Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Mengenal Penyakit Vitiligo Sebabkan Kulit Belang Putih yang Tak Menular

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Setiap orang pasti mendambakan warna kulit yang merata dan mulus. Tetapi, tak jarang juga ada beberapa individu yang mengalami warna kulit tidak rata. Entah karena faktor lahir atau beberapa faktor luar. Sebut saja penyakit kulit vitiligo, yang membuat perubahan kulit menjadi belang putih atau bercak putih.

Sayangnya banyak orang-orang mengira penyakit kulit vitiligo ini disangka panu oleh karena tanda bercak putih sehingga timbul belang-belang. Untungnya vitiligo tidak termasuk menular dan berbahaya.

Namun, bila tidak ditangani dengan tepat, vitiligo dapat menyerang bagian kulit lain dan menurunkan kualitas hidup penderitanya. Lalu apakah vitiligo bisa sembuh? Yuk simak selengkapnya di artikel berikut.

Mengenal Penyakit Kulit Vitiligo

Pada kondisi normal, warna kulit, rambut serta mata ditentukan oleh pigmen bernama melanin. Sedangkan, pada orang yang alami vitiligo sel-sel yang membentuk melanin berhenti berfungsi atau mati. Itu sebabnya salah satu ciri utama orang vitiligo adalah munculnya bercak-bercak putih.

Lalu apa itu penyakit kulit vitiligo? Vitiligo adalah penyakit kulit yang menimbulkan kemunculan bercak-bercak putih pada kulit yang bisa terjadi pada segala usia, tapi umumnya sebelum pengidap berusia 20 tahun.

Area yang terkena vitiligo cenderung bisa meluas seiring dengan pertambahan waktu. Penyakit kulit vitiligo bisa terjadi di bagian mana pun pada tubuh Anda, termasuk juga dapat mempengaruhi rambut dan bagian dalam mulut.

Tanda-tanda Penyakit Kulit Vitiligo

Tanda-tanda penyakit kulit vitiligo yakni hilangnya warna kulit secara merata. Awalnya, perubahan warna pertama kali terlihat pada area yang sering terpapar atau terbakar sinar matahari, seperti tangan, kaki, lengan, leher/ bahu, wajah maupun bibir.

Berikut beberapa gejala umum vitiligo, meliputi:

  • Kehilangan warna kulit yang merata
  • Putihnya rambut di area kulit kepala, bulu mata, alis atau janggut
  • Memudarnya warna pada lapisan dalam mulut dan hidung

Adapun jenis-jenis vitiligo, seperti:

  • Universal: bercak muncul pada seluruh tubuh.
  • Umum: yaitu jenis vitiligo yang paling umum terjadi dimana bercak timbul secara simetris pada bagian tubuh yang terkena.
  • Segmental: bercak hanya terdapat pada satu sisi/ bagian dari tubuh Anda, cenderung terjadi pada usia yang lebih muda, terjadi selama satu atau dua tahun, kemudian hilang.
  • Lokal/ fokal: bercak terdapat pada satu atau beberapa area tubuh.
  • Akrofasial: bercak yang timbul biasanya pada kulit wajah, tangan serta mata, hidung dan mulut.

Penyebab

Penyakit kulit vitiligo timbul pada saat kulit kurang bisa memproduksi melanin atau senyawa yang menentukan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari tidak memadai. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

  • Faktor keturunan.
  • Memiliki riwayat penyakit autoimun, seperti hipertiroidisme, diabetesm atau penyakit Addison.
  • Mengalami kerusakan kulit, misalnya akibat terbakar matahari.
  • Terpapar senyawa kimia tertentu.

Apakah Vitiligo bisa sembuh?

Vitiligo tergolong penyakit yang terjadi seumur hidup atau lifelong condition. Hingga sekarang sebenarnya, belum ada pengobatan yang secara pasti dapat menghilangkan vitiligo secara permanen. Oleh karena itu sering kali membuat penderita vitiligo menjadi tak percaya diri.

Walau belum bisa disembuhkan secara total, saat ini sudah tersedia terapi vitiligo untuk memperbaiki atau menyamarkan warna kulit. Penyakit kulit vitiligo bisa ditangani dengan pemberian obat, terapi penyinaran, maupun dengan pembedahan.

Komplikasi

Orang dengan penyakit kulit vitiligo mungkin berisiko lebih tinggi untuk mengalami:

  • Stress sosial atau psikologis
  • Sunburn (terbakar sinar matahari)
  • Penyakit mata
  • Gangguan pendengaran

Diagnosa

Apabila dokter menduga Anda menderita penyakit kulit vitiligo, selain meriksa kondisi kesehatan tubuh, maka ia akan bertanya tentang riwayat kesehatan dan mencoba mengesampingkan kemungkinan penyakit lainnya, seperti dermatitis atau psoriasis.

Dokter bisa menggunakan lampu khusus untuk menyinari sinar ultraviolet ke kulit sebagai bentuk pemeriksaan. Selain itu juga dokter bisa melakukan:

  • Biopsi kulit (pengambilan sedikit jaringan kulit)
  • Pemeriksaan darah untuk mencari penyebab lain seperti penyakit autoimun, anemia atau diabetes

Pilihan Pengobatan

Dalam melakukan penanganan, biasanya dokter akan melakukan sejumlah tes hingga memberikan penanganan medis jika pasien positif menderita Vitiligo atau bercak putih di kulit. Pemberian obat dan krim akan diresepkan dokter untuk mengatasi Vitiligo. Tetapi, apabila Vitiligo tidak mempan oleh obat-obatan dan cream, dokter akan memberikan tindakan medis berupa:

  • Terapi cahaya (fototerapi)

Langkah medis ini dilakukan jika bercak-bercak Vitiligo sudah menyebar luas dan tidak bisa ditangani dengan obat oles. Terapi dengan fototerapi ini berfungsi untuk mengembalikan warna kulit yang terserang penyakit kulit Vitiligo dengan menggunakan cahaya ultraviolet B (UVB). Sinaran UVB akan menurunkan paparan UVA berlebih yang berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit..

  • Terapi laser

Metode terapi laser ini bertujuan untuk mengembalikan warna kulit pada bercak-bercak Vitiligo. Dokter biasanya akan menggunakan alat berupa laser untuk membuat warna kulit yang terserang Vitiligo kembali seperti warna kulit asli.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu mengulang perawatan hingga 3 kali seminggu selama 6 sampai 12 bulan. Gabungan kedua jenis terapi atau tindakan medis ini justru akan membuat hasil terapi menjadi lebih baik dibandingkan dengan hanya menggunakan cahaya atau obat saja.

Penanganan Penyakit Kulit Vitiligo di Klinik Pandawa

Penanganan bercak-bercak putih di kulit atau penyakit kulit Vitiligo bisa Anda lakukan bersama Klinik Pandawa. Dokter bersertifikat yang berpengalaman dibidangnya, serta alat penunjang kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan bercak putih di kulit (vitiligo).

Dokter kami, akan menganjurkan pengobatan atau tindakan medis yang tepat untuk menangani bercak putih di kulit (vitiligo) yang Anda alami. Tak hanya itu, penyakit kulit lainnya juga bisa kami atasi, seperti melasma, anti-aging dan sebagainya.

Anda tak perlu ragu melakukan perawatan bersama Kami. Anda bisa segera hubungi kami untuk berkonsultasi online dan buat janji sekarang di nomor telepon 0821-1141-0672 (WA/SMS/TLP).

Referensi:
Mayoclinic.org. Vitiligo.
Medicalnewstoday. How to prevent vitiligo.
Medicoverhospital. Vitiligo prevention.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)