Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

No More Bibir Kering Selama Puasa Dengan 7 Tips Jitu Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Wah, sebentar lagi sudah lebaran nih. Gimana persiapan kamu? Selain mempersiapkan ibadah lahir dan batin, jangan lupa juga persiapkan penampilanmu, agar tetap prima dan mempesona di hari H Lebaran. Saat menjalani ibadah puasa ini, kamu harus memikirkan kesehatan kulit dengan menjaga asupan selama berpuasa. Kurangnya asupan tentu membuat tubuh kurang hidrasi, sehingga bibir kering, pecah-pecah dan kulit yang kering sering ditemui. Tapi kamu gak perlu khawatir sebab klinikpandawa.id punya beberapa tips cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah!

caa mengatasi bibir kering

Bibir kering merupakan tanda bahwa bibir kurang terhidrasi atau kurang lembap. Apalagi bibir memang tidak memiliki kelenjar minyak layaknya kulit tubuh, sehingga bibir tidak mampu melumasi diri sendiri. Nah, cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah ini tentu aman dan tak sulit kamu lakukan.

7 Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-pecah

Sahabat Pandawa kini tak perlu khawatir dan gak pede bertatap muka lagi. Kamu cukup lakukan tips mudah di bawah ini dengan rutin. Kamu bisa coba di rumah ataupun pergi ke klinik estetika bila diperlukan.

Cukupi dengan banyak minur air putih

Rasanya kamu pasti pernah mendengar ajakan 8 gelas sehari untuk cukupi cairan tubuhmu. Yup, kamu pun bisa penuhi cairan tubuh dengan minum air putih 8 gelas dengan gampang. Cara mengatasi bibir kering selama puasa ini sangat mudah dengan rumus 2-4-2.

Caranya, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat sahur. Hindari minuman berkarbonasi, mengandung banyak gula atau minuman beralkohol seperti soda dan jus, serta yang mengandung kafein.

Jangan Anggap Sepele Luka di Bibir, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Herpes Lho

Hindari menjilat atau menggigit bibir

Jika kamu terbiasa menjilati atau menggigiti bibir yang kering tersebut, ternyata bukan cara yang ampuh, lho. Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah tersebut malah membuat bibir kamu makin kering.

Kandungan enzim pada air liur berfungsi untuk mencerna makanan, bukan menjadikan bibir lebih lembap. Jadi, sebisa mungkin hindari membasahi bibir dengan air liur. Selain bikin kering, bibir kamu juga rentan mengelupas.

Kulit bibir yang mengelupas tersebut baiknya tidak kamu kelopek atau kupas sendiri ya. Sebab selain membuat kulit bibir menipis bisa membuat infeksi yang lebih parah lagi.

Aplikasikan madu

Cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah selanjutnya yang mudah adalah oleskah madu secukupnya sebelum tidur. Pasalnya madu telah dikenal ampuh dalam melembapkan kulit, termasuk bibir. Oleskanlah tiap malam sebelum tidur, agar bibir menjadi lebih halus dan lembut.

Bukan hanya dapat menyingkirkan bibir kering, madu juga bisa membuat bibir tampak lebih cerah, lembap dan merah, lho. Bagi kamu yang memiliki bibir pecah-pecah pun sanagt baik gunakan madu sebab memiliki manfaat memperbaiki jaringan yang rusak. Namun perlu diperhatikan, gunakanah madu asli atau yang organik, ya!

Bosan Dengan yang Alami? Coba Dulu Cara Mengatasi Kulit Kering Paling Ampuh Ini!

Minyak Zaitun

Selain madu yang sudah dikenal ampuh sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecah, kamu juga bisa rasakan manfaat lain dari Minyak zaitun.

Kandungan vitamin E dan antioksidan pada minyak zaitun tak hanya melembapkan bibir, namun juga memperbaiki tekstur bibir pecah-pecah.

Kamu bisa gunakan dengan gosok terlebih dahulu bibir dengan sikat gigi perlahan-lahan, kemudian setelahnya oleskan minyak zaitun secara rutin pada bibir.

Hindari makanan asin dan pedas

Makanan asin yang mengandung garam tinggi dapat mengikat cairan yang ada dalam tubuh. Sedangkan makanan pedas dapat membuat tubuh kehausan sepanjang hari. Jadi sebaiknya kamu hindari makanan ini selama berpuasa, ya.

Tak Perlu Operasi, Dapatkan Bibir Cherry yang Indah dan Sexy ala Artis Korea

Gunakan lip balm secara rutin

Cara ampuh selanjutnya kamu bisa andalkan lip balm atau pelembap bibir sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecahan. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembapan bibir.

Lip balm sendiri sudah dikenal berguna menjaga kelembapan bibir dan menjaga  bibir dari infeksi. Beberapa lip balm juga ditambahkan SPF, setidaknya SPF 15 untuk melindungi bibir dari cahaya sinar matahari. Kamu bisa gunakan lip balm sebelum tidur dan di pagi hari agar bibir lembap sepanjang hari.

Pilih lipstick dan pembersih yang sesuai

Jika kamu tidak bisa lepas dari lipstick carilah lipstick yang mengandung senyawa yang melembutkan bibir. Kamu juga bisa menambahkan lip balm sebelum memakai lipstick kesayangan kamu. Dan ketika ingin membersihkan atau menghapus lipstick kamu juga bisa gunakan minyak zaitun. Caranya mudah dengan tuangkan sedikit minyak zaitun pada kapas atau tisu kemudian balurkan pada bibir hingga lipstick terangkat.

Kulit Tetap Cerah Merona, Ini 7 Tips Jaga Kesehatan Kulit Selama Puasa

Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Eksfoliasi bibir

Bibir kering dan pecah-pecah ditandai dengan menumpuknya sel kulit mati. Untuk itu, penting bagi kamu untuk melakukan eksfoliasi bibir guna menyingkirkannya.

Lakukanlah sebanyak satu hingga dua kali seminggu setelah berbuka. Kamu bisa menggunakan madu yang dicampur dengan gula untuk melakukan scrubbing. Selain dengan bahan alami tersebut kamu bisa manfaatkan cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan bantuan medis atau estetika.

Terlebih untuk kamu yang susah membagi waktu perawatan kulit di rumah, kamu bisa mencoba treatment di klinik kami.

Yaitu dengan lakukan Hollywood facial, selain mengatasi bibir kering, pecah-pecah dan hitam. Metode kecantikan ini juga bermanfaat besar untuk menjaga kesehatan kulit wajah kamu menjalani puasa. Seperti yang dijelaskan diatas, selain tenggorokan yang kering, kulit maupun bibir juga mengalami kekurangan cairan.

Dengan Hollywood facial dari Dermalinfusion Silkpeel, selain mengangkat sel-sel mati, minyak berlebih serta bakteri pada bibir dan kulit, sekaligus menutrisi kulit agar kembali lembap, kenyal, dan cerah.

Kamu bisa dapatkan treatment kecantikan ini hanya di Klinik Estetika Pandawa. Cara kerja yang cepat, minim downtime, bisa terlihat dalam sekali treatment ini juga dibantu oleh beautician handal dan dokter ahli.

Berbeda bila kamu menemukan sariawan atau bintil di area bibir, kemungkinan kamu alami herpes oral atau herpes bibir yang butuh penanganan medis segera. Kamu pun bisa lakukan konsultasi sebelum perawatan dengan dokter ahli di 0821-1141-0672 atau klik link KONSULTASI GRATIS & RESERVASI ONLINE.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)