Bukan Bengkak Biasa, Perhatikan Dulu Penyebab Penis Bengkak Ini

Penis merupakan organ intim pria yang berfungsi sebagai saluran keluarnya urin dan juga sperma. Keberadaannya yang ‘di bawah’ dan tertutup menjadi sering diabaikan dan terlupakan. Padahal area ini terbilang sensitive dan butuh perhatian khusus dalam perawatannya, karena apa bila tak dijaga maka berbagai penyakit bisa menjangkit. Bermula dari penis bengkak, gatal dan bau bisa menjadi pertanda kamu mengalami gangguan Mr. P.

Tanda-tanda gangguan kelamin seperti penis bengkak tersebut patut diwaspadai. Pasalnya gangguan ini menyebabkan pria sulit buang air kecil hingga kehilangan kenikmatan saat berhubungan seksual. Penyebabnya pun banyak, saat penis bengkak kulit vital pria menjadi memerah dan teriritasi.

Dampaknya pun bisa menjadi gatal dan nyeri. Kamu pun perlu tahu apa saja penyebab yang membuat gangguan ini muncul. Yuk simak terus di bawah ini.

penis bengkak

Penis bengkak

Sebelum kamu mengetahui ke penyebab penis bengkak, organ vital pria ini memiliki beberapa bagian seperti kulit, kulup, kepala penis, saluran kemih atau uretra, serta korpus kavernosa dan spongiosum yang berperan saat proses ereksi.

Di bagian bawahnya terdapat kantong atau buah zakar atau skrotum yang membungkus dan melindungi testis.  Sebagai organ sensitive, penis bisa mudah mengalami masalah, misalnya infeksi atau akibat cedera, penis dapat mengalami pembengkakan dan nyeri.

Penyebab Penis Bengkak

Penis bengkak yang dialami bisa saja disertai dengan gejala lain seperti gatal, bau, atau ada benjolan di penis sehingga lantas membuat masalah baru bagi kehidupan seksual.

Penis bengkak juga pertanda kamu sedang dalam keadaan kurang baik. Kamu pun perlu memperhatikan penyebabnya di bawah ini, diantaranya sebagai berikut:

Balanitis

Penyebab penis bengkak yang pertama adalah balanitis. Balanitis muncul saat kepala penis sedang mengalami peradangan akibat infeksi. Sekitar 3-11% pria di dunia mengalami balanitis dalam hidupnya. Penyakit ini biasanya terjadi pada pria yang belum disunat dan penis tidak terjaga kebersihan dengan baik.

Gejala umum balanitis biasanya muncul kulit penis memerah, kulit menebal, gatal-gatal, keluar aroma tak sedap, nyeri saat kencing hingga pembengkakan kelenjar getah bening di paha atau selangkangan.

Iritasi

Pemicu penis bengkak selanjutnya yakni reaksi alergi atau iritasi, yang dipicu oleh dermatitis kontak. Umumnya, reaksi alergi atau iritasi ini muncul saat penis bersentuhan dengan:

• Kondom berbahan lateks
  • Kandungan dalam pelumas tambahan
  • Spermisida pada wanita (metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan)
  • Bahan kimia pada sabun atau losion
  • Klorin

Bila kamu mempunyai alergi pada benda-benda di atas sebelumnya, hentikan penggunaannya segera untuk menghindari reaksi alergi seperti pembengkakan penis.

Fimosis

Fimosis terjadi saat kulup atau kulit kepala penis melekat pada kepala penis, sehingga kulup tidak bisa ditarik. Fimosis sebenarnya tergolong wajar terjadi dan banyak dialami pada bayi dan anak-anak. Nah seringnya, kondisi ini bisa menghilang sendiri juga setelah masa pubertas.

Namun, bila kondisi ini tak kunjung menghilang setelah pubertas, fimosis berisiko memicu saluran kemih tertutup dan memicu peradangan dan infeksi pada kepala penis atau balanitis. Hal tersebut kemudian tentu bisa membuat penis bengkak dan terasa nyeri.

Parafimosis

Penyebab penis bengkak selanjutnya parafimosis merupakan kebalikan dari fimosis. Paraphimosis apabila kulup penis tersangkut dan sulit ditarik kembali ke semula, maka muncullah bengkak pada penis.

Bila dibiarkan terus menerus, pembengkakan ini bisa memicu penyumbatan aliran darah ke penis. Hal ini membuat gangguan parafimosis sebagai kondisi darurat medis yang harus segera ditangani oleh dokter. Untuk mengatasi dan mencegah adanya parafimosis, dokter biasanya menganjurkan untuk melakukan sunat.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan lubang saluran kemih menjadi meradang, kemerahan, dan penis pun membengkak. Selain bengkak di penis, ISK juga dapat menyebabkan keluhan lain, yaitu adanya darah atau nanah pada urine, serta buang air kecil terasa nyeri dan kurang lancar.

Tanda-tanda ISK ini biasanya kamu akan mengalami nyeri saat kencing, nyeri perut bawah, menggigil, demam, nyeri pada anus, dan warna urin pun berubah.

Penis bengkak akibat peyronie

Selain membuat penis bengkak, peyronie ini bisa membuat penis bengkok atau melengkung, sehingga mengganggu aktivitas seksual. Gangguan ini bisa dipicu oleh kelainan genetik, cedera pada penis, penuaan, dan kelainan pada jaringan ikat penis.

Kanker penis

Dalam kasus yang jarang terjadi, pembengkakan penis juga dapat disebabkan oleh kanker penis. Umumnya, tanda-tanda awal kanker penis yaitu adanya perubahan pada kulit. Akan tetapi beberapa gejala lain seperti kulit penis menebal, kemerahan, hingga cairan dengan aroma tak sedap dari kulup penis, pun bisa terjadi.

Pencegahan penis bengkak

Dalam mencegah terjadinya bengkak pada Mr. P, kamu disarankan untuk mencoba lakukan beberapa cara berikut ini:

• Kurangi penggunaan sabun, parfum, atau losion yang bisa memicu alergi atau iritasi pada penis.
  • Membasuh Mr. P dengan air hangat dan sabun non kimia, misalnya sabun bayi.
  • Gunakan pengaman setiap kali beraktivitas seksual dan hindari kebiasaan berhubungan seks dengan berganti pasangan.
  • Melakukan sunat karena dapat mencegah risiko terjadinya penis bengkak akibat fimosis, ISK ataupun balanitis.

Pengobatan Penis Bengkak di Klinik Pandawa

Bengkak pada Mr. P tentu tak boleh kamu biarkan begitu saja. Selain karena mengganggu, dikhawatirkan akan menimbulkan komplikasi berbahaya seperti yang disebutkan di atas.

Bila kamu sedang mengalami, kamu bisa mencoba penanganan di rumah dengan membasuh Mr. P dengan air hangat, rutin menjaga kebersihan dari kulup penis, tidak memakai pakaian ketat, serta mengurangi pemakaian krim atau losion yang bisa menimbulkan alergi.

Tetapi bilamana penanganan di rumah kurang berhasil dan makin parah, sebaiknya bengkak pada Mr. P harus ditangani oleh dokter menggunakan obat sesuai anjuran.

Untuk itu kamu pun bisa berkonsultasi dengan dokter Kami yang sudah berpengalaman mengatasi segala keluhan penyakit kelamin. Hubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Segala rahasia medis terjamin.

REFERENSI:
Healthline. https://www.healthline.com/health/swollen-penis
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/184715
Web MD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/urethritis-symptoms-causes-treatments#1