memencet kurang dianjurkan.

Sama saja ketika kamu mau memencet jerawat, yang ada akan menimbulkan luka radang dan bekas jerawat. Nah, cara menghilangkan komedo dengan memencet juga bisa memicu pori-pori besar sehingga kotoran masuk akibatnya banyak jerawat dan kulit pun kusam.

Jika sahabat pandawa merasakan gangguan komedo yang tak kunjung hilang, simak cara menghilangkan komedo paling ampuh yang akan kita bahas di bawah ini…

cara menghilangkan komedo

Komedo Wajah

Sebelum lanjut ke topik cara menghilangkan komedo, kita bahas sedikit soal gangguan kulit wajah ini yaaa. Komedo sendiri yakni salah satu tipe jerawat yang muncul saat sel kulit mati dan minyak kulit wajah menyumbat pori-pori wajah. Komedo sendiri mempunyai dua jenis, terdiri dari komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).

Sama-sama diakibatkan oleh tersumbatnya pori-pori, perbedaan kedua komedo ini terletak pada tertutup dan tidaknya bagian permukaannya.  Bila komedo jenis Whitehead permukaannya tertutup kulit sehingga berwarna putih, sedangkan blackhead permukaannya tidak tertutup sehingga teroksidasi dan rata-rata berwarna hitam.

Sering ditemukan di area hidung, masalah komedo di wajah tentu saja sangat mengganggu. Wajah kamu akan tampak kusam dan gelap sehingga menurunkan rasa pede, apalagi ketika kamu akan tampil di depan publik.

Penyebab Komedo

  1. Menumpuknya bakteri pada permukaan kulit
  2. Iritasi pori-pori kulit akibat mencuci wajah terlalu kasar
  3. Perubahan hormon
  4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti kortikosteroid, pil KB
  5. Kulit terlalu lembap dan produksi minyak berlebih
  6. Penggunaan kosmetik atau make-up berlebihan
  7. Mengonsumsi kandungan gula dan lemak terlalu banyak
  8. Merokok
  9. Istirahat tidak cukup
  10. Kurang minum air putih
  11. Tidak menggunakan masker wajah saat berpergian sehingga terkena debu dan polusi
  12. Malas mencuci wajah

Baca juga: Kulit Wajah Berminyak & Penuh Jerawat? Ini 7 Tips Ampuh!

9 Cara Menghilangkan Komedo

Kini kamu tak perlu khawatir lagi. Berikut berbagai cara menghilangkan komedo yang bisa kamu coba:

Rutin membersihkan wajah

Apapun aktivitas rutin kamu, baik di rumah saja atau di luar ruangan baiknya tetap menjaga kebersihan wajah. Yup, cara menghilangkan komedo yang paling utama ini dianjurkan mencuci wajah di pagi dan malam hari atau 2 kali sehari.

Namun yang perlu diingat, berhati-hatilah membersihkan wajah dengan berlebihan atau kasar. Karena, hal ini bisa saja merangsang pembentukan minyak lebih wajah atau kulit menjadi ekstra kering.

Begitu juga saat kamu menggunakan masker medis ataupun masker kain selama pandemic covid19 ini baiknya kamu tidak memakainya seharian dan rajin mengganti.

Uap Wajah

Cara menghilangkan komedo selanjut kamu bisa mencoba uapi wajah yang berfungsi membuka pori-pori kulit.

Yaitu dengan cara menempatkan wajah di atas baskom berisi air mendidih dengan tidak menyentuh air tersebut. Lalu, tutupi kepala dengan handuk hingga menutupi baskom agar seluruh uap bisa langsung mengenai wajah.

Saat pori-pori wajah sudah terbuka, maka kamu akan lebih mudah untuk membersihkan komedo dengan membasuh wajah dengan handuk hangat.

Pilih kandungan asam salisilat pada face wash

Ketika sahabat pandawa membersihkan wajah, disarankan untuk menggunakan sabun wajah dengan kandungan asam salisilat.

Kandungan asam salisilat pada sabun wajah ini menjadi cara menghilangkan komedo karena bisa menghancurkan minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit.

Sisi lain, rutinlah membersihkan kulit wajah dengan pembersih yang mengandung asam salisilat. Guna membantu membersihkan kulit wajah dari berbagai kotoran, minyak, dan sisa make up yang masih menempel.

Cara menghilangkan komedo: Lakukan ekstraksi komedo

Cara menghilangkan komedo selanjutnya dengan melakukan ekstraksi komedo. Tapi ingat ekstraksi berbeda dengan memencet yaa… Baiknya kamu melakukan ekstraksi komedo atau jerawat bersama dengan ahlinya untuk mencegah hal yang tak diinginkan.

Untuk kamu yang memilih skin care, gunakan eksfoliator yang mengandung asam hidroksi alfa dan beta (AHA & BHA). Walau begitu, penggunaan AHA dan BHA bisa mengikis lapisan kulit sehingga kulit menjadi lebih sensitive pada sinar UVA dan UVB.

So, jangan terlewat menggunakan tabir surya atau sun screen saat beraktivitas di luar ruangan yaa.

Gunakan losion Retinoid

Losion retinoid merupakan losion yang berasal dari vitamin A. Fungsinya yaitu agar mengangkat sumbatan pada pori-pori di kulit wajah kamu. Sisi lain, losion ini pun bisa merangsang pembentukan sel-sel kulit yang baru. Retinoid ini juga terbukti mengatasi jerawat.

Perlu dicatat bila untuk wanita hamil sebaiknya menghindari produk berbahan ini karena jumlah yang berlebihan bisa mengganggu perkembangan janin.

Bagi wanita hamil dapat mencoba menggunakan bakuchiol atau minyak rosehip sebagai pengganti retinol untuk efek serupa.

Gunakan clay mask

Mampu mengangkat kotoran dan debu, sekaligus menyerap minyak berlebih pada wajah dengan menggunakan clay mask snagat membantu sekali.

Masker ini dibuat dengan bahan dasar tanah liat atau lumpur naik. Hal ini pun bisa membantu merenggangkan atau bahkan menghilangkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat.

Clay mask ini pun sudah mudah didapatkan di toko-toko kosmetik maupun apotek. Kamu tinggal memilih yang mana sesuai dengan jenis kulit atau keluhanmu.

Gunakan sikat pembersih pori kulit

Sebagai tambahan sebagai cara menghilangkan komedo, kamu juga bisa mencoba menggunakan sikat lembut khusus pembersih pori-pori.

Cara ini bisa membantu mengangkat kotoran pemicu bintil-bintil komedo sekaligus memperlambat tanda-tanda penuaan.

Namun, pastikan untuk selalu menghidrasi kulit kamu kembali setelah menggunakan sikat ini. Gunakan pelembap yang sesuai untuk kulitmu.

Cara menghilangkan komedo ampuh dengan Treatment Chemical Peeling

Chemical peeling biasanya digunakan untuk perawatan anti-aging karena bisa menghilangkan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Sedangkan itu, perawatan ini pun ampuh dilakukan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo.

Chemical peeling treatment merupakan sebuah perawatan dengan fungsi mengangkat sel sel kulit mati sampai lapisan terdalamnya dan mengecilkan pori-pori wajah. Kulit kamu tentu akan terlihat cerah dan bebas kusam.

Bersihkan make-up sebelum tidur

Sebelum beristirahat, bersihkanlah wajah kamu dari sisa-sisa make up yang masih menempel. Pasalnya, kebiasaan ini bisa meningkatkan produksi komedo yang membuatnya semakin sulit untuk dibersihkan.

Cara Menghilangkan Komedo di Klinik Pandawa

Ada banyak cara mengatasi komedo maupun jerawat di klinik pandawa. Dengan layanan estetika yang ada, Klinik pandawa memiliki banyak rekomendasi treatment perawatan kecantikan untuk mengatasi permasalahan kulit dan anti-aging.

Seperti dengan Facial Treatment, Masker, Chemical Peeling Treatment, dan Dermalinfusion Silkpeel. Semua treatment yang tersedia dilakukan oleh dokter ahli dan beautician handal.

Bila kamu memiliki pertanyaan dan membutuhkan informasi lebih lanjut hubungi kami di 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau dapat mengklinik link KONSULTASI GRATIS.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)