Kenali 6 Penyebab Bintik Merah di Penis Sebelum Terlambat

Sama seperti pada bagian tubuh lainnya, alat kelamin pria pun bisa mengalami masalah. Apalagi bagi kamu yang kurang menjaga kebersihan ditambah mempunyai perilaku seks bebas, wajib mewaspadai gangguan penis ini. Salah satunya bintik merah di penis.

Gangguan bintik merah di penis tidak selalu menandakan penyakit serius. Ada beberapa kasus gangguan bintik disebabkan kurangnya menjaga kebersihan dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, apabila bintik merah di penis disertai dengan gejala lain seperti gatal-gatal, menyengat, ada lentingan berisi air, atau bengkak, bisa menjadi kondisi yang serius. Hal ini pun perlu melakukan pemeriksaan dengan dokter kulit kelamin untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab dan cara mengatasinya juga.

bintik merah di penis

Penyebab Bintik Merah di Penis

Nah, berikut ini beberapa faktor penyebab munculnya bintik merah di penis yang wajib kamu ketahui.

Bintik Merah di Penis Akibat Moluskum Kontagiousum

Molluscum contagiosum merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh pox virus, yang bisa menular hanya dengan sentuhan. Selain itu juga bisa tertular dari berbagi handuk, pakaian, tempat tidur, atau bahan lain dengan seseorang yang terinfeksi. Penyakit ini biasanya ditandai dengan bintik merah dengan lesung bagian tengah berisi bahan seperti nasi.

Infeksi kulit ini biasanya menghasilkan bintik merah serta rasa gatal pada penis dan area lain yang terkena. Menggaruk dapat mengiritasi bintik tersebut dan menimbulkan penyebaran ke area lainnya.

Untuk mengatasinya kamu perlu konsultasikan pada dokter. Biasanya dilakukan terapi laser untuk menghilangkan bintik-bintik tersebut.

Baca juga: Ada Bintik-Bintik Merah Di Kulit? Cari Tahu Penyebabnya Segera

Eksim Genital

Selain menyebabkan iritasi di kulit tubuh, bagian vital seperti penis pun bisa terinfeksi penyakit kulit eksim. Eksim genital ini sering ditemui dengan gejala munculnya ruam-ruam atau bintik merah di penis dan area sekitar. Kemudian akan terasa gatal, kulit mengering, luka akibat digaruk dan bernanah.

Biasanya eksim ini disebabkan oleh faktor riwayat keturunan, lingkungan, stress, dan allergen. Untuk mengatasinya kamu butuh penanganan dari dokter kulit dan biasanya akan diberikan krim antibiotic, obat topical, maupun terapai cahaya sebagai tambahan.

Infeksi jamur

bintik merah pada penis juga disebabkan oleh jamur candida. biasanya jamur ini muncul oleh sebab kamu kurang menjaga kebersihan ataupun melakukan aktivitas seksual dengan orang terinfeksi.

selain bintik merah terkadang juga ada bintik putih di penis dan area sekitar. kondisi tersebut juga bisa terasa gatal dan berbau tak sedap.

Balanitis

Penyakit balanitis merupakan peradangan pada kepala penis. Peradangan ini bisa terjadi oleh sebab infeksi, atau kebersihan area genital yang buruk. Selain itu, balanitis juga sering terjadi pada pria yang tidak disunat (khitan).

Selain menimbulkan bintik merah di penis, gejala lain dari balanitis yakni pembengkakan di area penis, gatal, nyeri saat buang air kecil, serta kulit penis yang melekat dan tidak bisa ditarik kembali. Kamu juga dapat menemukan penumpukan cairan di bawah kulit kepala penis.

Kamu wajib menjaga kebersihan area genital agar gangguan penis ini bisa teratasi. Tapi,  kalau gejala belum hilang juga dalam beberapa hari, segera cari bantuan medis. Dokter biasanya akan memberikan krim steroid, krim antijamur, hingga antibiotik.

Baca juga: Ada Bintik-Bintik Putih di Kulit? Waspada Gangguan Kulit Ini!

Sifilis

Sifilis atau raja singa pasti kamu sudah pernah mendengarnya. Penyakit kelamin ini merupakan salah satu infeksi menular seksual yang perlu diwaspadai. Sebab bisa menularkan melalui kontak seksual vaginal maupun oral.

Gangguan sifilis ini disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Gejala sifilis ini muncul bintik merah pada penis atau luka yang tidak perih, dan berisi cairan. Bila kamu tak segera mengobati, luka ini bisa saja menyebar ke bagian tubuh lain kamu.

Segera periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Semakin lama tidak diobati, akan semakin parah dan tidak bisa disembuhkan gejalanya. Dokter biasanya akan memberikan obat antiseptik yang disuntikan atau diminum.

Selain itu kamu juga dianjurkan tidak melakukan aktivitas seksual hingga tes darah kamu menunjukkan infeksi telah hilang. Baiknya kamu pun membawa pasangan ke dokter untuk diperiksa dan dites bersama.

Bintik Merah di Penis Awas Herpes genital

Selain sifilis atau raja singa yang perlu diwaspadai, ada satu penyakit lain yang juga perlu kamu was-was, yaitu herpes genital. Penyakit kelamin herpes ini sebabkan oleh adanya virus herpes simplex yang masuk ke tubuh melalui kontak seks tanpa pelindung dengan seseorang yang sudah terinfeksi virus ini.

Herpes kelamin atau genital akan menyebabkan bintik-bintik merah di penis, testis, bokong, bahkan mulut. Baik aktivitas seksual vaginal, anal, ataupun oral bisa menularkan virus ini. Gejala lainnya bisa disertai lentingan berisi cairan, panas, gatal bahkan nyeri.

Kondisi ini tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Namun, dokter akan meresepkan obat antivirus untuk meredakan gejala dan mencegah menyebar ke pasangan seksual kamu.

Kapan harus ke dokter?

Nah, jika sahabat pandawa merasakan keanehan atau menemukan bintik merah di penis disertai gatal, nyeri saat kencing, atau bengkak sebaiknya segera lakukan pemeriksaan.

Karena bila dilihat dari penyebab di atas, ada beberapa indikasi penyakit yang butuh penanganan khusus seperti penyakit infeksi menular seks. Dimana kondisi ini harus disesuaikan dengan anjuran dokter dan tidak boleh sembarangan obat.

Sebab bila kamu terlambat dalam penanganan maka akan mengganggu aktivitas reproduksi dan bahkan susah mendapatkan keturunan.

Jika kamu mengalami gangguan penis, konsultasikan pada kami melalui konsultasi dokter online gratis di nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau dapat mengklik link KONSULTASI GRATIS. Rahasia terjamin!