Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji di Klinik Utama Pandawa

Salah satu cara mengatasi gigi ompong adalah dengan pasang gigi palsu, lalu berapa harga pemasangan gigi palsu 1 biji?

Umumnya biaya untuk pemasangan gigi palsu itu dihitung per gigi. Pemasangan gigi palsu adalah prosedur umum yang berguna untuk menggantikan gigi yang hilang dan memulihkan fungsi serta estetika mulut.

Penggunaan gigi palsu memiliki manfaat penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, pasang gigi palsu juga membantu dalam menjaga fungsi gigi dan meningkatkan kepercayaan diri bagi individu yang kehilangan gigi asli.

Jika Anda kurang percaya diri dengan gigi Anda yang ompong atau mengganggu fungsi mulut solusi terbaiknya adalah dengan mengunjung dokter gigi terdekat di klinik gigi Jakarta milik Klinik Utama Pandawa.

Klinik kami menawarkan layanan gigi palsu dengan standar kualitas tinggi dan pendekatan yang profesional. 

Kami juga memiliki tim dokter gigi terbaik di Indonesia dan berpengalaman yang dapat memberikan pelayanan yang cermat dan terpercaya dalam proses pembuatan dan pemasangan gigi palsu. 

Fasilitas modern dan peralatan mutakhir yang dimiliki klinik mendukung prosedur gigi palsu dengan tingkat akurasi dan kenyamanan yang optimal.

Selain itu, Klinik Utama Pandawa dikenal karena pelayanan yang ramah dan berorientasi pada kebutuhan pasien. 

Tim medis di klinik ini berusaha memberikan pengalaman yang nyaman dan mengedepankan kepuasan pasien. 

Dengan pendekatan holistik terhadap kesehatan gigi dan mulut, Klinik Utama Pandawa memberikan solusi gigi palsu yang tidak hanya fungsional namun juga estetis, sesuai dengan kebutuhan dan harapan pasien, serta harga yang terjangkau.

YouTube player
Jenis Jenis-Jenis Gigi Palsu (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji di Klinik Utama Pandawa?

Harga pasang gigi satuan dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis gigi palsu yang pasien pilih, material, lokasi praktek dokter gigi, dan tingkat pengalaman dokter gigi tersebut. 

Secara umum, harga pasang gigi satuan di Indonesia dapat berkisar antara beberapa ratus ribu hingga beberapa juta rupiah per gigi.

Gigi palsu sebagian atau gigi palsu penuh biasanya memiliki harga yang berbeda. Selain itu, penggunaan material premium atau teknologi canggih untuk gigi palsu juga dapat mempengaruhi biaya. 

Penting untuk berkonsultasi langsung dengan dokter gigi untuk mendapatkan estimasi harga yang lebih akurat berdasarkan kebutuhan spesifik dan kondisi kesehatan gigi pasien. 

Dokter gigi biasanya akan memberikan perincian biaya yang jelas selama konsultasi dan pemeriksaan awal.

Di Klinik Utama Pandawa bahan gigi palsu yang digunakan adalah bahan yang premium, serta prosedur pemasangannya sangat aman dan higienis. 

Namun, harga pasang gigi palsu 1 biji di Klinik Utama Pandawa sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp2 jutaan saja.

Manfaat dan Keunggulan Gigi Palsu

Gigi Palsu

Gigi tiruan atau gigi palsu memberikan berbagai manfaat penting bagi individu yang kehilangan gigi alami. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan gigi tiruan:

1. Meningkatkan Fungsi Pengunyahan

Gigi palsu memungkinkan seseorang untuk kembali menikmati fungsi pengunyahan secara efisien. 

Dengan gigi tiruan yang tepat, seseorang dapat menggiling makanan dengan baik, memfasilitasi pencernaan yang lebih baik, dan mencegah masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat ketidakmampuan mengunyah makanan dengan benar.

2. Menyempurnakan Penampilan Estetis

Salah satu manfaat paling jelas dari gigi palsu adalah peningkatan estetika. Gigi palsu yang dirancang dengan baik dapat memberikan penampilan yang alami, membantu memulihkan senyum, dan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

3. Mendukung Struktur Wajah

Kehilangan gigi dapat menyebabkan perubahan pada struktur wajah, seperti kerutan di sekitar mulut atau pipi yang cekung. 

Gigi palsu dapat membantu mendukung struktur wajah dan mencegah perubahan yang mungkin terjadi akibat kehilangan gigi.

4. Memperbaiki Fungsi Bicara

Gigi yang hilang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam berbicara dengan jelas. Dengan gigi palsu yang tepat, seseorang dapat mengembalikan fungsi bicara normalnya, meminimalkan masalah logat atau kesulitan dalam mengucapkan kata-kata tertentu.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Emosional

Kehilangan gigi alami dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan emosional seseorang. 

Dengan memulihkan senyum dan kemampuan mengunyah, gigi palsu dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengurangi perasaan malu atau rendah diri.

6. Mencegah Perpindahan Gigi Lainnya

Kehilangan satu atau beberapa gigi dapat menyebabkan perpindahan gigi lainnya di dalam mulut. Gigi palsu dapat mempertahankan ruang yang ditinggalkan oleh gigi yang hilang, mencegah perpindahan gigi lain, dan menjaga keseimbangan oklusal.

7. Perawatan yang Lebih Mudah

Gigi palsu dapat dirawat dengan relatif mudah. Perawatan melibatkan kebiasaan membersihkan gigi palsu, membersihkan mulut secara menyeluruh, dan menjaga kebersihan mulut secara umum. Ini membantu mencegah masalah kesehatan gigi dan gusi.

8. Pilihan yang Fleksibel

Ada berbagai jenis gigi palsu, termasuk gigi tiruan penuh dan sebagian, serta gigi tiruan permanen atau yang dapat Anda lepas.

Ini memberikan fleksibilitas bagi individu untuk memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menentukan solusi gigi palsu yang terbaik sesuai dengan kondisi dan kebutuhan individu.

Jenis-Jenis Gigi Palsu

Gigi palsu, atau protesa gigi, hadir dalam beberapa jenis yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pasien yang bervariasi. Berikut adalah beberapa jenis gigi palsu yang umum:

1. Fixed Dentures

Jenis ini tetap terpasang dan tidak dapat dilepas oleh pasien. Gigi palsu tetap biasanya terdiri dari mahkota gigi yang tersemat pada gigi asli atau implan.

2. Partial Dentures

Cocok untuk pasien yang kehilangan beberapa gigi, gigi palsu sebagian terdiri dari rangka logam atau akrilik yang mendukung gigi palsu yang digantungkan pada gigi asli.

3. Full Dentures

Jenis ini jika pasien kehilangan seluruh gigi pada satu rahang (gigi palsu penuh atas atau bawah) atau pada kedua rahang (gigi palsu penuh lengkap). Gigi palsu penuh dapat dilepas oleh pasien untuk perawatan dan pembersihan.

4. Immediate Dentures

Dibuat sebelum pencabutan gigi asli dan langsung dipasang setelah pencabutan. Gigi palsu segera memberikan estetika dan fungsi sementara sambil menunggu penyembuhan penuh sehabis pencabutan.

5. Gigi Palsu Fleksibel

Terbuat dari bahan fleksibel yang lebih nyaman dan lebih ringan daripada bahan tradisional. Gigi palsu flexible dapat menjadi pilihan yang baik untuk beberapa pasien.

6. Overdenture 

Sebuah gigi palsu yang menutupi gigi asli atau implan yang tetap dipertahankan. Ini memberikan stabilitas tambahan dan dapat meningkatkan kenyamanan.

7. Gigi Palsu Teleskopik 

Menggunakan dua bagian, yakni inti dalam dan mahkota luar. Inti dalam menutupi gigi asli atau implan, sementara mahkota luar dapat dilepas.

Setiap jenis gigi palsu memiliki kelebihan dan kelemahan tertentu, dan pemilihan jenis yang tepat biasanya bergantung pada kondisi spesifik gigi dan kebutuhan pasien. Selain itu, gigi palsu juga bisa dipasang secara satuan.

Konsultasi dengan dokter gigi atau prostodontis akan membantu menentukan opsi terbaik sesuai dengan keadaan kesehatan gigi dan mulut pasien.

Prosedur Pasang Gigi Palsu

Prosedur Pasang Gigi Palsu

Prosedur pemasangan gigi palsu melibatkan beberapa tahapan yang dirancang untuk memastikan pasien mendapatkan gigi palsu yang nyaman dan berfungsi dengan baik. 

Langkah-langkah ini melibatkan kerjasama antara dokter gigi dan pasien untuk mencapai hasil yang optimal.

Pertama, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi mulut dan gigi pasien. 

Ini mencakup pemotretan rontgen untuk melihat struktur tulang dan gigi yang mungkin perlu diganti. Setelah itu, jika gigi asli masih ada, beberapa gigi mungkin perlu dicabut terlebih dahulu.

Langkah berikutnya adalah membuat cetakan atau cetakan gigi pasien. Cetakan ini digunakan sebagai dasar untuk pembuatan gigi palsu yang pas dan nyaman. 

Gigi palsu dapat tim medis buat di laboratorium gigi dengan menggunakan bahan akrilik atau bahan lain yang sesuai. 

Dalam beberapa kasus, pasien mungkin memilih untuk mencoba gigi palsu sementara untuk memastikan kenyamanan dan penyesuaian yang baik sebelum gigi palsu akhir tim medis buat.

Pemasangan gigi palsu umumnya terjadi setelah gigi palsu selesai dibuat. 

Dokter gigi akan memastikan bahwa gigi palsu pas dengan baik dan memberikan petunjuk kepada pasien mengenai perawatan yang tepat. 

alam beberapa kasus, penyesuaian mungkin diperlukan untuk memastikan kenyamanan maksimal. 

Pemeliharaan yang baik dan kunjungan rutin ke dokter gigi akan membantu memastikan gigi palsu tetap dalam kondisi baik dan dapat digunakan dalam jangka panjang.

Referensi:
Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)