Penis Terasa Gatal, Normal Atau Bahaya?

Rasa gatal bisa saja terjadi pada siapa pun dan bisa di bagian tubuh mana pun, begitu juga di area kelamin. Nah pada pria, penis terasa gatal juga bisa terjadi. Bahkan kondisi penis gatal ini bisa mengganggu kehidupan seksual kamu dengan pasangan. Nggak enak, kan, kalau sedang bersama pasangan tiba-tiba ingin garuk? Jadi nggak mood, deh…

Penis terasa gatal sebenarnya menjadi kondisi yang umum terjadi, tak hanya pria saja wanita pun bisa mengalami gatal pada kelamin. Nah, dalam kondisi penis gatal pada pria ini sebaiknya perlu diperhatikan lebih lagi. Karena selain normal, bisa saja kondisi tersebut menjadi pertanda bahaya atau tanda-tanda kamu mengalami gangguan atau masalah pada organ intim kamu lho.

Yuk kita cari tahu bersama mengenai penis gatal di bawah ini.

penis gatal

Penis Gatal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, gatal pada Mr. P memang umum dan bisa terjadi oleh setiap pria di dunia. Apalagi berada di area yang tertutup dan lembap. Kondisi ini juga bisa saja terjadi oleh karena kamu kurang menjaga kebersihan atau juga pertanda ada sesuatu gangguan atau penyakit.

Misalnya saja seperti penyakit infeksi menular seksual. Penyakit ini adalah penyakit kelamin yang paling ditakuti dan perlu kewaspadaan. Pasalnya, penyakit kelamin ini mudah sekali menyebar dan menular melalui aktivitas seksual, baik anal, vaginal maupun oral.

Jadi kamu pun perlu memperhatikan kesehatan dan mengamati perubahan-perubahan yang bisa terjadi pada organ vital kamu. Hindari berganti pasangan seksual dan pakailah selalu pengaman saat berhubungan agar terhindari dari segala kemungkinan buruk.

Tanda & Gejala Penis Gatal

Tak hanya gatal pada penis, gangguan pada Mr. P juga bisa terjadi di area lain dengan ditandai beberapa gejala, diantaranya seperti:

• Gatal di batang penis
  • Gatal di area pubis atau area rambut kemaluan
  • Gatal pada selangkangan
  • Kemerahan di kulit penis
  • Rasa nyeri dan panas
  • Ada benjolan di penis

Nah, kondisi ini bisa dialami berbeda-beda pada tiap individu. Oleh karena itu, kamu perlu berkonsultasi ke dokter bila mengalami berbagai gejala lain yang tidak disebutkan.

Penyebab Penis Gatal

Kondisi penis yang gatal tentunya sangat mengganggu. Selain buat nggak nyaman, rasanya tidak pantas juga bila kamu menggaruknya di tempat umum. Berikut penyebab gatal pada Mr. P dari yang ringan dan butuh pengobatan, diantaranya yaitu;

Kudis

Scabies atau kudis sendiri yakni infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau berukuran kecil bersarang di bawah permukaan kulit area penis. Tungau ini biasa bersembunyi pada lipatan-lipatan kulit, bahkan di area kulit penis pria. Tungau bisa saja menembus lapisan atas kulit untuk dijadikan sarang dan bertelur.

Tanda-tanda kudis diawali dengan rasa gatal yang tak tertahankan pada kulit atau mungkin meninggalkan jejak lubang kecil pada kulit penis. Tungau penyebab kudis ini suka menyebar melalui kontak langsung dengan penderita kudis.

Pubic lice

Penis terasa gatal bisa terjadi oleh ulah parasit yang menempel pada rambut kemaluan manusia. Keadaan ini seringnya menular melalui aktivitas seksual dengan orang yang terinfeksi. Gejalanya diawali gatal di area pubis atau rambut kemaluan dan juga bercak darah atau bercak hitam pada celana dalam yang berasal dari feses dari kutu tersebut.

Dermatitis kotak

Terjadi akibat kontak dengan alergen. Misalnya penggunaan sabun atau bahan karet dari pemakaian kondom. Dermatitis kontak dapat muncul pada penis saat benjolan terangkat dan gatal.

Eksim

Penyebab gatal pada Mr. P selanjutnya bisa disebabkan oleh karena faktor eksim. Dimana suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi kering, meradang hingga gatal kemerahan.

Psoriasis

Psoriasis sendiri merupakan gangguan kulit akibat penyakit autoimun yang bisa terjadi di seluruh bagian kulit, termasuk kulit penis. Reaksi autoimun tersebut memicu pertumbuhan kulit yang cepat hingga membuat sel kulit menumpuk dan terasa tebal. Gangguan kulit ini tampak seperti area yang kemerahan, dan bersisik pada kulit yang gatal.

Herpes Kelamin

Genital herpes atau herpes kelamin dipicu oleh adanya herpes simplex virus (HSV) bisa memicu rasa sakit dan gatal pada penis. Virus ini dapat menetap di dalam tubuh selama bertahun-tahun, sehingga beberapa orang yang terinfeksi HSV tidak menyadarinya. Bersamaan dengan rasa gatal, penyakit ini dapat menimbulkan lepuh kemerahan berisi cairan yang berkelompok pada kulit.

Penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS)

Penyakit infeksi menular seksual tertentu yang ditularkan melalui hubungan seksual dapat memicu gatal pada Mr. P, lecet benjolan, luka, kutil, kemerahan, dan pembengkakan.

Terdapat beberapa jenis IMS, beberapa di antaranya penyakit sifilis, gonore (kencing nanah), kandidiasis, dan HIV/AIDS. Jika memiliki gejala penyakit ini, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Balanitis

Balanitis merupakan kondisi iritasi kulit yang secara khusus mempengaruhi ujung penis. Gejala balanitis diawali Mr. P yang gatal, bau busuk yang berasal dari penis, bengkak, dan nyeri saat buang air kecil.

Kondisi ini biasanya sering dialami oleh pria yang belum disunat. Balanitis sendiri bisa disebabkan oleh infeksi bakteri aerob, jamur, virus, parasit dan lainnya.

Penis gatal Smegma

Tak cuma balanitis, pria yang belum disunat juga rentan mengalami smegma. Smegma sendiri merupakan kondisi penumpukan produksi sel kulit mati dikenal dengan daki, dan minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar di sekitar kepala penis.

Bila kamu malas menjaga kebersihan, bisa terbentuk smegma seperti daki bewarna putih dan menimbulkan cairan lengket di sekitar area Mr. P.

Selain bisa mengeluarkan aroma tak sedap, salah satu penyebab gatal pada penis ini juga bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, dan meningkatkan risiko infeksi bakteri.

Faktor Risiko Penis Gatal

Berikut beberapa faktor yang bisa memicu kamu mengalami kondisi gatal pada penis, di antaranya

• Pemakaian celana ketat
  • Kurang menjaga kebersihan penis
  • Tak menggunakan pengaman saat beraktivitas seksual
  • Berganti pasangan seksual

Kapan harus ke dokter?

Bila sahabat pandawa mengalami kondisi gatal pada penis dengan tidak wajar dan disertai keluhan lain seperti keluar nanah, cairan putih, benjolan di kelamin yang cenderung bahaya. Jangan ragu untuk periksakan diri pada dokter kulit dan kelamin terpercaya.

Kami merekomendasikan Klinik Pandawa sebagai salah satu klinik terbaik dalam menangani pasien kulit dan kelamin. Tak hanya melayani pasien dengan keluhan gatal pada Mr. P, kami juga melayani pasien dengan keluhan vagina gatal.

Apabila kamu memerlukan informasi lebih lanjut mengenai pengobatan dan tindakan efektif, segera hubungi kami lewat nomor 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA). Kami menyediakan konsultasi online secara GRATIS untuk memudahkan kamu berkonsultasi. Rahasia terjamin!