Kulit Bersisik dan Nyeri? Waspada Penyakit Kulit Psoriasis

Sahabat Pandawa pernah mendengar penyakit kulit psoriasis? Situasi ini muncul saat di mana kulit memerah, bengkak, nyeri dan kerak seperti bersisik yang tentu sangat gatal. Seringnya, kerak ini muncul pada bagian siku, lutut, kulit kepala, dan bagian punggung bawah. Tetapi, bisa juga kerak-kerak tersebut akan muncul di area tubuh lainnya. Adanya gangguan kulit ini tentu saja sangat mengganggu dan membuat percaya diri menurun.

Lalu seperti apa penyakit psoriasis ini? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Psoriasis?

Psoriasis sebenarnya adalah penyakit autoimune kronis yang menyerang kulit. Gangguan kulit ini memiliki sifat kronis atau dalam waktu lama. Penyakit kulit psoriasis ini membuat penderitanya mengalami pergantian kulit yang telalu cepat dan mengganggu.

Kepada pengidap proses pergantian kulit ini bisa terjadi hanya dalam beberapa hari saja. Sebab itu, sel-sel kulit tak ada waktu untuk lepas. Proses berlebihan ini mengarah pada penumpukan sel-sel kulit.

Penyakit kulit psoriasis seringnya berada di persendian, seperti siku maupun lutut kaki. Tetapi gangguan kulit ini juga bisa muncul di mana saja pada tubuh, termasuk:

• Tangan
  • Kaki
  • Leher
  • Wajah
  • punggung

Penyakit kulit psoriasis yang kurang umum terkadang muncul mempengaruhi kuku, mulut, dan area di sekitar kelamin. Menurut sebuah penelitian, umumnya dikaitkan dengan beberapa kondisi lain, termasuk:

• diabetes tipe 2
  • penyakit radang usus
  • penyakit jantung
  • radang sendi psoriatik
  • Kegelisahan
  • Depresi

Jenis-jenis Psoriasis

Setidaknya ada lima jenis gangguan kulit ini ini, antara lain:

1. Psoriasis Plak. Jenis psoriasis plak ini adalah yang paling umum. Ini memicu bercak kemerahan dan meradang yang menutupi area tersebut. Bercak yang meradang ini sering dikelilingi sisik-sisik tebal atau plak keputih-putihan. Plak ini sering berada di area siku, lutut maupun kulit kepala.
  2. Psoriasis Gutate. Gejala untuk psoriasis gutate seperti bintik bintik kecil ruam dan biasanya muncul pada tubuh bagian atas, punggung, lengan, kaki dan perut.
  3. Psoriasis Pustular. Penyakit kulit ini seringnya ditemukan pada orang dewasa. Kondisi ini memunculkan kulit melepuh, berisi nanah dan area yang luas dari kulit yang meradang. Psoriasis jenis ini umumnya terlokalisasi pada area tubuh yang lebih kecil, seperti tangan atau kaki, tetapi bisa meluas.
  4. Psoriasis Terbalik / Inverse Psoriasis. Gangguan kulit jenis ini menimbulkan area kulit merah, mengkilap, meradang. Bercak-bercak psoriasis yang ada bisa muncul di bawah ketiak atau payudara, di pangkal paha, atau di sekitar lipatan kulit alat kelamin.
  5. Psoriasis Eritrodermik. Erythrodermic psoriasis merupakan jenis gangguan kulit cukup parah dan sangat jarang. Bentuk ini sering menutupi sebagian besar tubuh sekaligus. Kulit hampir tampak terbakar matahari.

Sisik kulit yang berkembang sering mengelupas pada sebagian besar atau lembaran. Kebanyakan seseorang dengan jenis penyakit kulit psoriasis ini mengalami demam. Jenis ini dapat mengancam jiwa, sehingga kamu pun harus segera mengunjungi dokter.

Ciri dan Tanda-tanda

Ciri dan tanda-tanda psoriasis berbeda dari orang ke orang dan tergantung pada jenis psoriasis. Gejala dan ciri ciri psoriasis yang paling umum meliputi:

• bercak merah, terangkat, meradang kulit
  • timbangan keputihan-keputih-perak atau plak di tambalan merah
  • kulit kering yang bisa pecah dan berdarah
  • rasa sakit di sekitar tambalan
  • sensasi gatal dan terbakar di sekitar bercak
  • tebal, kuku diadu
  • menyakitkan, sendi bengkak

Tidak setiap orang akan mengalami semua gejala ini. Beberapa orang mengalami gejala yang berbeda sepenuhnya jika mereka memiliki jenis kurang umum dari psoriasis.

Kebanyakan orang dengan psoriasis mengalami “siklus” gejala. Kondisi ini bisa memicu gejala parah selama beberapa hari atau minggu, dan kemudian gejalanya dapat hilang dan hampir tidak terlihat.

Setelah itu, dalam beberapa minggu kemudian bila diperburuk karena pemicunya, kondisi psoriasis bisa menjadi kembali meningkat. Kadang-kadang, gejala psoriasis hilang sepenuhnya.

Pada waktu kamu tak mempunyai indikasi tanda-tanda aktif dari kondisi ini, Sahabat Pandawa mungkin dalam “remisi.” Itu tidak berarti gangguan kulit ini tidak akan kembali, tetapi untuk sekarang Anda bebas gejala.

Penyebab

Gangguan kulit ini dikenal pula penyakit menahun dampak rendahnya imunitas tubuh atau autoimun, yakni terjadinya penebalan kulit di berbagai tempat di tubuh seperti muka dan kulit kepala dan sel-sel kulit mati diproduksi secara berlebih.

Sampai sekarang penyebab gangguan kulit ini oleh para dokter dan ahli kesehatan belum diketahui secara persis. Tapi itu bisa disebabkan pelepasan zat dalam kekebalan tubuh sebagai akibat dari peningkatan aktivitas sel-sel kekebalan di kulit yang merangsang produksi sisik.

Gangguan kulit ini diduga dipicu oleh karena autoimun tubuh menyerang sel-sel kulit yang sehat. Namun, ada pula penyebab lainnya, antara lain:

• Adanya pengaruh lingkungan dan faktor gen;
  • Faktor keturunan;
  • Adanya infeksi tenggorokan;
  • Cedera pada kulit;
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol; dan
  • Konsumsi obat-obatan bertekanan darah tinggi serta obat antimalaria.

Apakah Penyakit Kulit Psoriasis Menular?

Psoriasis tidak menular. Sahabat pandawa tidak bisa menularkan kondisi kulit dari satu orang ke orang lain. Menyentuh luka kulit pada orang lain pun tidak memicu kamu mengalami kondisi ini.

Hal ini penting untuk dididik tentang kondisi ini, karena banyak orang berpikir psoriasis menular.

Pencegahan Penyakit Kulit Psoriasis

Pencegahan gangguan kulit ini tidak diketahui secara pasti. Namun, orang dengan gangguan kulit inibisa mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari penyebaran dan lebih sulit untuk menyembuhkan. Beberapa cara pencegahan itu adalah:

• Jaga kebersihan dan kesehatan kulit termasuk pada kulit kepala. Ketika kulit terasa gatal, hindarilah menggaruk dan mengupas kerak kulit yang terbuka. Dan jaga kulitmu agar tidak terluka.
  • Jaga kelembapan tubuh dengan sering memakai pelembab serta mengurangi berada di ruangan yang kering dan dingin.
  • Menghindari konsumsi minuman beralkohol. Konsumsi alkohol berlebih dapat mengakibatkan psoriasis semakin menyebar.
  • Menjaga stamina tubuh dengan rutin berolahraga dan mengontrol berat badan. Hal ini juga tentu baik untuk menghindari stres akibat terkena penyakit kulit psoriasis.

Penanganan Gangguan Kulit Psoriasis di Klinik Pandawa

Meski bukan jenis menular, penyakit kulit psoriasis harus ditangani sejak dini sebelum berlarut lama dan parah. Salah satu dari Sahabat Pandawa yang mengidap gangguan kulit ini seperti ciri-ciri di atas, sebaiknya segera konsultasikan kepada Kami.

Para dokter ahli professional Klinik Pandawa siap mengatasi, dibantu alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Sahabat Pandawa yang ingin berobat.

Butuh informasi dan pengobatan lebih lanjut? Silakan konsultasi langsung dengan dokter kami secara online atau melalui nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 SMS / WA/ telepon. Segala rahasia medis terjamin.