Klinik Pengobatan Penyakit Kencing Nanah (Gonore)

Bakteri gonore

Gonore (Kencing nanah)

Gonore adalah salah satu dari penyakit menular seksual cukup berbahaya atau PMS adalah infeksi menular seksual yang tersebar akibat adanya hubungan intim. Adapun gejala gonore  ini memiliki ciri antara lain, munculnya ruam atau lepuhan dan rasa nyeri di area kemaluan.

Penyakit gonore yang memicu pengidapnya mengalami kencing nanah ini pasalnya dipicu oleh infeksi bakteri berbahaya. Penyakit ini menyebabkan kencing nanah bagi beberapa pengidapnya, bahkan ada beberapa pengidap yang tidak mengalami gejala yang terlihat.

Sementara itu, penyakit gonore ini bisa ditularkan melalui kontak cairan seksual baik secara anal, vaginal maupun oral. Tak hanya didominasi oleh pria, wanita pun bisa terinfeksi penyakit kelamin ini. Penyakit ini perlu diwaspadai, karena selain bisa menular juga dapat membahayakan ibu hamil yang mana berpeluang menularkan pada anak dalam kandunga dan komplikasi lainnya.

Ketahui lebih lanjut mengenai penyakit gonore (Kencing nanah)

Salah satu bakteri penyebab penyakit gonore yakni bakteri gonococcus yang paling sering didapati di cairan Mr P atau Miss V dari orang yang terinfeksi. Itulah sebabnya berhubungan seksual dengan pengidap, baik secara oral maupun anal, menggunakan mainan seks yang sudah serta tidak menggunakan pengaman, menjadi penyebab Anda tertular penyakit gonore.

Seperti yang sudah disebutkan, Ibu hamil yang mengidap penyakit gonore berpotensi menularkan penyakit tersebut pada bayinya saat proses kelahiran. Bakteri gonore ini bisa menyerang organ mata bayi, sehingga bayi berisiko mengalami kebutaan permanen. Sedangkan pada orang dewasa, bakteri gonore dapat menyerang anus, serviks (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan.

Perlu diingat, bakteri gonococcus tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia. Otomatis penyakit ini pun tak bisa menyebar melalui dudukan toilet, berbagi peralatan makan atau handuk, ciuman, ataupun di kolam renang.

Kenali Gejala Gonore (Kencing nanah)

Gejala penyakit gonore pada laki-laki

Umumnya, infeksi akan mulai menunjukkan gejala seminggu setelah terinfeksi. Gejala awal yang bisa Anda sadari adalah ketika rasa nyeri saat buang air kecil hingga sensasi panas.

Berikut beberapa gejala dan tanda-tanda lain, diantaranya

• Adanya cairan nanah keluar dari penis, bisa bewarna krem hingga kehijauan
  • Bau tak sedap saat buang air kecil
  • Nyeri dan terasa bengkak pada area testis
  • Bengkak di ujung penis
  • Demam tinggi

Gejala penyakit gonore pada wanita

Berbeda dengan pria, gejala gonore pada wanita susah diidentifikasi sebab gejalanya bisa mirip dengan infeksi lain. Seperti infeksi jamur vagina, sehingga beberapa wanita sala mengira infeksi yang dialaminya.

Berikut beberapa tanda yang Anda kenali dari penyakit gonore

• Adanya cairan yang keluar dari vagina bisa berupa krim dengan warna kehijauan
  • Buang air kecil terasa nyeri dan ada sedikit sensasi panas
  • Rasa sakit saat berhubungan seksual
  • Bengkak pada area vulva
  • Muncul bercak darah di luar masa menstruasi

Gejala di bagian tubuh lainnya

Selain mengganggu kenyamanan di area vital, penyakit gonore pun bisa menyerang bagian tubuh lainnya, lho, diantaranya adalah:

• Mata: gonore juga bisa mempengaruhi organ mata dengan memberikan rasa sakit, sensitive terhadap cahaya, dan munculnya cairan diujung mata
  • Tenggorokan: selain mata, gonore pun bisa mengganggu tenggorokan, memberikan radang dan bengkak di kelenjar getah bening di bagian leher
  • Anus: di area anus atau dubur ini juga bisa muncul rasa gatal, adanya cairan seperti nanah, higga bercak darah saat buang air kecil
  • Sendi: bakteri gonore dalam tubuh pun bisa menyerang persendian, dimana akan menimbulkan septic arthritis, bengkak, nyeri sakit terutama saat bergerak.

Bagaimana Penularan Penyakit Gonore?

Sebelum menuju topik pengobatan gonore, baiknya kamu mengenal dahulu penularan penyakit kelamin ini. Penyebab penyakit gonore ini yaitu adanya bakteri Neisseria gonorrhoeae, yang bisa berpindah dan menular melalui aktivitas seksual yang tak sehat dan aman. Baik melalui penetrasi vaginal, anal ataupun oral serta alat bantu seksual atau sex toys.

Ibu hamil yang terinfeksi gonore pun kemungkinan besar bisa menularkan bakteri ini pada bayinya. Lebih dari 50 persen infeksi gonore pada wanita tak menunjukkan tanda-tanda. Sehingga besar pula risiko penularan dan komplikasi yang bisa disebabkan.

Bisakah sembuh secara total?

Bagi sahabat pandawa yang bertanya apakah bisa penyakit gonore ini dapat disembuhkan? Jawabannya bisa. Asalkan sahabat pandawa melakukan perawatan dan konsumsi obat sesuai anjuran dokter hingga tuntas.

Untuk mengobati gonore, dokter biasanya akan memberikan suntikan antibiotik sebanyak satu kali dan satu tablet antibiotik pada pasien. Kurang lebih setelah pengobatan awal satu sampai dua minggu pasien perlu kembali lagi untuk mengecek ulang dan memastikan bahwa bakteri gonore sudah benar-benar hilang.

Untuk mencegah penularan sebaiknya Anda tidak dianjurkan melakukan hubungan intim untuk sementara, hingga perawatan tuntas dan pemeriksaan menunjukkan negatif.

Apakah bisa kambuh lagi?

Untuk sahabat pandawa yang bertanya, bisa kah penyakit ini datang kembali, jawabannya tentu bisa. Hal ini karena Anda tidak melakukan hubungan sehat dan aman. Sebagai pencegahan untuk kambuh lagi, Anda tidak bergonta-ganti pasangan dan selalu memakai pengaman.

Pencegahan yang bisa dilakukan Anda tidak bergonta ganti pasangan dan ketahui dahulu riwayat seksual dari pasangan Anda. Dan jangan ragu untuk melakukan tes penyakit menular seksual.

Komplikasi Gonore

Penyakit Gonore yang tidak diobati dengan baik dapat menimbulkan komplikasi. Wanita lebih mudah terkena komplikasi Gonore dibanding pria. Komplikasi Gonore yang dapat muncul pada pria adalah epididimitis dan luka pada saluran kencing.

Sedangkan komplikasi penyakitgonore yang dapat muncul pada wanita adalah radang panggul dan sumbatan pada saluran telur. Kondisi ini dapat memicu terjadinya hamil anggur atau kehamilan ektopik.

Kapan harus ke dokter?

Pengobatan gonore disesuai dengan melihat gejal-gejala yang dirasakan. Anda akan terlebih dulu berdiskusi dan wawancara dengan dokter. Untuk memastikan Anda akan melewati tahap skrining dengan cek laboratorium.

Beberapa pertanyaan yang sering di ajukan oleh pasien sebagai berikut :

1. Apa penyebab gonore pada wanita?

Gonore adalah penyakit menular seksual. Penyakit ini biasanya disebabkan pelaku seks bebas melalui oral, anal atau vaginal. Perempuan sistem reproduksi (saluran tuba, serviks dan uterus)

1. Apakah gonore bisa disembuhkan?

Apabila Anda merasakan gejala gonore. Maka, ada beberapa tahapan penyembuhan. Karena gonore adalah penyakit menular, ada kemungkinan bahwa dokter juga akan meminta pasangan Anda untuk bergabung tes penyakit kelamin untuk memastikan infeksi tidak menyebar.

1. Apa penyebab gonore?

Penyebab gonore adalah infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini biasanya mudah ditularkan melalui hubungan intim, termasuk oral seks dan anal seks. Para pekerja seks komersial lebih rentan terinfeksi. Maka hindari perbuatan tidak terpuji supaya Anda tidak mengalami gejala gonore.

1. Berapa lama gonore akan pulih?

Jika berhasil terdeteksi pada tahap awal (misalnya, infeksi saluran kemih baru), gejala mulai mereda dalam waktu 24 jam

Gonore bisa disembuhkan sekitar dua hari setelah pengobatan – meskipun, sekali lagi, Anda harus terus minum obat sampai waktu yang ditentukan oleh dokter.

1. Kapan terjadi ?

Biasanya muncul 1-10 hari setelah penularan bakteri terjadi. gonore khusus pada wanita, gonore yang dapat terjadi antara lain: putih pada lebih dari biasanya. Keputihan berwarna kuning atau hijau

1. Apa perbedaan antara sifilis dan gonore?

Oleh sabab itu, sipilis dan gonore adalah dua jenis IMS. Gonorrhea ini sering juga disebut GO. Ini semacam paling PMS umum. Dalam beberapa hari setelah hubungan seksual dengan seseorang tanpa menggunakan kondom.

Pengobatan Gonore di Klinik Pandawa

Bagi sahabat pandawa yang mengalami penyakit ini kami merekomendasi untuk segera kunjungi ke dokter ahli kulit dan kelamin yaitu Klinik Pandawa.

Untuk mendiagnosis penyakit ini, biasanya dokter kami akan mengambil sampel cairan di penis maupun vagina dan dubur. Pada kasus tertentu dokter juga akan meminta sampel darah yang kemudian akan diperiksa di laboratorium.

Sebagai pengobatannya, dokter akan memberikan beberapa antibiotik baik suntik maupun tablet. Setelah Anda mengonsumsinya, Anda akan terasa mendingan dalam beberapa hari. Pengobatan gonore yang dilakukan juga harus tuntas dan sesuai anjuran dokter.

Anda pun juga dianjurkan membawa pasangan untuk ikut diperiksa untuk mengecek penularan. Selama pengobatan Anda juga dianjurkan tidak melakukan aktivitas seksual.

Jika Sahabat Pandawa membutuhkan informasi lebih lanjut bisa berkonsultasi gratis secara online pada dokter kami dengan caranya dapat klik layanan konsultasi atau bisa langsung menelepon / WA / SMS ke nomor HP:  0821-1141-0672.