Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Kulit Tetap Cerah Merona, Ini 7 Tips Jaga Kesehatan Kulit Selama Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Sudah memasuki bulan Ramadan nih, selain persiapkan perangkat alat ibadah dan perbanyak amal ibadah, kamu juga harus persiapkan diri salah satunya dengan penampilan. Pasti sahabat pandawa tidak mau dong, saat Hari Raya Lebaran nanti, penampilan malah kurang maksimal akibat kurang jaga kesehatan kulit tubuh selama puasa. Tapi jangan cemas dulu, klinikpandawa.id punya beberapa tips cara menjaga kesehatan kulit tubuh selama kamu jalani puasa nih. Apa saja tips nya, yuk simak sampai habis di bawah ini!

cara menjaga kesehatan kulit

Selama beribadah puasa, asupan makanan dan cairan pada tubuh ikut berkurang. Kulit kering, kusam, bibir pecah-pecah menjadi masalah yang sering ditemui selama menjalani puasa. Bila tak mau alami hal tersebut kamu harus pintar memilih asupan sehat selama berpuasa. Apalagi kulit merupakan organ tubuh terbesar dan terluar yang sangat rentan terpapar radikal bebas dan paling mudah terlihat ketika adanya perubahan.

Ditambah bulan puasa identik dengan buka bersama atau bukber, otomatis kamu pun merasa minder dan tak percaya diri saat bertemu teman-teman bila kulit sedang tidak oke. Kalau gak mau begitu, kamu wajib ikutin tips cara menjaga kesehatan kulit versi klinikpandawa.id di bawah ini!

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Selama Berpuasa

Banyak hal di lingkungan yang berbahaya bagi kulit kamu. Polusi lingkungan, sinar ultraviolet (sinar matahari), suhu ekstrim, dan penggunaan produk kulit yang salah bisa saja merusak lapisan luar yang penting ini.

Menjaga asupan sehat

Cara menjaga kesehatan kulit selama beribadah puasa yang pertama adalah dengan mengontrol asupan cairan. Menjalani puasa selama lebih dari 12 jam, tanpa makan dan minum, tentu membuat kulit sedikit lebih kering. Sebab itu agar tetap memiliki kulit cerah dan sehat, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan selama waktu buka puasa hingga sahur tiba.

Kamu bisa menggunakan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur. Hindari minuman berkarbonasi, mengandung banyak gula atau minuman beralkohol seperti soda dan jus, serta yang mengandung kafein. Sebab jenis minuman tersebut dapat menyebabkan kamu lebih dehidrasi atau cepat haus. Lebih bagusnya sih kamu cukupi dengan air putih saja, tetapi bila bosan kamu bisa mencampurnya dengan potongan buah segar atau infused water.

Baca juga: 10 Cara Awet Muda Ini Bisa Kamu Coba Agar Tak Mudah Tua

Konsumsi makanan penuh serat dan gizi seimbang

Selain penuhi cairan tubuh, orang yang sedang berpuasa memang baiknya mengonsumsi asupan makan makanan yang bergizi. Jenis makanan yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur ataupun berbuka seperti sayauran, ikan, daging, mengandung cukup lemak serta gula dan jangan ketinggalan konsumsi buah-buahan.

Pastikan banyak mengonsumsi buah-buahan segar guna memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi pada kulit, buah yang mengandung banyak air akan memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Dengan bantuan pola asupan dari dalam tubuh inilah menjadi cara menjaga kesehatan kulit yang baik dan berdampak pada kesehatan kulit kamu seluruhnya.

Merawat kulit dari luar dengan mencuci wajah

Selain memperhatikan asupan makanan dan minuman, kamu juga harus memperhatikan cara menjaga kesehatan kulit dari luar. Contohnya dengan rutin membersihkan wajah. Hal ini penting dilakukan terlebih saat berpuasa. Selain akan terlihat lebih segar, mencuci wajah dapat menghilangan kotoran dan bakteri serta menjaga kelembapan kulit kamu.

Baca juga: Tak Hanya Wanita, Pria Pun Bisa Terkena Infeksi Jamur Ini Penyebabnya!

Menggunakan Pelembap

Cara menjaga kesehatan kulit selanjutnya yaitu gunakan pelembap yang sesuai dengan kondisi kamu setelah cuci muka maupun mandi. Dengan berkurangnya jumlah konsumsi air di siang hari, gunakanlah pelembap yang menghidrasi atau melembapkan. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, gunakan krim atau face oil. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, gunakan pelembab berbasis gel yang kaya hidrasi.

Begitu juga untuk kulit tubuhmu seluruhnya. Dengan kamu rajin menggunakan pelembap tentu memperkuat daya tahan kulit kamu serta menjaga kesehatan kulit. Kulit menjadi lebih kenyal, bersih, dan cerah serta siap menemanimu beraktivitas seharian.

Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Lindungi kulit kamu dari sengatan sinar matahari, terutama saat matahari berada pada intensitas tertingginya yaitu pukul 11.00 – 16.00. Namun, jika kamu tetap harus beraktivitas pada waktu tersebut, sebaiknya untuk melakukan hal-hal di bawah ini.

  • Menggunakan pakaian pelindung, seperti baju/kemeja lengan panjang, celana panjang, atau topi.
  • Menggunakan tabir surya dengan SPF (sun protection factor) lebih dari 15 dengan menerapkannya sekitar 15 menit sebelum beraktivitas luar. Jangan lupa juga untuk re-apply jika dirasa terlalu lama beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Ingin Awet Muda Bebas Keriput? Coba Microneedling

Istirahat dengan cukup

Kurang tidur tentu bisa membuat kulit kamu tampak lelah, kusam, dan sedikit lebih tua. Terlebih, semakin sering kamu kurang tidur atau begadang, semakin tinggi risiko timbulnya kantung mata yang menghitam di bawah mata. Pastinya kamu tidak menginginkan hal ini terjadikan?  Sebab itu untuk menjadi kondisi prima selama berpuasa dan menjaga kesehatan kulit yaitu kamu harus cukup istirahat.

Lakukan perawatan tubuh dan Estetika

Nah, selain beberapa tips di atas, cara menjaga kesehatan kulit satu ini tentu tidak ada salahnya kamu coba. Yaitu dengan melakukan perawatan kulit tambahan di Klinik Estetika Pandawa. Seperti skin booster, infuse vitamin C, infuse whitening, treatment facial microdermabrasi dan peeling.

Terlebih untuk kamu yang susah membagi waktu perawatan kulit di rumah, kamu bisa mencoba treatment di klinik kecantikan. Dengan kamu melakukan treatment tersebut juga akan membantu kinerja produk kulit atau skincare kesayanganmu lebih oke lagi, lho.

Tapi perlu diingat, jangan salah pilih klinik yaa! Apalagi kalau kamu tergiur hanya karena harga murah. Pilihlah klinik kecantikan yang telah bersertifikasi dan memiliki dokter ahli dibidangnya.

Sebelum kamu melakukan treatment kecantikan sebaiknya kamu juga lakukan konsultasi pada dokter ahli. Klinik Estetika Pandawa memberikan layangan pengobatan untuk penyakit kulit dan kelamin, estetika dan antiaging. Jadi kalau kamu punya masalah langsung saja reservasi secara online di nomor 0821-1141-0672 atau klik link KONSULTASI GRATIS.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)