Sering Dialami Wanita, Ini Dia 8 Ciri Infeksi Saluran Kemih!

Sahabat pandawa pernahkah merasakan anyang-anyangan atau sering beser? Sepertinya itu pertanda kamu mengalami gejala atau ciri infeksi saluran kemih. Dari anyang-anyangan atau sering kencing (beser) masih ada yang perlu diperhatikan lagi. Tetapi sejauh ini sering kencing dan anyang-anyangan mejadi gejala yang paling diabaikan.

Selain nyeri menstruasi, efek samping kontrasepsi, dan komplikasi kehamilan, terdapat salah satu keluhan yang sering kali dialami para wanita, yaitu penyakit infeksi saluran kencing atau ISK.

Apalagi, disebutkan bila, 40 hingga 60 persen wanita akan mengalami setidaknya infeksi saluran kencing satu kali dalam hidupnya. Berdasarkan National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), 1 dari 4 wanita akan lebih sering mengalaminya.

Hal ini dipicu oleh karena saluran kencing wanita yang bernama atau uretra ini lebih pendek dibandingkan pada pria. Sehingga memungkinan bakteri masuk dengan mudah sampai ke saluran kencing.

Selain pada wanita, presentase pria hanya berisiko sebesar 12 persen untuk terkena infeksi saluran kencing selama hidupnya, terutama mereka yang berusia di atas 50 tahun. Yuk kita bahas lebih lanjut soal ciri infeksi saluran kemih di bawah ini.

Infeksi saluran kemih atau ISK

Sebelum lanjut pada ciri infeksi saluran kemih, ISK sendiri merupakan keadaan dimana terjadinya infeksi pada organ yang termasuk di dalam sistem kemih, seperti ureter, ginjal, kandung kemih, dan juga uretra. Secara umum, infeksi ini menyerang dua area yaitu uretra dan juga kandung kemih.

Adapun beberapa aspek lain yang bisa picu risiko tinggi wanita mengidap ISK, diantaranya sebagai berikut.

1. Ibu hamil.
  2. Penggunaan kontrasepsi.
  3. Memasuki masa menopause.
  4. Penyakit kelamin akibat seks bebas

Sedangkan pria berikut beberapa aspek pemicu risiko mengalami ISK, diantaranya sebagai berikut.

1. Infeksi prostat.
  2. Penyumbatan sistem kandung kemih.
  3. Penyakit kelamin akibat seks bebas

Mengapa Wanita?

Infeksi ini dapat terjadi di mana saja di saluran kemih termasuk kandung kemih, uretra, ureter atau tabung yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih, termasuk ginjal.

Namun, tidak ada alasan mengapa wanita lebih mudah terkena infeksi saluran kemih. terutama jika sahabat pandawa sudah mengalami menopause, infeksi saluran kemih, bisa dialami setahun sekali dan wajar.

Harap dicatat perubahan pH dalam vagina dapat mengubah keseimbangan bakteri dan jamur, serta membuatnya lebih mudah untuk masuk ke uretra. Itulah sebabnya ISK lebih sering terjadi pada wanita, terutama mereka yang sudah aktif secara seksual.

Dalam beberapa kasus kejadian juga penyakit kelamin yang umum Infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh kuman untuk beberapa orang yang aktif dengan hubungan seks tanpa kondom.

Namun, hal itu dapat dicegah dengan buang air kecil sebelum maupun setelah berhubungan, sehingga bakteri dapat dihapus.

Wanita dengan diabetes juga terkena lebih mudah karena sistem kekebalan tubuh melemah. Selain itu, sembelit, dehidrasi, perubahan dalam keluarga berencana serta jenis pakaian yang terlalu ketat bisa juga menjadi pemicu.

Suatu hal yang penting untuk diingat, infeksi saluran kemih tidak berhubungan dengan bagaimana kamu menjaga kebersihan organ seksual. Namun, kamu tidak harus malu untuk meminta bantuan medis. Namun, pengobatan tertunda bisa menyebabkan infeksi yang lebih serius

Dalam jangka panjang, ISK kemungkinan bisa merusak ginjal, menyebabkan infeksi berulang, infeksinya bisa mempengaruhi kinerja ginjal dan menyebabkan kamu untuk dapat beraktivitas seperti biasa.

8 Ciri Infeksi Saluran Kemih

Ketahuilah gejala atau ciri infeksi saluran kemih sejak dini agar kamu bisa mencegahnya dan tidak menimbulkan komplikasi lebih parah. Ciri infeksi saluran kemih ini biasanya semakin terasa setelah beberapa hari terpapar. Berikut beberapa tanda yang harus kamu amati.

1. Rasa nyeri, menyengat, atau terbakar saat berkemih

Beberapa sensasi ini yang dirasakan saat berkemih merupakan awal dari ciri infeksi saluran kemih atau bakteri yang terdapat pada uretra maupun kandung kemih. Walau begitu, hal ini belum tentu menjadi ciri infeksi saluran kemih, kecuali sensasi yang dirasakan menetap selama beberapa hari.

Bila rasa nyeri saat berkemih hanya muncul sekali dalam sehari dan tak menunjukkan gejala lain dari ISK, tubuh kamu kemungkinan sudah membuang bakteri lewat berkemih. Untuk menghambat penyebaran infeksi, minumlah air putih sebanyak-banyak, bila muncul rasa terbakar.

2. Rasa ingin berkemih terus-menerus yang tak tertahankan

Terkadang kondisi ini disebut dengan anyang-anyangan. Pada kondisi ini, bakteri yang mengiritasi uretra dan lapisan kandung kemih akan membuat kamu merasa harus berkemih terus-menerus.

3. Berkemih tapi tidak melegakan

Sering berkemih atau kencing merupakan salah satu ciri infeksi saluran kemih. Dengan adanya infeksi, kamu akan merasa bahwa kandung kemih terasa penuh setiap saat. Namun ketika akan berkemih, hanya beberapa tetes yang dapat keluar.

Untuk mengenali kondisi ini, sebaiknya ingat-ingat atau catat berapa kali kamu bolak balik ke kamar mandi dan kurang mendapatkan kelegaan setelah kencing.

4. Air seni keruh, berdarah, atau berubah warna

Warna air seni bisa menjadi ciri infeksi saluran kemih. Warna air seni yang tak jernih atau keruh maupun kekuningan wajib kamu waspadai. Air seni yang keruh, warna merah, atau cokelat merupakan tanda infeksi saluran kencing. Tetapi, perlu diingat apa saja yang sudah dikonsumsi dalam 24 jam ke belakang.

Pasalnya, buah bit dan makanan lain yang berwarna senada juga bisa mengubah air seni menjadi berwarna pink, oranye, maupun kemerahan. Warna air seni tersebut akan cepat kembali normal bila penyebabnya memang dari makanan yang telah dikonsumsi.

5. Air seni beraroma tajam

Aroma yang tajam dan tak sedap bisa menjadi ciri infeksi saluran kemih selanjutnya. Beberapa makanan dan minuman juga bisa memicu air seni berbau seperti kopi dan asparagus. Namun, bila aroma menetap lama disertai dengan perubahan warna yang telah disebutkan, segeralah periksakan kondisi kamu ke ahlinya.

6. Rasa kram, maupun nyeri di sekitar panggul atau kandung kemih

Wanita yang berusia lanjut bisa merasakan ciri infeksi saluran kemih. Beberapa wanita, kram maupun nyeri inilah yang menjadi keluhan utama. Terkadang, kondisi ini dianggap sepele karena berhubungan dengan hal lain seperti nyeri yang timbul akibat sindrom sebelum menstruasi.

Tetapi, bila kamu mengalaminya, lebih baik diskusikan kondisi kamu dengan dokter, sehingga penyebabnya bisa diketahui dan segera diatasi.

7. Rasa lelah yang berlebihan

Sama dengan infeksi lainnya, setelah mendeteksi ada yang tidak wajar, tubuh kamu bisa saja akan mengalami peradangan. Bersamaan dengan timbulnya pertahanan tubuh lainnya, pengeluaran sel darah putih untuk melawan kuman yang sedang menyerang tubuh akan menyebabkan rasa lelah.

Bila rasa lelah berlebih ini tak hilang dengan sendirinya, beritahu dokter, terutama bila disertai dengan ciri infeksi saluran kemih lainnya.

8. Demam

Demam sering kali juga menjadi tanda bahwa infeksi telah terjadi dan menyebar ke ginjal. Jika demam yang diukur dengan termometer melebihi 38 derajat celsius dan kamu lantas akan merasa meriang maupun berkeringat berlebih, maka itu segera periksakan ke dokter.

Dalam keadaan ini, biasanya gejala akan berkurang secara bertahap setelah konsumsi anitibiotik yang diresepkan oleh dokter.

Kapan harus ke dokter?

Bila sahabat pandawa mengalami gejala infeksi saluran kemih seperti di atas, jangan ragu untuk periksakan keluhanmu pada ahlinya.

Untuk mencegah sementara yang bisa Sahabat pandawa lakukan yaitu dengan tidak menunda kencing, selalu membersihkan area vital, tidak berganti pasangan seksual, buang air kecil setelah berhubungan intim dan bersihkan area kelamin sebelum berhubungan.

Bila mengalami ciri infeksi saluran kemih dan tak segera ditangani, kondisi akan memicu urosepsi yaitu kondisi apabila bakteri menyebar ke ginjal (infeksi ginjal) dan aliran darah.

Sahabat Pandawa yang menginginkan informasi lebih lanjut untuk pengobatan infeksi saluran kemih dan tindakan efektif, segera hubungi kami lewat nomor 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA). Sahabat Pandawa lansung saja klik layanan konsultasi online secara GRATIS . Kami siap melayani