Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Hindari Kebiasaan Buruk Buat Wajah Kusam, Berikut Cara Ampuh Merawat Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Siapa yang tak mendambakan kulit wajah yang sehat, bersih dan mulus. Tak hanya wanita saja yang peduli dengan kulit, tapi kaum pria pun tak ada salahnya merawat kulit. Toh, di zaman yang semakin maju dan berkembang ini, produk skin care juga bisa dinikmati oleh kaum pria. Apalagi wajah menjadi poin utama ketika berhadapan dengan orang lain. Bagi kamu para pria di luar sana, tenang saja, klinikpandawa.id punya tips cara merawat kulit wajah yang optimal dan aman untuk semua jenis kulit.

cara merawat kulit wajah

Merawat kulit wajah memang bagi sebagian kaum pria diresponi dengan cuek dan tak peduli. Tapi lama kelamaan, kulit ini makin tak terkondisikan dan buat penampilan jadi kurang maksimal. Dan hal ini bisa membuat aktivitas jadi terganggu ataupun terhambat.

Ya bersyukurlah bila kamu terlahir dengan kulit wajah bersih dan tampan. Tapi bagaimana dengan yang lain? Meski begitu biar kamu tetap percaya diri, tak ada salahnya kamu mencoba cara merawat kulit wajah yang sesuai dan baik untukmu.

Bila kita lihat masalah kulit seperti jerawat, bekas jerawat, kerutan atau berminyak itu disebabkan oleh banyak faktor. Sebut saja seperti seiringnya usia bertambah, lingkungan, gaya hidup yang salah ataupun cara merawat kulit wajah yang kurang tepat.

Dengan menerapkan dan menemukan cara merawat kulit wajah yang baik tentu bisa mencegah timbulnya berbagai masalah kulit, seperti yang disebutkan tadi. Dengan kulit wajah bersih, bebas minyak dan kusam tentu membuat kamu lebih percaya diri dan tampil rupawan.

Nah bagi para pria, tahukah bila ada beberapa kebiasaan yang ternyata bisa merusak kulit wajahmu? Seperti apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut?

Yuk kita lihat bersama bagaimana cara merawat kulit wajah yang baik dan benar, selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Kulit Wajah Berminyak & Penuh Jerawat? Ini 7 Tips Ampuh!

Kebiasaan Buruk Merusak Kulit Wajah

  • Malas mencuci wajah

Berdasarkan laporan American Academy of Dermatology menganjurkan baik pria maupun wanita sebaiknya mencuci muka dua kali sehari apalagi bagi kamu yang mudah berkeringat ataupun sering beraktivitas di luar.

Penumpukan kotoran tentu saja membuat kulit terlihat kusam dan mudah berjerawat. Sehingga mulailah dengan rajin mencuci wajah dua kali sehari.

  • Mandi dengan air hangat

Mandi air hangat memang menyenangkan dan membuat perasaan rileks. Tapi perlu diingat, bila keseringan kebiasaan mandi dengan air hangat ini bisa saja mengurangi produksi minyak alami kulit. Untuk mengurangi kulit menjadi kering atau iritasi  baiknya mandilah dengan air dingin/ biasa selama 5 ataupun 10 menit.

  • Menggunakan kosmetik dengan kandungan alcohol berlebih

Bagi para pria yang mengutamakan penampilan atau tuntutan pekerjaan perlu memperhatikan kosmetik yang di pakai. Karena kebiasaan menggunakan kosmetik juga bisa berpengaruh merusak kulit apalagi kalau tidak diiringi cara merawat kulit wajah yang benar.

Bila kamu punya kulit sensitif dan kering sebaiknya hindari skin care berbahan aktif seperti alkohol. Dan kalau memang ingin tetap memakainya sebaiknya tidak terlalu sering. Kamu pun berkonsultasi dulu dengan dokter kulit untuk menentukan jenis kulit atau cara merawat kulit wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

  • Alat kosmetik tak sering dibersihkan

Masih seputar kosmetik, ada yang perlu kamu perhatikan lebih lagi. Yaitu alat spons ataupun kuas yang jarang dibersihkan bisa menjadi tempat bakteri tinggal, sehingga menjadi pemicu infeksi di kulit wajah ketika digunakan.

Sebab itu, bersihkan kuas atau spons make up setiap minggunya dengan dibasuh air hangat ataupun sabun yang berbahan lembut.

  • Sering terkena paparan sinar matahari

Sejak masa pandemik COVID-19 ini, rutinitas berjemur menjadi hal yang diwajibkan guna menambah daya tahan tubuh. Tetapi ternyata, bila kulit terlalu sering terpapar matahari, ditambah tidak menggunakan tabir surya, risiko terkena kanker kulit bisa meningkat. Wajah pun bisa berdampak menjadi kusam dan tampak tua.

Itulah beberapa kebiasaan rutinitas yang tak sengaja kamu lakukan dan berpotensi merusak kulit wajah kamu. Tapi tak perlu khawatir, klinikpandawa.id sudah menyiapkan sederet cara merawat kulit wajah yang tepat, yang bisa kamu coba lakukan.

Baca juga: Masih Muda Sudah Ada Garis Halus? Hati-hati Penuaan Dini

Cara merawat kulit wajah yang Optimal

Adapun sederet cara merawat kulit wajah yang optimal, diantaranya:

1. Cara merawat kulit wajah dengan gunakan pembersih kulit wajah yang sesuai

Semua individu diciptakan dengan kondisi dan jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Ada yang berjenis kulit kering, normal, kombinas, berminyak, atau sensitif. Berbeda jenis kulit, berbeda pula jenis perawatan yang pas digunakan.

Misalnya, bagi orang yang memiliki kulit kering dan sensitif, disarankan memilih produk sabun pembersih muka berbahan kimia lembut dengan kandungan yang bisa melembapkan kulit, serta tidak mengandung alkohol maupun pewangi tambahan.

Sedangkan, kulit berminyak dianjurkan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar lembut yang bisa melembapkan wajah tanpa membuat kulit wajah berminyak, seperti dengan pembersih wajah yang mengandung gliserin.

2.Cara merawat kulit wajah yaitu bersihkan wajah secara rutin

Salah satu cara merawat kulit wajah yang paling sederhana yakni rutin mencuci wajah. Agar wajah tetap bersih dan sehat, kamu perlu membasuh wajah 2 kali sehari seperti yang sudah dibahas di atas. Mencuci wajah di pagi hari bermanfaat membasmi seluruh kotoran ataupun bakteri yang mungkin menempel wajah pada saat tidur.

Begitu juga saat menjelang tidur, wajah kamu juga perlu dibersihkan dari sisa-sisa debu, polusi ataupun make up yang menempel di wajah selama kamu beraktivitas di luar ruangan.

3. Gunakan Pelembap

Cara merawat kulit wajah selanjutnya yaitu tidak mengabaikan memakai pelembap yang pastinya sesuai dengan kulit kamu. Kalau kamu punya jenis kulit berjerawat dan berminyak baiknya gunakan pelembap berbahan dasar air atau bebas oil.

Sementara untuk kulit kering, carilah pelembap yang menjaga keseimbangan pH kulit. Adapun beberapa kandungan efektif untuk melembapkan seperti ceramide, niacinamide, maupun gliserol.

4. Gunakan tabir surya

Bagi kamu yang aktif di lapangan tentu tabir surya atau sunscreen ini wajib kamu pakai. Balik lagi, bila kamu ingin mendapatkan wajah sehat dan bersih, cara satu ini jangan kamu lewatkan.

Cara ini terbilang maksimal membuat kulit wajah bebas kusam. Banyak ahli menyebutkan kandungan SPF 30 pada sunscreen sudah cukup baik untuk mengatasi paparan sinar matahari. Oya, ketika cuaca mendung juga sebaiknya kamu tetap memakain sunscreen yaa…

5. Cara merawat kulit wajah harus didukung juga dengan pola hidup sehat

Cara merawat kulit wajah yang baik tidak cuma dilakukan dari luar saja, tapi juga perlu dari dalam tubuh. Contohnya yaitu menjalani pola hidup sehat. Dimulai dari konsumsi makanan bergizi, penuhi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, kelola stres, serta menjauhi merokok dan minuman beralkohol.

Hal penting dari rangkaian cara merawat kulit wajah di atas yaitu dengan tidak lalai atau konsisten agar hasil yang dicapai lebih maksimal. Oleh karena itu, jangan sampai kelewatan jalani perawatan kulit wajah sebagai bagian dari rutinitas yang wajib.

Demikian beberapa cara merawat kulit wajah optimal yang bisa kamu coba terapkan. Apabila kamu punya masalah kulit wajah bekas jerawat, berjerawat, kulit kering, berminyak, dan kulit kusam, dianjurkan konsultasikan ke dokter ahlinya.

Bila sahabat pandawa ingin konsultasi terlebih dahulu dengan dokter online bisa hubungi kami melalui 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau dapat klik link KONSULTASI GRATIS.

Referensi:
Mayoclinic. Skin Care: 5 Tips for Healthy Skin
WebMD. What’s your skin type?
WebMd. Skin Care Basics.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)