Inilah Penyebab Keputihan Tak Normal pada Wanita yang Wajib Kamu Ketahui

Sahabat Pandawa, terutama pada wanita pasti pernah mengalami kondisi saat vagina mengeluarkan lender atau cairan yang disebut sebagai keputihan. Ada banyak aspek penyebab keputihan dan kondisinya bisa berbeda-beda pada tiap wanita. Keputihan juga bisa menunjukkan kesehatan miss V atau menjadi pertanda buruk bila termasuk keputihan tidak normal. Yuk, kita cari tahu bersama gejala keputihan pada wanita yang harus di waspadai dan cara mengobati keputihan yang berlebihan, di bawah ini, ya!

penyebab keputihan, gejala keputihan, cara mengobati keputihan

Mengenal Keputihan pada wanita

Vaginal discharge atau Keputihan pada wanita sejatinya menjadi hal yang normal. Hal itu berarti, miss V kamu bekerja dengan baik. Dimana keputihan merupakan cairan dan sel-sel mati yang keluar secara berkala untuk menjaga bagian Miss V tetap bersih dan sehat. Cairan ini juga berfungsi sebagai pelumas alami yang melindungi vagina dari infeksi dan iritasi.

Meskipun sebetulnya adalah hal yang normal, keputihan bisa saja menjadi tanda adanya suatu penyakit. Terutama jika keputihan disertai keluhan lain, seperti vagina gatal atau nyeri yang terus-menerus dan mengganggu.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh suatu penyakit, sebut saja penyakit infeksi menular seksual. Keputihan yang disebabkan oleh penyakit ini dapat diobati dengan obat keputihan sesuai resep dokter. Lantas, seperti apa tanda dan gejala keputihan yang harus diwaspadai?

Gejala Keputihan

Seperti yang telah disebutkan di atas, keputihan pada wanita dibagi menjadi dua jenis. Yakni keputihan normal dan keputihan tidak normal.

Gejala keputihan normal pada umumnya berwarna putih atau bening, bertekstur agak lengket dan licin, serta tidak menimbulkan bau, nyeri, atau gatal.

Sementara, pada keputihan tidak normal inilah yang harus kamu waspadai biasanya ditandai dengan:

• Warna lendir kehijauan, kekuningan, atau bahkan merah muda karena bercampur darah.
  • Mengeluarkan bau busuk, bau amis, atau bau anyir yang sangat kuat.
  • Jumlah cairan yang keluar lebih banyak dari biasanya.
  • Vagina sering terasa gatal, panas, atau nyeri.
  • Nyeri pada panggul.
  • Sakit saat buang air kecil.

Penyebab Keputihan tidak normal

Sebelum sahabat pandawa lanjut pada cara mengobati keputihan. ketahui dahulu penyebab nya. Keputihan normal sendiri merupakan reaksi alami tubuh yang keluar secara berkala untuk membersihkan dan melindungi vagina. Keluarnya keputihan biasa dipengaruhi oleh siklus menstruasi kamu.

Sementara keputihan pada wanita yang tidak normal umumnya disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, dari yang ringan seperti infeksi, kuman kuman kelamin hingga cukup serius seperti kanker.

Adapun berbagai penyebab keputihan tidak normal antara lain:

Infeksi bakteri

Bacterial vaginosis ( BV ) adalah infeksi vagina yang paling umum jadi penyebab keputihan tak normal. Bakteri inibisa terjadi oleh sebab ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat pada vagina.

Ketidakseimbangan ini belum diketahui pasti penyebabnya, namun ada banyak aspek risiko yang bisa memicunya. Di antaranya seperti perilaku seks yang tidak aman (tidak pakai kondom, dan sering gonta-ganti pasangan seks), penggunaan alat kontrasepsi (pil KB dan KB spiral), dan kurangnya menjaga kebersihan vagina.

Tanda dan gejala bacterial vaginosis yang umum adalah:

• Keputihan berwarna abu, putih, atau hijau
  • Vagina atau keputihan berbau busuk
  • Vagina gatal
  • Rasa terbakar saat buang air kecil

Infeksi jamur

Penyebab keputihan juga bisa terjadi karena infeksi jamur, terutama yang diakibatkan spesies Candida albicans. Vagina sebenarnya mengandung jamur yang tidak akan menyebabkan masalah dalam keadaan normal. Namun bila dibiarkan berkembang biak dan menjamur, jamur ini tentu dapat menginfeksi dan menyebabkan munculnya keputihan yang tidak normal.

Umumnya keputihan yang muncul karena infeksi jamur ditandai dengan:

• Berupa bercak-bercak kental berwarna putih keruh seperti keju
  • Keputihan yang terkadang lebih berair
  • Sering gatal, bengkak, dan ruam iritasi kemerahan pada kulit sekitar vagina (vulva)
  • Sensasi terbakar terutama saat berhubungan seksual atau buang air kecil
  • Nyeri pada vagina

Klamidia

Penyebab keputihan yang tidak normal selanjutnya yaitu klamidia. Klamidia ini merupakan infeksi bakteri yang menular lewat hubungan seks. Gejala keputihan oleh karena klamidia yang muncul adalah sakit saat buang air kecil, keputihan terus menerus, nyeri perut bagian bawah, keputihan berwarna kuning, dan berbau tidak sedap. Cara mengatasinya dapat dengan cara tidak bergonta-ganti pasangan seks.

Gonorrea atau kencing nanah

Penyebab keputihan tidak normal pada wanita bisa disebabkan oleh kuman atau bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Atau lebih dikenal dengan penyakit kelamin Gonore atau kencing nanah.

Bakteri gonore paling sering ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual, termasuk hubungan oral, anal atau vaginal.

Pada wanita, gonore biasanya menginfeksi serviks atau leher rahim. Kemunculannya ditandai dengan gejala seperti:

• Sakit saat buang air kecil
  • Keputihan yang jauh lebih banyak dari biasanya
  • Perdarahan di antara haid atau setelah berhubungan seks melalui vagina
  • Sakit saat bercinta
  • Nyeri perut atau panggul
  • Keluarnya nanah dari anus
  • Munculnya bercak darah merah saat buang air besar
  • Ketika menyerang mata bisa menyebabkan rasa sakit, sensitif terhadap cahaya, hingga keluar nanah dari mata
  • Ketika menyerang tenggorokan menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher
  • Ketika menyerang sendi bisa menyebabkan rasa sakit, hangat, merah, dan bengkak

Begitupun bagi kamu yang sering berganti pasangan seksual maka kamu pun berisiko tinggi terkena penyakit kelamin gonore ini.

Trikomoniasis

Trikomoniasis sendiri merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh parasit yang masuk ketika hubungan seks. Masa inkubasi dari mulai terpapar hingga terinfeksi diperkirakan sekitar 5 sampai 28 hari.

Penyakit trikomoniasis menjadi salah satu penyebab keputihan yang berbau busuk pada wanita. Berikut ciri dan gejala trikomoniasis pada wanita termasuk:

• Keputihan berwarna abu-abu, kuning, atau hijau
  • Kemerahan, gatal, dan rasa terbakar pada vagina
  • Sakit saat buang air kecil atau berhubungan intim

Patut diketahui, bagi orang-orang yang memiliki lebih dari satu pasangan seksual sangat rentan terkena trikomoniasis. Terlebih jika tidak mempraktikkan seks aman seperti enggan memakai kondom.

Penyebab keputihan penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul terjadi ketika infeksi yang ditularkan lewat seks tanpa pengaman yang menyebar dari vagina ke rahim, saluran tuba, atau ovarium. Penyakit radang panggul pada wanita ini bisa menyebabkan keputihan yang berlebihan dengan warna yang tidak biasa dan berbau tidak sedap.

Penyebab keputihan radang leher rahim atau servisitis

Penyebab keputihan tak normal bisa pertanda kamu mengalami radang leher rahim. Radang leher rahim atau servisitis merupakan peradangan yang terjadi pada ujung bawah rahim dekat bukaan vagina. Radang leher rahim tak selalu menimbulkan gejala awal, namun akan muncul keputihan yang berlebih. Keputihan yang berlebih bisa menjadi tanda terjadinya radang pada leher rahim.

Penyebab keputihan kanker serviks

Penyebab keputihan bisa oleh karena penyakit kanker serviks. Dimana termasuk ke dalam penyakit serius akibat human papillomavirus (HPV). Awal gejala penyakit ini susah dikenali, namun fase awal yang sering diabaikan adalah keputihan.

Gejala keputihan akibat kanker serviks biasanya berwarna putih atau bening dengan tekstur cair. Tak hanya itu, keputihan ini juga bisa berwarna coklat dengan disertai darah dan bau yang busuk.

Cara mengobati keputihan yang tidak normal

Baiknya bila kamu mengalami gejala keputihan tidak normal, konsultasikan kepada dokter ahlinya, agar tidak salah dalam menjalani pengobatanan. Cara mengobati keputihan tidak normal disesuaikan oleh penyebabnya. Untuk itu klinik pandawa tidak sembarang dalam mendiagnosis pasien.

Klinik Pandawa menjadi salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, dan penyakit bedah.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman mengatasi penyakit kelamin khususnya penyebab-penyebab keputihan.

Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium terbaik sangat tepat untuk menjalani cara mengobati keputihan dengan tepat.

Klinik Pandawa dapat dihubungi di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA) dan klik layanan konsultasi untuk berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis seputar penyakit dan keluhan Sahabat Pandawa.