Gigi Palsu – Tujuan, Prosedur, Tempat Pasang, & Biaya

Gigi palsu yang memiliki nama lain sebagai gigi tiruan atau denture, telah menjadi solusi yang populer untuk masalah kesehatan mulut.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tujuan utama dari pemasangan gigi palsu, prosedur pemasangan, di mana tempat pasang, dan biaya yang harus Anda keluarkan untuk prosedur ini.

Apa Itu Gigi Palsu?

Gigi Palsu

Gigi palsu atau denture, adalah perangkat buatan yang digunakan untuk menggantikan gigi yang hilang.

Denture dirancang untuk memberikan fungsi kembali pada individu yang kehilangan satu atau lebih gigi, baik itu karena cedera, penyakit gusi, atau faktor lainnya.

Gigi palsu dapat dikelompokkan menjadi dua jenis utama: gigi palsu sebagian dan gigi palsu lengkap.

Gigi palsu sebagian yang memiliki nama lain bridge atau gigi tiruan sebagian, berguna ketika hanya beberapa gigi yang hilang. 

Denture  ini terbuat dari bahan seperti logam atau akrilik, dan terpasang di dalam mulut dengan dukungan gigi-gigi asli yang tersisa. 

Sementara itu, gigi palsu lengkap, atau gigi tiruan penuh berguna ketika semua gigi pada satu rahang atau kedua rahang hilang. 

Denture lengkap biasanya terpasang dengan menggunakan bahan akrilik dan ditempatkan di atas gusi atau dihubungkan dengan implan gigi untuk memperkuat keberadaannya.

Pemilihan jenis biasanya tergantung oleh kebutuhan individu, kondisi mulut, dan preferensi pasien. 

Proses pembuatan dan penyesuaian gigi tiruan melibatkan kolaborasi antara pasien dan dokter gigi untuk memastikan kenyamanan dan fungsi optimal. 

Denture tidak hanya membantu dalam fungsi mengunyah dan berbicara, tetapi juga dapat meningkatkan estetika wajah dan kepercayaan diri seseorang yang kehilangan gigi. 

Perawatan yang baik dan kunjungan rutin ke dokter gigi sangat penting untuk menjaga keberlanjutan dan kesehatan gigi palsu.

Prosedur pemasangan gigi palsu atau denture umumnya terlaksana di rumah sakit atau klinik gigi dengan dokter gigi terdekat.

YouTube player
Gigi palsu paling kuat dan tahan lama (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Tujuan Pemasangan Gigi Palsu

Gigi palsu atau banyak yang menyebutnya sebagai denture, memiliki tujuan dan manfaat yang penting untuk kesehatan mulut. Berikut adalah beberapa tujuan utama dari pemasangan gigi tiruan:

1. Mengembalikan Fungsi Mengunyah yang Hilang

Salah satu tujuan utama pemasangan denture adalah mengembalikan fungsi mengunyah yang mungkin hilang akibat kehilangan gigi. 

Dengan gigi tiruan yang tepat, seseorang dapat kembali menikmati makanan dengan nyaman dan mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

2. Memperbaiki Penampilan dan Kepercayaan Diri

Pemasangan gigi palsu juga berkontribusi pada perbaikan estetika. Dengan gigi tiruan yang dirancang secara alami, penampilan seseorang dapat terlihat lebih baik. 

Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan senyuman yang lebih menarik.

3. Mencegah Perubahan Struktural pada Wajah

Kehilangan gigi dapat menyebabkan perubahan struktural pada wajah, seperti kehilangan volume. 

Denture membantu mencegah perubahan ini dengan menjaga dukungan struktural pada area mulut dan wajah.

4. Menjaga Kesehatan Gusi dan Mulut

Denture yang terpasang dengan benar dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan mulut secara keseluruhan.

Perawatan yang baik terhadap gigi palsu dapat mencegah masalah seperti peradangan gusi dan infeksi.

5. Memberikan Fungsi Pendukung untuk Gigi yang Tersisa

Pemasangan denture juga memberikan fungsi pendukung bagi gigi yang masih tersisa. Ini membantu mencegah pergeseran gigi dan masalah lain yang mungkin timbul akibat kehilangan gigi.

Penting untuk memahami bahwa pemasangan gigi tiruan bukan hanya sekadar solusi kosmetik, tetapi juga penting untuk menjaga kesehatan mulut secara menyeluruh.

Dengan denture yang tepat, seseorang dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik dan mencegah masalah kesehatan mulut yang mungkin timbul akibat kehilangan gigi.

Artikel Lainnya: Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji

Prosedur Pemasangan Gigi Palsu

Ilustrasi Prosedur Pemasangan Gigi Palsu

Pemasangan gigi palsu melibatkan serangkaian prosedur yang terkoordinasi dan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi spesifik pasien. 

Proses ini biasanya berawal dengan konsultasi awal bersama dokter gigi untuk menentukan jenis dan metode denture yang paling sesuai. 

Selama tahap ini, dokter gigi akan mengevaluasi kesehatan mulut, struktur gigi yang tersisa, dan membahas pilihan yang cocok untuk kebutuhan pasien.

Setelah tahap konsultasi, langkah selanjutnya adalah pembuatan cetakan mulut pasien. Cetakan ini berguna sebagai dasar untuk pembuatan denture yang pas dan nyaman.

Cetakan tersebut akan tim medis kirim ke laboratorium gigi, di mana denture atau gigi tiruan akan dibuat sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh dokter gigi. Proses ini dapat memakan waktu beberapa minggu.

Setelah denture selesai, dokter gigi akan melakukan uji coba pertama untuk memastikan bahwa bentuk dan pasnya sesuai dengan mulut pasien. 

Jika perlu, penyesuaian dapat dilakukan untuk memastikan kenyamanan dan penampilan estetis yang optimal. Setelah itu, denture akan terpasang secara permanen di dalam mulut pasien.

Selama beberapa minggu pertama setelah pemasangan, pasien mungkin perlu mengalami penyesuaian terhadap gigi palsu baru. 

Dokter gigi akan memberikan panduan mengenai perawatan dan penggunaan denture, termasuk cara membersihkannya secara tepat dan jadwal kunjungan rutin untuk pemantauan. 

Dengan perawatan yang baik, denture dapat memberikan fungsi kembali dan meningkatkan kualitas hidup pasien yang kehilangan gigi.

Berapa Biaya Pasang Gigi Palsu?

Harga pasang gigi palsu permanen dipengaruhi oleh berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan dengan cermat. Berikut adalah beberapa faktor utama yang memengaruhi biaya proses pemasangan:

1. Jenis Gigi Palsu

Jenis denture memiliki berbagai kisaran harga. Denture porselen, misalnya, mungkin lebih mahal daripada dengan bahan akrilik. Pemilihan jenis akan berdampak langsung pada biaya keseluruhan.

2. Kualitas Bahan

Kualitas bahan yang tim medis gunakan dalam pembuatan memainkan peran penting dalam menentukan biaya. 

Bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti porselen atau resin polimer, umumnya lebih mahal tetapi dapat memberikan keberlangsungan yang lebih baik.

3. Proses Pencetakan dan Pemodelan

Metode pencetakan dan pemodelan gigi palsu juga dapat memengaruhi biaya. Proses yang lebih canggih dan presisi mungkin melibatkan biaya tambahan, tetapi hasilnya bisa lebih sesuai dengan struktur gigi alami.

4. Jumlah Gigi Palsu

Jumlah denture yang dibutuhkan akan berdampak pada biaya total. Pemasangan denture tunggal akan lebih ekonomis dibandingkan dengan penggantian seluruh rangkaian gigi.

5. Lokasi Praktik Dokter Gigi

Biaya pemasangan gigi palsujuga dapat bervariasi berdasarkan lokasi praktik dokter gigi. Di kota-kota besar atau daerah dengan biaya hidup tinggi, biaya pemasangan denture mungkin lebih tinggi.

6. Tingkat Keterampilan dan Pengalaman Dokter Gigi

Tingkat keterampilan dan pengalaman dokter gigi yang melakukan pemasangan denture dapat memengaruhi biaya. Dokter gigi yang lebih berpengalaman mungkin mengenakan biaya lebih tinggi karena keahlian mereka.

7. Prosedur Tambahan

Proses tambahan seperti pembersihan gigi, pembersihan gusi, atau persiapan rahang sebelum pemasangan gigi palsu dapat menambah biaya keseluruhan.

Dengan memahami faktor-faktor ini, Anda dapat membuat keputusan yang informan tentang pemasangan denture yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Umumnya biaya pemasangan denture berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung faktor-faktor di atas

Kapan Harus ke Dokter?

Gigi palsu dapat menjadi solusi yang efektif untuk sejumlah masalah kesehatan mulut. Klinik gigi Jakarta milik Klinik Utama Pandawa hadir sebagai solusi terbaik untuk pemasangan denture.

Klinik kami menawarkan layanan pemasangan denture yang terintegrasi dengan pendekatan holistik terhadap perawatan gigi. 

Tim dokter gigi yang berpengalaman di Klinik Utama Pandawa memahami kompleksitas setiap kasus dan berkomitmen untuk memberikan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan pasien. 

Mereka melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kesehatan mulut pasien, termasuk struktur gigi yang tersisa, sehingga dapat merancang denture yang pas dan nyaman.

Klinik Utama Pandawa memiliki fasilitas dan peralatan medis terkini dalam proses pemasangan gigi palsu. 

Dengan menggunakan teknologi terbaru, klinik ini dapat menyediakan layanan pemasangan denture yang akurat dan efisien. 

Proses pembuatan cetakan mulut dan pembuatan gigi palsu di laboratorium gigi Klinik Utama Pandawa didukung oleh tenaga ahli yang berpengalaman untuk memastikan keakuratan dan kualitas hasil akhir.

Selain itu, Klinik Utama Pandawa memprioritaskan kenyamanan pasien dan memberikan pelayanan yang personal. 

Tim dokter gigi di sini berkomunikasi secara efektif dengan pasien untuk memahami kebutuhan dan kekhawatiran mereka. 

Selama proses pemasangan denture, pasien diberikan panduan perawatan dan informasi yang komprehensif untuk memastikan pemahaman yang baik tentang langkah-langkah pasca-pemasangan dan perawatan denture.

Terakhir, Klinik Utama Pandawa mengutamakan kualitas dan kepuasan pasien. Dengan pendekatan yang holistik, fasilitas modern, dan tim dokter gigi yang berdedikasi, Klinik Utama Pandawa menjadi pilihan yang optimal untuk pemasangan gigi palsu bagi mereka yang mencari perawatan gigi yang berkualitas dan menyeluruh.

Referensi
Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)