Meski Tak Menular, Penyakit Kulit Eksim Patut Diwaspadai

Sahabat pandawa tentu tak asing dengan penyakit kulit satu ini yaitu penyakit kulit eksim. Seringnya, keberadaan penyakit kulit ini membuat penderitanya merasakan gatal yang luar biasa, ruam-ruam merah muncul, kulit kering, nyeri panas, pecah-pecah hingga kasar. Kemunculannya bisa dialami oleh semua umur dan di bagian tubuh manapun serta mengganggu penampilan kamu.

Mulai dari pengaruh genetik atau keturunan, gangguan sistem kekebalan tubuh, faktor lingkungan, aktivitas yang membuat kulit jadi sensitif, serta kuman mudah masuk, menjadi dugaan pemicu penyakit kulit eksim terjadi.

Meski tak menular, penyakit kulit ini patut diwaspadai. Yuk kita cari tahu bersama seputar penyakit kulit eksim, di bawah ini.

penyakit kulit eksim

Apa itu penyakit kulit eksim ?

Sering disebut sebagai dermatitis atopik, eksim merupakan gangguan kondisi yang membuat kulit kemerahan, gatal, kulit mengering dan sensasi panas.

Penyakit yang bisa di alami oleh semua umur ini, bersifat kronis atau bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Ditambah penyakit ini juga bisa hilang dan timbul alias kambuhan.

Apalagi pengidapnya punya riwayat penyakit asma maupun alergi. Biasanya, penyakit ini bisa muncul pada bagian kulit kepala, tangan, wajah, punggung dan juga kaki yang tentu menimbulkan rasa kurang nyaman dan mengganggu penampilan.

Keinginan menggaruk area gatal karena penyakit kulit eksim ini sebenarnya harus ditahan, karena akibatnya bisa menimbulkan infeksi parah pada kulit. Untuk itu sebaiknya untuk mengatasi penyakit kulit ini kamu dianjurkan untuk ke dokter kulit terpercaya.

Gejala dan Tanda

Tanda dan gejala penyakit kulit eksim pada tiap orang berbeda-beda. Beberapa kasus mengatakan bila penyakit ini biasanya timbul di area tangan, siku, lutut, dan punggung atau bahkan muncul di area vital.

Penyakit kulit eksim ini akan memicu rasa gatal yang luar biasa pada malam hari sehingga mengganggu tidur dan aktivitas yang dilakukan di malam hari. Tak hanya ditemukan pada anak-anak, orang dewasa pun juga bisa mengidap penyakit kulit kronis ini.

Berikut beberapa tanda-tanda penyakit eksim yang harus kamu ketahui, antara lain:

• Kulit akan terasa kering
  • Kulit menjadi kemerahan, terutama di area-area tangan, kaki, dada, dan kelopak mata
  • Gatal-gatal, biasanya akan bertambah parah di malam hari
  • Bila kamu alami eksim otomatis kulitmu akan menebal, pecah-pecah, dan bersisik
  • Adanya  bentol-bentol berisi carian atau nanah, kemudian akan pecah saat digaruk dan menjadi infeksi atau luka
  • Seringnya kulit gatal tersebut makin bengkak, sensitif, dan terasa perih akibat garukan
  • Biasanya ruam-ruam ini akan berlangsung selama kurang lebih 3 minggu
  • Sementara untuk anak bayi dan sepantarannya akan menjadi rewel dan gelisah akibat rasa gatal yang hebat tersebut,

Penyebab & Faktor Pemicu Penyakit eksim

Pasalnya, penyakit kulit eksim belum diketahui secara pasti yang memicunya. Hanya saja beberapa studi menyatakan bila penyakit ini muncul akibat ketidakmampuan kulit memperbaiki kerusakan karena mutasi gen fillagrin.

Ditambah lagi bila memiliki penyakit asma, rhinitis atau radang hidung, atau memiliki keluarga yang menderita eksim maka lebih rawan juga mengalami penyakit kulit eksim.

Sementara itu, penyakit kulit eksim juga bisa dipicu oleh beberapa faktor luar, meliputi:

• Punya alergi terhadap debu, makanan, serbuk sari tanaman, polusi, maupun bulu hewan;
  • Kebiasaan mandi dalam waktu yang lama;
  • Kulit sering berkeringat;
  • Cuaca atau udara yang kering dan dingin;
  • Kebiasaan menggaruk kulit;
  • Memakai busana kain yang terbuat dari sintetis atau wol;
  • Memakai sabun atau pembersih yang terbuat dari bahan kimia berbahaya;
  • Stress;
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah; dan
  • Perubahan penurunan jumlah protein atau fillagrin pada kulit yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap dalam kelembaban yang normal.

Karena itu, cara penanganan penyakit kulit eksim yaitu dengan mendeteksi dan menghindari pemicunya. Apabila tanda-tanda penyakit kulit tersebut terlanjur muncul duluan, kamu pun bisa melakukan beberapa langkah perawatan di rumah untuk mengurangi gejala.

Namun bila sudah kronis dan membutuhkan penanganan intensif, jangan ragu datang ke klinik kulit terbaik.

Apakah eksim bisa sembuh total?

Penyakit eksim sebenarnya ini tidak bisa disembuhkan secara keseluruhan, tapi perawatan yang tepat bisa membantu mengendalikan dan meringankan gejalanya.

Biasanya dokter akan merekomendasikan obat untuk mengatasi gejalanya. Ada obat krim untuk mengontrol rasa gatal dan memperbaiki kulit, obat antibiotik bila kulit kamu sudah mengalami infeksi dan timbul luka terbuka.

Kemudian ada obat oral ataupun suntik. Pengobatan ini digunakan untuk mengobati penyakit kulit eksim yang parah dan susah membaik dengan pengobatan lainnya.

Selain obat-obatan diatas, penyakit eksim juga bisa diatasi dengan beberapa perawatan intens seperti berikut;

• Terapi cahaya. Perawatan dengan terapi cahaya atau light therapy bermanfaat untuk pengidap penyakit kulit eksim yang tidak kunjung membaik setelah melakukan perawatan topikal atau yang penyakitnya cepat kambuh lagi setelah perawatan.

Perawatan ini juga bisa kamu lakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari alami dalam batas yang normal, dan tidak terlalu lama
  • Wet dressing. Perawatan wet dressing efektif untuk mengatasi penyakit kulit eksim yang parah. Metodenya seperti dengan membalut area terinfeksi dengan kortikosteroid topikal dan perban basah.

Kapan kamu harus periksa ke dokter?

Kamu harus segera periksa ke dokter bila mengalami tanda-tanda di bawah ini.

• Susah tidur akibat rasa gatal yang memburuk pada malam hari.
  • Aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.
  • Kulit terasa sakit.
  • Kulit muncul gerutan merah, ada yang bernanah atau berair, juga keropeng dan biasanya perih
  • Sudah mencoba banyak obat tapi belum berhasil
  • Pandangan menjadi terganggu.

Bila kamu atau buah hati mengalami berbagai gejala tersebut, sebaiknya jangan tunda untuk memeriksakan ke dokter.

Kamu pun bisa berkonsultasi pada dokter ahli kulit dan kelamin, seperti Klinik Pandawa. Salah satu klinik penyakit kulit terpercaya ini telah berpengalaman mengatasi berbagai keluhan gatal pada kulit seperti eksim maupun dermatitis.

Tunggu apalagi, segera konsultasi dengan dokter ahli kami dan buat janji di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layananKami siap melayani.

Referensi:
mayoclinic.org. Atopic dermatitis (Eczema)
healthline.com. What Are the 7 different types of eczema?