Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Kenali Ciri Kulit Sensitif Pada Wajah & Perawatan Ampuh yang Perlu Kamu Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Dari berbagai jenis-jenis tipe kulit yang kita miliki, kulit sensitif-lah yang menjadi tipe kulit yang membutuhkan banyak penanganan. Sebab bila kita salah memahami kulit sensitif yang kita miliki bisa menyebabkan beberapa masalah kulit baru. seperti jerawat, breakout, kulit dehidrasi dan sebagainya. Untuk itu klinikpandawa.id hadir untuk memberikan tips perawatan kulit sensitif bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif. Tapi sebelumnya kita cari tahu dahulu apa saja ciri kulit sensitif pada wajah selengkapnya di bawah ini, ya!

ciri kulit sensitif apda wajah dan perawatan efektif

Memiliki kulit sensitif pada wajah tentunya sangat mengganggu penampilan dan membuat resah. Kamu pun harus pintar-pintar memilih perawatan kulit sensitif atau skincare yang aman digunakan, sebab bila salah pilih bisa jadi tambah parah.

Tapi tenang saja, karena kami telah menyediakan beberapa tips jitu perawatan kulit sensitif. Kamu pun jangan ragu berkonsultasi dengan dokter ahli kulit untuk mengatasi keluhan serta menemukan solusinya.

Ciri Kulit Sensitif pada Wajah dan Faktor Risiko

Ciri ciri kulit sensitif pada wajah tiap orang bisa berbeda-beda. Diantaranya seperti:

  1. Kulit yang mudah reaktif
  2. Kulit kemerahan
  3. Kulit mudah gatal
  4. Kulit terasa perih dan panas
  5. Kulit terasa kering
  6. Mudah mengalami ruam
  7. Rentan breakout atau jerawat
  8. Kulit mudah mengelupas

Berikut Ragam Cara Ampuh Lenyapkan Bekas Jerawat Kemerahan Layak Di Coba!

Ciri lainnya dapat berupa pori-pori besar, cenderung kasar, banyak garis kerutan di area wajah saat kulit ditarik, dan mudah mengelupas. Kemudian, mudah mengalami breakout, iritasi, hingga jerawatan. Ada beberapa faktor bisa memicu ciri kulit sensitif pada wajah. Seperti faktor riwayat keluarga, faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari berlebihan dan intens serta penggunaan produk kosmetik lainnya.

Sebab itu bagi kamu pemiliki kulit sensitif, sebisa mungkin harus bisa menghindari penggunaan produk kosmetik maupun perawatan kulit yang berganti-ganti. Ada beberapa jenis dan dosis bahan aktif dalam produk perawatan kulit yang digunakan pun harus kamu perhatikan.

Kamu pun bisa meminta bantuan dokter kulit untuk menentukan bahan atau produk apa yang cocok kamu pakai atau hindari.

Berikut ini beberapa faktor lain yang bisa menjadi pemicu, meliputi:

  • Gangguan kulit, seperti eksim, rosacea, dan dermatitis kontak.
  • Polusi, seperti debu dan asap kendaraan.
  • Faktor lingkungan, misalnya paparan sinar matahari dan suhu dingin atau panas.
  • Sering mengganti produk kosmetik atau produk perawatan kulit.
  • Perubahan hormon, seperti saat menjelang menstruasi dan menopause.
  • Efek samping obat-obatan tertentu.
  • Stres dan cemas berlebihan.

Muncul Bercak Cokelat di Wajah, Awas Tanda-tanda Melasma!

Tips Perawatan Kulit Sensitif

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan kulit sensitif yang bisa kamu coba untuk merawat kulit sensitif.

  1. Pilih produk yang ramah untuk kulit
    Pemilik kulit sensitif ada wajah perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Gunakanlah produk khusus untuk kulit sensitif yang umumnya mengandung lebih sedikit bahan kimia, lembut di kulit, dan tanpa wewangian. Biasanya produk ini berlabel “hypoallergenic”.
  2. Hindari bahan iritasi
    ada beberapa bahan iritasi yang biasanya digunakan oleh brand produk skincare. Seperti alcohol, glycolic acid, deterjen, benzoil peroksida, dan retinoid. Jika memang kamu ingin mencoba kamu bisa konsultasikan dahulu dengan dokter kulit untuk menentukan cocok atau tidak.
  3. Sering memakai pelembap.
    Berdasarkan ciri kulit sensitif pada wajah di atas, kulit mudah mengelupas dan kering membutuhkan pelembap. Untuk melembapkan kulit wajah yang sensitif, sebaiknya pilih pelembap yang mengandung petrolatum, dimethicone, hyaluronic acid, ceramide, atau niacinamide. Bahan-bahan tersebut cenderung aman dan baik untuk merawat kulit sensitif.
  4. Hindari paparan sinar matahari dan tabir surya.
    Memiliki kulit sensitif sebaiknya kamu menghindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama. Bila kamu sering beraktivitas di luar ruangan, selalu gunakan tabir surya untuk kulit sensitif dengan SPF 30. Selain itu, kenakan pelindung tubuh atau kenakan pakaian tertutup, topi hingga kacamata hitam.
  5. Kurangi waktu mandi.
    Pemilik kulit sensitif dan cenderung kering disarankan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit. Hindari pula mandi dengan air panas karena dapat menghilangkan produksi minyak di wajah dan menyebabkan wajah menjadi kering. Mandilah dengan air biasa atau air yang sedikit hangat untuk merawat kulit sensitif.
  6. Coba perawatan kulit di klinik kecantikan.

Tidak ada salah kamu mencoba perawatan kulit sensitif di klinik kecantikan. Kamu juga bisa konsultasikan pada dokter untuk menangani kulit sensitif yang disertai jerawat atau lainnya. Dokter pun akan memberikan pilihan perawatan atau treatment yang cocok untuk kulit kamu. Perlu diingat, jangan salah pilih klinik kecantikan karena tergoda harga murah ya, sahabat pandawa. Carilah klinik kecantikan yang sudah berpengalaman dan terekomendasi.

Tampil Memukau Jelang Lebaran Ini Dia 6 Cara Perawatan Wajah

Perawatan Kulit di Klinik Estetika Pandawa

Jika kamu memiliki ciri kulit sensitif pada wajah seperti di atas dan memiliki jerawat, komedo hingga menganggu penampilan, kamu bisa mencoba perawatan kulit sensitif yang dimiliki Klinik Pandawa. Ada beberapa perawatan atau treatment yang bisa dicoba, seperti Hollywood Facial by Dermalinfusion yang aman bagi semua jenis kulit termasuk Kulit sensitif.

Hollywood facial by Dermalinfusion adalah teknologi dari Amerika Serikat ini merupakan perawatan eksfoliasi serum yang pertama dengan perawatan yang optimal untuk hasil singkat dan tahan lama pada semua jenis kulit serta sangat minim downtime.

Jika rutin dilakukan, perawatan kulit sensitif ini dapat secara efektif menghilangkan sel kulit mati yang tak tampak dan mengembalikan fungsi kelembapan pada kulit wajah sehingga wajah terlihat lebih segar, cerah, mulus, dan tampak bersinar.

Nah tunggu apa lagi, langsung saja konsultasi online atau reservasi online di nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau dapat mengklik link KONSULTASI GRATIS.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)