Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Masih Muda Sudah Ada Garis Halus? Hati-hati Penuaan Dini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Sahabat pandawa yang masih berusia muda pernah nggak ketika sedang asik berkaca, tiba-tiba menemukan garis-garis halus di bawah mata atau noda-noda hitam? Jangan-jangan kamu mengalami penuaan dini, nih. Timbulnya garis halus atau kerutan di wajah memang buat tak pede, apalagi terbilang masih di usia muda. Penyebab penuaan dini juga banyak faktornya. Banyak kebiasaan-kebiasaan yang tak sengaja memicu kondisi ini. Yuk kita bahas lebih lanjut soal penuaan dini di bawah ini ya!

penyebab penuaan dini

Apa sih penuaan dini itu?

Makin bertambahnya usia maka tubuh juga akan mengalami penuaan yang mana menjadi proses alamiah pada tubuh. Nah, seseorang bisa dikatakan mengalami penuaan dini apabila mengalaminya sebelum berusia 35 tahun. Dan setiap proses ini pada tiap individu bisa berbeda-beda.

Tanda penuaan yang bisa terlihat dari proses ini misalnya ditandai dengan munculnya garis-garis halus atau kerutan pada wajah atau kulit, tekstur kulit yang berubah, penurunan fungsi sensorik, hingga penyakit.

Penyebab penuaan dini

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bila penyebab penuaan dini ini terdapat kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu munculnya proses penuaan. Dan seringkali, kebiasaan ini tak sadar bisa mempercepat proses penuaan. Adapun kebiasan-kebiasaan yang bisa menjadi penyebab penuaan dini, diantaranya adalah

Kebiasaan terpapar sinar matahari

Paparan sinar matahari menjadi penyebab penuaan dini yang utama. Paparan sinar UV-nya bisa merusak salah satu jaringan kulit bernama elastin. Dimana ketika jaringan tersebut rusak, kulit akan rentan kendur dan keriput. Sehingga menyebabkan kulit kembali ke keadaan semula.

Tak cuma itu saja, sering terkena paparan sinar matahari ini bisa menimbulkan produksi bintik-bintik penuaan berwarna kecokelatan yang termasuk pada hiperpigmentasi, bisa ada di area wajah, melasma, kulit tangan maupun area tubuh yang sering terpapar sinar matahari langsung.

Radiasi sinar matahari bisa saja membuat kulit menjadi cenderung gelap dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk itu, mulai sekarang sebaiknya sahabat pandawa menggunakan tabir surya atau sunscreen tiap kali sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Kebiasaan marah-marah hingga stress

Tidak dipungkiri jika stres atau kemarahan tak bisa dihindari sepenuhnya. Daripada marah dan menyimpan amarah sebaiknya cari cara yang lebih baik untuk melepaskan emosi berlebih seperti dengan olahraga, yoga, atau aktif dalam keterlibatan sosial.

Pasalnya dari kebiasaan sahabat pandawa yang sering marah-marah atau suka stress bisa menjadi penyebab penuaan dini, lho. Memilik untuk tidak bisa relax atau santai bahkan tak mengenal kompromi bisa ‘memperkeras’ tubuh. Terlalu sering emosian juga berisiko penyakit jantung sementara depresi terkait penuaan.

Tubuh bisa saja menjadi tegang dan memicu proses penuaan. Tubuh melawan stres dan trauma rahang menjadi kaku, mengerutkan kening, dan menjatuhkan bahunya. Postur seperti itu dapat memperburuk kondisi fisik kamu lho, bila setiap saat dilakukan.

Kebiasaan tidur yang buruk

Seringnya tidur telat, membuat tubuh jadi cepat lelah di pagi hari. Kebiasaan ini pula bisa menjadi penuaan dini yang sering dilakukan dengan tak sengaja.

Dalam penelitian ditunjukan bila orang yang mengalami gangguan tidur kronis bisa meningkatkan risiko-risiko gangguan kulit, dan membuat wajah terlihat lebih tua. Kebiasaan tidur yang buruk dapat mempengaruhi penampilan seseorang agar terlihat lebih segar.

Begitupun ketika sahabat pandawa salah posisi tidur. Posisi tidur yang salah bisa saja membuat kulit cepat keriput. Selama tidur tersebut kulit melakukan regenerasi. Maka, tengkurap atau menempelkan wajah pada bantal dengan waktu lama bisa memicu lipatan wajah.

Penuaan dini akibat Merokok

Kebiasaan merokok ini juga menjadi salah satu faktor penyebab penuaan dini muncul di usia muda. Pasalnya, para perokok lebih cepat mengalaminya karena adanya kerusakan jaringan tubuh oleh akibat masuknya zat-zat racun dari rokok.

Kebiasaan merokok akan mempercepat timbulnya kerutan dan membuatnya terlihat menjadi lebih jelas, wajah juga bisa berubah menjadi kusam oleh kebiasaan ini. Jadi, jika ingin awet muda lebih lama, cobalah untuk tidak merokok.

Konsumsi alkohol

Tidak berbeda jauh dengan kebiasaan merokok, kebiasaan mengonsumsi minuman keras seperti alkohol juga dapat menyebabkan masalah kulit. Hal ini otomatis akan merusak jaringan kulit oleh sebab efek radikal bebas. Apalagi, bila sahabat pandawa tidak menjaga pola makan, sering terpapar sinar matahari dan cenderung stress, makan semakin cepat pula proses penuaan dini.

Sementara itu, alkohol cenderung menurunkan kadar vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C, pada dalam tubuh. Ketiga vitamin ini merupakan antioksidan yang penting untuk regenerasi sel baru.

Proses menua sejak dini bisa sahabat pandawa hindari. Caranya, adalah dengan mengubah kebiasaan buruk sahabat pandawa dan merawat kulit dengan baik, agar kamu pun bisa memiliki kulit sehat, dan awet muda senantiasa. Seringlah mengonsumsi air putih dan rutin berolahraga juga memberikan dampak positif bagi kulit kamu.

Treatment Agar Kulit Awet Muda

Sahabat pandawa yang ingin mendapatkan kulit yang sehat, anti-aging dan tampak awet muda selalu, bisa melakukan treatment atau perawatan untuk menunjang kesehatan kulitmu.

Bebaskan kulit wajahmu dari noda-noda hitam atau flek, wreckles (kerutan), garis halus dan kulit kusam. Banyak treatment penuaan dini yang bisa kamu dapatkan di klinik pandawa.

Sebagai klinik estetika, anti-aging & skin care, klinik pandawa memiliki teknologi-teknologi sebagai modalitas dan unggulan.

Bagi Sahabat pandawa yang ingin melakukan perawatan kecantikan optimal, nikmati promo kecantikan kami di sini. Sahabat Pandawa bisa segera reservasi atau buat janji melalui melalui konsultasi atau hubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 WhatsApp / SMS / telpon. Kami dengan senang hati melayani Anda. 

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)