Mengenal Eksim Kering, Gangguan Kulit yang Mengganggu Aktivitas

Sekarang ini cuaca sedang tak menentu, kadang panas kadang hujan. Selain mempengaruhi kesehatan tubuh hal ini juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit sebagai organ tubuh paling luar. Sebut saja salah satu penyakit kulit yang familiar, yaitu eksim. Gangguan kulit ini sering membuat kulit kering, gatal dan memerah sehingga dikenal dengan eksim kering.

Ada beragam pemicu penyakit eksim kering. Pasalnya, kondisi ini bisa membuat kulit menjadi sangat sangat sensitif terhadap berbagai hal. Keluhannya pun bisa menimbulkan rasa percaya diri menurun. Untuk mengatasi keluhan ini, kamu bisa melakukan perawatan sederhana di rumah mengikuti intruksi dari dokter ahli.

eksim kering

Mengenal Eksim Kering

Sebenarnya, istilah eksim kering mengacu pada penyakit eksim atopik atau dermatitis atopik. Keadaan ini sering dijumpai dari anak bayi, remaja dan kambuh hingga usia dewasa. Tetapi, beberapa keadaan keluhan eksim ini bisa dialami orang dewasa atau bahkan lansia yang sebelumnya belum pernah mengalami hal serupa.

Baca juga: Meski Tak Menular, Penyakit Kulit Eksim Patut Diwaspadai

Gejala Eksim Kering

Pada saat kamu mengalami kondisi ini, eksim kering atau dermatitis atopik ini ditandai dengan kulit yang terasa gatal berlarut-larut, terutama pada malam hari.

Tak cuma itu, eksim kering juga membuat munculnya ruam di beberapa area tubuh, seperti pada tangan, kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, leher, dada, punggung, kelopak mata, lekuk siku dan lutut, wajah, serta kulit kepala.

Penderita eksim kering juga mungkin mengalami gejala berikut ini:

• Kulit menjadi lebih tebal dan pecah-pecah
  • Kulit kering dan bersisik
  • Ketombe yang susah hilang
  • Kulit bengkak atau muncul benjolan kecil berisi cairan dan dapat pecah kapan saja, terutama jika digaruk
  • Pada bayi dan anak-anak, kambuhnya gejala eksim kering dapat membuat mereka menjadi rewel dan gelisah karena gatal yang berat

Penyebab dan Faktor Pemicu Eksim Kering

Sampai sekarang ini, pemicu pasti eksim kering sebenarnya belum diketahui secara pasti. Tetapi, pada beberapa pengamatan menunjukkan bila seseorang lebih berisiko terkena eksim kering apabila ia memiliki riwayat penyakit seperti asma, rhinitis alergi, atau riwayat keluarga kandung yang menderita eksim.

Sedangkan, gangguan kulit ini juga bisa dipicu atau diperburuk oleh beberapa faktor tertentu. Berikut ini beberapa faktor-faktor yang bisa memicu dan memperburuk, diantaranya:

• Alergi, misalnya terhadap debu, makanan, serbuk sari, polusi, atau bulu hewan.
  • Kebiasaan mandi terlalu lama.
  • Sering berkeringat.
  • Cuaca kering dan dingin.
  • Kebiasaan menggaruk.
  • Pakaian atau kain yang terbuat dari bahan sintetis atau wol.
  • Penggunaan sabun dan pembersih yang berbahan detergen dan zat kimia keras.
  • Stres.

Perlu dicatet, faktor yang bisa memicu kekambuhan dan memperburuk gangguan kulit ini bisa berbeda-beda pada tiap orang. Untuk menentukan apa saja faktor pemicu kambuhnya gangguan kulit ini, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter ahli kulit.

Baca juga: Mengenal Penyakit Kulit Dermatitis, Bisa Serang Semua Usia!

Apakah eksim menular?

Apakah eksim menular? Jawabannya, tidak. Pertanyaan ini memang sering ditanyakan, tetapi tenang saja, gangguan kulit ini bukan termasuk penyakit kulit menular.

Namun kamu perlu waspada, eksim seringkali membuat kulit gatal-gatal, yang akhirnya menimbulkan keinginan untuk menggaruknya. Saat digaruk, ruam eksim berpotensi mengalami luka yang rentan terhadap infeksi sekunder. Inilah yang bisa membuat eksim menular.

Kemunculan luka terbuka akibat digaruknya ruam kulit ini, bisa mengundang berbagai macam infeksi, termasuk:

• Infeksi virus, seperti herpes simplex virus
  • Infeksi bakteri, seperti Staphylococcus
  • Infeksi jamur, seperti candida.

Jika eksim kamu terinfeksi, maka berbagai pemicu infeksinya itu bisa menular lewat kontak fisik dan membuat orang lain juga menderita gangguan kulit dermatitis atopik.

Tidak cuma itu, apabila ruam kulit terus digaruk, bisa jadi eksim akan menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Penanganan Eksim Kering

Untuk membantu mengurangi rasa gatal dan gejala lainnya dari eksim kering lain, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

1. Hindari menggaruk

Pada saat gangguan kulit ini muncul lagi, rasa gatal yang dirasakan tentu akan membuat tubuh ingin menggaruknya. Namun hal ini sebaiknya tidak dibiasakan, ya. Semakin digaruk, kulit akan semakin rusak dan iritasi. Bahkan kuman dari jari tangan bisa menimbulkan infeksi kulit yang bisa memperparah eksim kering.

Sebagai alternatif untuk mengatasi gatal, coba berikan kompres dingin pada kulit yang terasa gatal. Kompres dingin bisa dilakukan selama 10-15 menit dan diulang sebanyak 2-3 kali sehari.

2. Gunakan pelembap

Gangguan kulit ini bisa menimbulkan kulit pecah-pecah dan kering. Untuk mencegah kambuhnya gejala dan menjaga agar kulit tetap sehat, penting untuk memakai pelembap kulit secara rutin. Balurkan pelembap setelah mandi, saat kulit mulai terasa kering, dan sebelum tidur.

Apabila diperlukan, kamu juga bisa mengandalkan air humidifier atau alat pelembap udara di dalam ruangan, khususnya ruangan ber-AC, untuk menjaga kulit tetap lembap.

3. Kenali dan hindari faktor pencetus dermatitis atopik

Setiap penderita gangguan kulit ini punya faktor pencetus kekambuhan gejala yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui faktor pencetus tersebut, agar dapat dihindari. Jika kesulitan menentukan apa faktor pencetusnya, konsultasikan dengan dokter.

4. Hindari mandi terlalu lama

Kebiasaan mandi berlama-lama bisa membuat kulit kering dan mudah rusak. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pemicu kekambuhan atau semakin parahnya eksim kering. Jadi, usahakan untuk mandi selama 5-10 menit saja.

Pengobatan di Klinik

Bila perawatan tersebut tidak efektif meringankan gejala eksim kering yang kamu alami, segeralah konsultasikan ke dokter. Kamu pun dianjurkan untuk segera mengecek ke dokter apabila gangguan kulit ini telah membuat kamu susah tidur atau memicu infeksi kulit lain yang disertai dengan gejala nyeri, demam, bahkan muncul nanah.

Butuh informasi dan pengobatan lebih lanjut? Silakan konsultasi langsung dengan dokter kami secara online atau melalui nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 SMS / WA/ telepon.