Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Mengenal Chemical Peeling, Perawatan Tepat Atasi Masalah Kulit Kusam

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Mencoba perawatan wajah memang tidak ada salahnya. Apalagi memiliki kulit wajah bersih, mulus dan tampak awet muda merupakan impian banyak orang. Perawatan yang sekarang ini sedang booming yaitu chemical peeling. Chemical peeling adalah salah satu metode perawatan dengan cara mengangkat lapisan kulit terluar. Manfaatnya pun banyak dan tak hanya wanita saja, pria pun bisa mencoba treatment satu ini.

Buat Sahabat Pandawa yang sudah penasaran dan ingin mencoba manfaat dari chemical peeling ini, yuk kenali lebih dekat…

chemical peeling adalah

Chemical Peeling Adalah Metode Perawatan Tepat Untuk Dapatkan Kulit Cerah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, peeling wajah atau chemical peeling adalah suatu teknik untuk meningkatkan penampilan kulit wajah, leher, maupun tangan. Metode ini dilakukan dengan cara mengaplikasikan larutan kimia pada kulit sehingga membuat pengelupasan pada kulit.

Larutan kimia tersebut akan membuat lapisan kulit terkelupas, namun akan tumbuh kembali dan digantikan dengan sel kulit baru yang lebih halus dan lebih muda. Treatment chemical peeling bisa dilakukan pada semua jenis kulit. Bahkan banyak yang bilang bahwa treatment ini lebih aman ketimbang dengan metode skin laser, lho.

Treatment pengelupasan kulit kimiawi ini biasanya menggunakan bahan berbentuk gel atau cairan seperti air. Lalu, gel atau cairan itu dioleskan ke wajah secara tipis, seperti memakai masker.

Jenis larutan kimia yang digunakan biasanya disesuaikan dengan kondisi kulit pasien dan jenis peeling yang akan dilakukan. Prosedur ini baiknya dilakukan langsung yang sudah berpengalaman seperti dokter kulit.

Baca juga: Amati 6 Tanda Penuaan Dini Ini Bila Wajahmu Tak Ingin ‘Boros’!

Apa saja manfaatnya?

Baik wanita maupun pria, adapun beberapa manfaat chemical peeling adalah:

  • Mengatasi kerutan akibat penuaan atau paparan sinar matahari
  • Mengurangi garis-garis halus yang biasanya ada di sekitar bawah mata dan mulut
  • Mengatasi beberapa jenis jerawat dan bekas jerawat
  • Mengurangi flek hitam, freckles, melasma
  • Mencerahkan kulit kusam dan gelap
  • Meremajakan kulit
  • Mengatasi bekas luka ringan
  • Mencerahkan warna kulit
  • Membuat kulit wajah bersinar, cantik, dan sehat

Indikasi Peeling

Kamu bisa menjalani perawatan kulit dengan metode peeling wajah apabila mengalami kondisi, seperti:

  • Kerutan yang disebabkan oleh penuaan (keriput) dan sinar matahari.
  • Garis halus di bawah mata dan di sekitar mulut.
  • Beberapa jenis jerawat dan bekas jerawat.
  • Hiperpigmentasi, yaitu kondisi ketika bercak pada kulit lebih gelap dari kulit sekitarnya.
  • Warna kulit tidak merata.
  • Kerusakan kulit akibat sinar matahari.
  • Bekas luka ringan pada wajah.
  • Pori-pori besar.
  • Keratosis seboroik.
  • Kutil.
  • Milia.

Baca juga: Masih Muda Sudah Ada Garis Halus? Hati-hati Penuaan Dini

Kamu mungkin tidak disarankan untuk melakukan treatment ini bila memiliki kondisi:

  • Riwayat jaringan parut atau luka yang abnormal
  • Warna kulit terlalu gelap
  • Kondisi pigmentasi berlebihan pada bekas luka
  • Menggunakan pengobatan jerawat selama setahun terakhir
  • Kulit sensitive

Jenis Chemical Peeling

Berdasarkan kedalamannya, ada tiga jenis chemical peeling adalah:

  1. Superficial chemical peeling atau peeling ringan: dimana jenis peeling ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada laposan kulit terluar. Peeling jenis ringan ini biasanya digunakan untuk kulit kering, warna kulit yang tak merata, maupun garis-garis halus di wajah. Bahan untuk digunakan chemical peeling adalah asam salisilat, asalm glikolat atau asam maleat.

  2. Medium chemical peeling atau peeling sedang: Sementara untuk jenis ini chemical peeling adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari lapisan epidermis dan bagian atas dermis. Peeling wajah jenis ini digunakan untuk mengatasi bekas jerawat, kulit kasar, kerutan halus maupun warna kulit yang tak merata. Bahan yang digunakan chemical peeling jenis ini adalah asam trikloroasetat atau asam glikolat.
  3. Deep chemical peeling atau peeling terdalam:  Peeling yang dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati pada lapisan epidermis dan bagian tengah hingga bawah lapisan dermis. Jenis peeling ini biasanya bertujuan untuk mengatasi kerutan wajah yang lebih dalam, kerusakan kulit akibat sinar matahari, bekas luka, atau pertumbuhan kelainan kulit pra-kanker. Peeling dalam menggunakan larutan kimia asam karbolat (fenol) yang dapat menyerap hingga ke lapisan dermis kulit pasien.

Baca juga: Berikut Ragam Cara Ampuh Lenyapkan Bekas Jerawat Kemerahan Layak Di Coba!

Bagaimana prosedur treatment ini?

Kamu bisa mendapatkan perawatan Chemical Peeling di klinik dermatologi dan estetika yang ada di Klinik Estetika Pandawa. Perawatan ini merupakan prosedur one day care dimana setelah melakukan perawatan ini, kamu bisa langsung pulang ke rumah alias tidak rawat inap.

Sebelum melakukan tindakan, akan dilakukan pembersihan wajah terlebih dahulu. Stelah itu akan diberikan larutan kimia seperti asam glikolat, asam trikloroasetat, asam salisilat, asam laktat, atau asam karbol (fenol), ke area kulit kamu. Perawatan ini memberikan efek rangsangan kimia pada muka yang dapat membiarkan kulit baru menggantikannya.

Selama perawatan, kebanyakan orang merasakan sensasi panas yang berlangsung sekitar lima hingga sepuluh menit, diikuti oleh sensasi yang menyengat. Hal ini wajar terjadi dan rasa sensasi tersebut masih dapat ditoleransi. Setelah itu, dilakukan kompres dingin pada kulit yang dapat mengurangi sensasi tersebut.

Setelah melakukan perawatan ini, kulit sementara lebih sensitif terhadap matahari, maka dari itu, gunakan tabir surya dengan SPH diatas 30 setiap harinya untuk memproteksi kondisi kulit kamu. Treatment ini sangat berguna untuk kamu yang memiliki kulit yang kusam dan menginginkan wajah yang cerah, atau lebih cenderung memiliki warna kulit yang tidak rata.

Baca juga: Mau Basmi Komedo Sampai Akar-akarnya? Berikut 9 Cara Ampuh!

Bagaimana hasilnya & apakah ada efek samping?

Selesai treatment ini, kemungkinan kulit kamu akan sedikit mengalami kemerahan, dan kulit mengelupas diarea yang ditindaki. Hal ini akan dialami tiga hingga tujuh hari. Treatment ini dapat dilakukan kembali dengan interval satu bulan sekali sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jika kamu memilih perawatan Deep Chemical Peeling, maka kemungkinan mengalami pengelupasan pada kulit, kemerahan, dan pembengkakan selama tujuh hingga 14 hari kedepan. Perawatan dengan Deep Chemical Peeling dapat diulang dalam enam hingga 12 bulan, jika perlu.

Ketika proses penyembuhan sudah dilewati, kamu akan terkejut dengan hasilnya yang sangat memuaskan! Kulit menjadi lebih halus, cerah, dan lebih kencang, serta jerawat akan lebih berkurang.

Menurut American Society of Plastic Surgeons, efek samping chemical peeling adalah yang umum terjadi kulit kemerahan, kulit kering, timbul sensasi rasa panas atau terbakar, dan kulit membengkak. Tapi semua itu akan kembali normal sebab kulit memiliki kemampuan alami untuk menyembuhkan diri dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Maka dari itu, kamu tak perlu khawatir bila cairan kimia ini akan merusak lapisan kulit yang lebih dalam. Dan pastikan sebelum kamu mencoba treatment ini sudah berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dulu.

Perawatan Chemical Peeling di Klinik Pandawa

Untuk sahabat pandawa yang punya masalah wajah kusam, noda hitam, hiperpigmentasi atau kerutan dan mau mencoba treatment ini, silakan kunjungi klinik estetika pandawa. Ahli atasi kesehatan kulit, anti-aging dan skin care.

Tentunya kamu tak perlu khawatir, sebab kamu akan dilayani oleh dokter ahli dibidangnya dan juga beautician berpengalaman.

Apabila sahabat pandawa membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan layanan kami secara gratis di melalui 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau dapat mengklik link KONSULTASI GRATIS.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)