PEMERIKSAAN PAP SMEAR UNTUK MENDETEKSI DINI PENYAKIT KANKER SERVIKS

Pemeriksaan Pap Smear
Pap smear untuk mendeteksi kemungkinan proses pra-kanker dan kanker pada serviks.

Apa Itu Pemeriksaan Pap Smear?

Pap smear merupakan suatu metode yang dilakukan untuk pemeriksaan sel cairan dinding leher rahim dengan menggunakan mikroskop untuk mendeteksi kanker serviks, yang dilakukan secara mudah, cepat, tidak sakit, serta hasil yang akurat digunakan untuk mendeteksi kemungkinan proses pra-kanker dan kanker pada serviks.

Apa Tujuan Dilakukannya Pemeriksaan Pap Smear?

Tujuan dari deteksi dini kanker servik atau pemeriksaan ini adalah untuk menemukan adanya kelainan pada mulut leher rahim. Meskipun kanker tergolong penyakit mematikan, namun sebagian besar dokter ahli kanker menyebutkan bahwa dari seluruh jenis kanker, kanker servik termasuk yang paling bisa dicegah dan diobati apabila terdeteksi sejak awal. Oleh karena itu, dengan mendeteksi kanker servik sejak dini diharapkan dapat mengurangi jumlah penderita kanker serviks.

Beberapa tujuan dari pemeriksaan pap smear yaitu :

• Untuk mendeteksi pertumbuhan sel-sel yang akan menjadi kanker
  • Mengetahui normal atau tidaknya sel-sel di serviks
  • Mendeteksi perubahan prakanker pada serviks
  • Untuk mengetahui tingkat keganasan kanker serviks.

Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Seorang Wanita Wajib Melakukan Pemeriksaan Pap Smear?

Wanita yang dianjurkan yaitu sebagai berikut:

• wanita yang berusia muda sudah menikah atau belum namun aktivitas seksualnya tinggi
  • wanita yang berganti-ganti pasangan seksual atau pernah menderita HPV (Human Papilloma Virus) atau kutil kelamin
  • wanita yang berusia diatas 35 tahun
  • wanita yang mengunakan pil KB

Bahaya Atau Komplikasi Apabila Tidak Dilakukan Pemeriksaan Pap Smear dan Terjadi Kanker Serviks?

• Rasa sakit yang sangat parah akibat penyebaran kanker akan menyebar ke saraf, tulang, atau otot anda.
  • Gagal ginjal.
  • Penggumpalan darah.
  • Pendarahan berlebih.
  • Fistula.
  • Keputihan abnormal.

Apa Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Pap Smear dan Penyakit yang Dapat Dicegah?

Perihal pemeriksaan ini tidak boleh dianggap ringan dan sepele sebab pemeriksaan pap smear sangat bermanfaat untuk mengetahui secara rinci diagnosis dini keganasan kanker serviks, kanker korpus endometrium, keganasan tuba fallopi, dan mungkin keganasan ovarium dan berguna sebagai perawatan setelah operasi, kemoterapi, dan radiasai serta berguna untuk menentukan proses peradangan pada berbagai infeksi bakteri dan jamur. Oleh karena itu perlu segera konsultasikan ke dokter yang ahli dan berpengalaman agar dapat ditangani segera dengan cara yang tepat.

Bagaimana Pengobatan atau Pemeriksaan Di Klinik Pandawa Jakarta

Kami Klinik Pandawa yang berada di Jakarta memiliki banyak pasien yang telah melakukan pemeriksaan Pap Smear. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam pemeriksaan Pap Smear ataupun pemeriksaan penyakit kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah mendapatkan hasil yang akurat dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau dan murah. Fasilitas yang dimiliki oleh Klinik Pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia  laboratorium, apotik, rontgen dan USG, memiliki alat medis modern termasuk alat laser.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.