Klinik Pengobatan Penyakit Jengger Ayam atau Kutil Kelamin

gejala penyakit kutil kelamin

Tidak berganti-ganti pasangan dan menjaga kesehatan organ intim bisa menjadi salah satu kunci Sahabat Pandawa terhindar dari berbagai macam penyakit kelamin. Sebut saja seperti penyakit jengger ayam ini. Yup, mesti jarang terdengar penyakit kelamin jengger ayam ini merupakan istilah dari penyakit kutil kelamin.

Tak sama dengan kutil biasa, kutil kelamin adalah munculnya beberapa benjolan menyerupai kutil atau daging tumbuh pada area kelamin. Penyakit yang juga disebut sebagai Kondiloma Akuminata akan terasa gatal dan sakit jika disentuh. Penyakit kutil kelamin jika dibiarkan berlarut-larut akan memperburuk kondisi Anda, karena itu Anda wajib berwaspada.

Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang perlu diwaspadai. Awalnya penyakit kelamin ini ditandai dengan timbul bintil-bintil seperti daging tumbuh berwarna kecokelatan seperti kulit hingga kemerahan.

Biasanya juga kutil ini muncul tak sendirian tetapi juga berkelompok dan bisa sedikit membesar seperti halnya jengger pada ayam. Sebab itu kutil kelamin ini dikenal juga dengan penyakit jengger ayam.

Mengenal lebih dekat dengan Penyakit jengger ayam

Memiliki sebutan media condyloma acuminata atau genital warts, merupakan termasuk salah satu penyakit infeksi menular seksual yang perlu diwaspadai. Penyakit jengger ayam ini bisa membuat hampir semua orang yang aktif secara seksual mengidap penyakit kelamin tersebut.

Penyakit ini sangat gampang menular lewat aktivitas seksual baik oral, vaginal, maupun anus. Pada manusia sendiri, penyakit jengger ayam bisa menyerupai bentuk seperti kembang kol. Kutil kelamin yang timbul ini bisa membuat rasa gatal dan perih di sekitar area kelamin.

Tak cuma itu, penyakit jengger ayam bisa menyerang siapa saja, baik pria ataupun wanita. Pada umumnya, penyakit jengger ayam wanita maupun pria terjadi pada usia 15 hingga 40 tahunan dan masih banyak juga faktor lain mengidap kutil kelamin.

Saat penyakit ini diderita pria, biasanya muncul di penis, testis, selangkangan, paha, dan sekitar anus. Bila pada wanita, jengger ayam biasa muncul bibir miss V atau dalam bibir miss V. Bilamana kutil ditularkan melalui seks oral, maka bisa terlihat pada bibir, mulut, lidah, atau bahkan dalam tenggorokan sekalipun.

Penting untuk dicatat pasalnya penyakit ini bisa menyebabkan kanker pada wanita. Wanita yang memiliki kutil di kelamin, tidak cukup hanya dengan pengobatan kondisinya, tetapi perlu menjalani pemeriksaan kanker yang beragam.

Ciri-Ciri Penyakit Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata)

Umumnya, kutil tumbuh sangat lembut dan sulit terdeteksi oleh mata. Namun, lama kelamaan kutil dapat dideteksi dengan sentuhan dan menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal-gatal di sekitar area kelamin.

Ciri-ciri penyakit kutil kelamin, antara lain:

• Bengkak kecil di daerah genital
  • Beberapa kutil jaraknya berdekatan menyerupai bentuk kembang kol
  • Rasa gatal atau rasa tidak nyaman di daerah genital
  • Muncul pendarahan pada saat berhubungan intim
  • Kutil juga bisa muncul di mulut atau tenggorokan yang biasanya disebabkan oleh aktivitas berhubungan intim secara oral

Ciri-Ciri Penyakit Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata)

Ciri-ciri penyakit kutil kelamin, antara lain:

• Bengkak kecil di daerah genital
  • Beberapa kutil jaraknya berdekatan menyerupai bentuk kembang kol
  • Rasa gatal atau rasa tidak nyaman di daerah genital
  • Muncul pendarahan pada saat berhubungan intim

Apa Penyebab Saja Muncul Kutil di Kelamin?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pemicu kutil kemaluan merupakan peradangan virus HPV. diinformasikan kalau terdapat lebih dari 40 tipe HPV yang bisa mempengaruhi area kemaluan. Sebagian besar kasus penyakit ini diakibatkan oleh virus HPV jenis 6 serta 11.

Kondiloma akuminata bisa ditularkan dari orang ke orang lewat kontak kulit ke kulit. Hal ini, umumnya mencakup aktivitas intim, seperti:

• Seks vaginal
  • Seks anal
  • Oral seks (jarang terjadi, tetapi senantiasa dapat mempengaruhi penyebaran kutil).
  • Mainan seks (sex toys).

Selain karena kondisi yang telah disebutkan di atas, terdapat sebagian kondisi fisik yang juga dapat jadi pemicu kutil kelamin, yaitu:

• Kencing manis ataupun diabet melitus membuat penderitanya gampang terkena infeksi kelamin.
  • Tekanan pikiran yang menimbulkan keringat keluar terus.
  • Mempunyai sistem imun yang lemah, misalnya pengidap HIV atau AIDS alhasil gampang terkena virus.

Gejala Penyakit Kutil Kelamin

Kutil kelamin yang berbentuk kecil menyerupai benjolan-benjolan berwarna kemerahan atau abu-abu. Bintik kutil kelamin tumbuh secara berdekatan dan terlihat seperti kembang kol dan juga kelompok-kelompok yang lebih besar.

Gejala Pada pria, meliputi:

• Paha bagian atas
  • selangkangan
  • Kantung zakar
  • Batang atau ujung
  • Di sekitar atau dalam anus
  • Di dalam uretra

Gejala pada wanita, meliputi:

• Daerah antara kelamin dan anus
  • Leher rahim
  • Vulva
  • Anus
  • Leher rahim
  • Paha bagian atas

Selain pada alat vital dan daerah di sekitarnya, kutil condyloma juga bisa tumbuh pada mulut atau tenggorokan. Umumnya kondisi ini ditularkan melalui seks oral.

Bagian Tubuh Yang Sering Ditumbuhi Kutil Kelamin

Berikut ini beberapa bagian tubuh yang mudah diserang oleh kutil kelamin

Kutil kelamin pada pria

• Ujung penis dan batang penis
  • Anus
  • kantong zakar

Kutil kelamin pada wanita

• leher rahim,
  • dinding vagina
  • vulva, dan kulit
  • lubang vagina dan lubang anus.

Penyebab kutil kelamin juga bisa menyerang area mulut dan tenggorokan, apabila melakukan seks oral tanpa pengaman.

Bahaya Kutil Kelamin Bisa Menyebar

Bahaya kutil kelamin – Biasanya, kutil yang berkembang di bagian tubuh lain sering dibiarkan sebab tidak memunculkan akibat yang berarti. Tetapi bila kutil berkembang di bagian kemaluan, hendaknya janganlah Kamu biarkan. Hal ini karena penyakit kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) dapat menimbulkan beraneka ragam komplikasi penyakit beresiko yang lain yang bisa mengecam jiwa.

Penyakit Kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) dapat memicu terjadinya kanker, semacam kanker vulva, kanker anus, kanker penis, dan kanker mulut serta tenggorokan. Peradangan HPV Genital juga erat dikaitkan dengan kanker serviks pada perempuan.

Pada ibu hamil, penyakit ini bisa menimbulkan masalah selama kehamilan. Ketika kutil membengkak, ibu hamil akan kesulitan dalam buang air kecil. Tidak cuma itu, kutil pada labia juga akan kurangi keahlian jaringan buat melemas dikala cara melahirkan. Sedangkan, kutil besar pada vulva bisa menimbulkan pendarahan.

Anak yang terlahir dari ibu yang mempunyai kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) juga akan mengalami permasalahan kutil pada tenggorokan. Tidak hanya itu, kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) juga mengganggu situasi kejiwaan pengidapnya. Karena, pengidap kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) akan merasa malu untuk mengakui kalau dirinya ialah orang yang aktif melaksanakan hubungan intim dengan sebagian pasangan.

Komplikasi Penyakit Akibat Kutil Kelamin

Kutil kelamin yang diderita seseorang sangat perlu diidentifikasi sejak dini. Hal ini dikarenakan apabila sudah terlanjur terkena infeksi kutil kelamin, maka cara menghilangkan penyakit tersebut bukanlah perkara yang mudah. Bahkan kutil kelamin (kondiloma akuminata) biasanya akan terus menjalar dan menimbulkan terjadinya kanker penis.

Tak cuma itu, penyakit ini juga menimbulkan komplikasi yang cukup serius. Bila Anda tak peduli dan mencermatinya, bisa saja Anda terinfeksi dan menjadi orang yang menularkan kepada pasangan.

Komplikasi kutil kelamin yang sering terjadi, antara lain ;

• Memunculkan kanker di daerah penis, mulut dan tenggorokan.
  • Untuk wanita, bisa membuat gangguan saat kehamilan.
  • Ibu yang mengidap kutil kelamin memiliki risiko dapat menularkan infeksi kutil tersebut pada tenggorokan bayinya.

Cara mengobati Kutil Kelamin

Cara menghilangkan kutil kelamin paling efektif adalah dengan pembedahan dengan laser kutil kelamin. Tindakan ini hanya akan disarankan apabila kutil tidak merespons perawatan lain atau berukuran terlalu besar.

Apabila kutil kelamin tidak diobati, maka ukurannya dapat membesar dan jumlahnya bertambah banyak. Anda juga dapat menularkan infeksi tersebut pada pasangan. Untuk melihat hasil perawatan, mungkin akan diperlukan waktu hingga beberapa minggu. Selama itu, dokter mungkin akan menyarankan agar Anda menghindari berbagai jenis sabun, krim, atau losion yang dapat mengiritasi kulit.

Pengobatan Kutil Kelamin di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit Kutil Kelamin termasuk tindakan operasi. Klinik Pandawa memiliki fasilitas yang sangat memadai serta alat-alat medis yang modern dan lengkap dalam penanganan kutil kelamin dengan berbagai penyebabnya. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama melayani pasien-pasien dengan kutil kelamin dan penyakit kelamin lainnya.

Rata-rata semua pasien merasakan puas dengan pelayanan dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter Klinik Pandawa, Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan operasi. hasil operasi dan pengobatan menjadi lebih maksimal dan efektif.

Apabila membutuhkan informasi serta pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke konsultan dokter kita lewat http://bit.ly/rollkonsul atau menghubungi 0821- 1141- 0672/ 021- 62313337 whatsapp/ SMS/ telp.  Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.