Apa itu Retainer Gigi? Ini Tujuan, Jenis, & Prosedurnya

Dengan peran pentingnya dalam mempertahankan hasil perawatan ortodontik, retainer gigi menjadi investasi berharga bagi kesehatan gigi Anda. 

Mari kita telaah dengan seksama bagaimana retainer dapat menjadi sekutu utama dalam menjaga senyum Anda tetap indah.

Apa Itu Retainer Gigi?

Retainer gigi adalah perangkat ortodontik yang berguna untuk menjaga kestabilan dan posisi gigi setelah seseorang mengakhiri penggunaan kawat gigi atau perawatan ortodontik lainnya. 

Retainer umumnya berguna untuk mencegah gigi-gigi yang telah diatur agar tidak kembali ke posisi asalnya seiring waktu. 

Ini merupakan langkah penting dalam mempertahankan hasil perawatan ortodontik dan memastikan bahwa perubahan posisi gigi tetap konsisten.

YouTube player
CARA LEPAS BEHEL & PROSES PENCETAKAN RETAINER GIGI (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Retainer biasanya terbuat dari bahan fleksibel atau keras, seperti plastik atau logam. Retainer umumny penuh menutup seluruh lengkung gigi baik di bagian atas maupun bawah. 

Terkadang retainer hanya menutup satu lengkung gigi dan biasanya berguna setelah penggunaan kawat gigi pada satu lengkung tertentu.

Pemakaian retainer umumnya sesuai dengan rekomendasi dokter ortodontik, dan durasi pemakaian dapat bervariasi tergantung pada kondisi masing-masing pasien. 

Pada awalnya, tim medis pasien mungkin mengharuskan pasien memakai alat ini sepanjang waktu untuk memastikan kestabilan posisi gigi. Secara bertahap, dokter mungkin mengarahkan untuk menggunakan retainer hanya pada malam hari.

Perawatan retainer juga penting untuk memastikan kebersihan dan kesehatan mulut yang optimal. 

Pasien harus membersihkan retainer secara teratur dan menghindari kebiasaan buruk seperti mengunyah pensil atau memegang retainer dengan lidah. 

Keteraturan pemeriksaan rutin ke dokter ortodontik juga sangat kami anjurkan untuk memastikan bahwa retainer tetap sesuai dan berfungsi dengan baik.

Tujuan Pemasangan Retainer Gigi

Retainer Gigi

Tujuan pemasangan retainer dalam perawatan ortodontik adalah untuk menjaga kestabilan dan posisi gigi setelah seseorang mengakhiri perawatan ortodontik aktif, seperti penggunaan kawat gigi atau perangkat ortodontik lainnya. 

Setelah gigi telah sudah ke posisi yang kita inginkan, retainer membantu mencegah pergeseran atau penyesuaian kembali gigi ke posisi asalnya. 

Tujuan utama alat ini adalah memastikan hasil perawatan ortodontik tetap optimal dan meminimalkan kemungkinan terjadinya relaps.

Pemasangan retainer menjadi langkah krusial untuk mendukung hasil perawatan ortodontik jangka panjang.

Tanpa penggunaan alat ini, gigi cenderung memiliki kecenderungan untuk kembali ke posisi semula karena tekanan dan kekuatan yang terus-menerus bekerja pada struktur gigi dan tulang rahang. 

Retainer membantu mengonsolidasi perubahan posisi gigi dan menjaga stabilitasnya.

Selain menjaga kestabilan posisi gigi, tujuan lain dari pemasangan alat ini adalah untuk mencegah atau mengurangi risiko perubahan bentuk wajah dan fungsi gigi yang dapat terjadi jika gigi kembali bergeser.

Retainer juga dapat membantu meredakan ketidaknyamanan atau rasa sakit yang mungkin dialami oleh pasien setelah penggunaan behel.

Penting untuk Anda ingat bahwa pemakaian retainer perlu konsistensi dan ketaatan dari pasien. Dokter ortodontik biasanya memberikan petunjuk jelas mengenai cara pemakaian dan jadwal kontrol berkala. 

Melalui pemakaian yang benar dan teratur, retainer dapat memastikan bahwa hasil perawatan ortodontik yang telah dicapai dapat Anda pertahankan sepanjang masa.

Jenis-Jenis Retainer Gigi

Terdapat beberapa jenis retainer yang umum digunakan dalam perawatan ortodontik. Berikut adalah beberapa jenis retainer beserta penjelasannya:

1. Retainer Hawley

Retainer tipe Hawley terbuat dari bahan akrilik dan kawat logam. Bagian akrilik bertempat di bagian depan gigi, sementara kawat logam membentuk lengkungan di sepanjang bagian belakang gigi. Retainer ini dapat Anda lepas dan mudah mendapatkan penyesuaian oleh dokter ortodontik.

2. Retainer Essix

Retainer Essix terbuat dari plastik transparan yang tebal dan fleksibel. Bentuknya didesain sesuai dengan gigi penggunanya. 

Meskipun lebih ringan dan kurang terlihat daripada retainer Hawley, retainer Essix dapat lebih rentan terhadap kerusakan.

3. Retainer Bonded (Perlekatan)

Retainer bonded atau retainer yang ditempelkan pada gigi menggunakan lem ortodontik. Alat ini umumnya terbuat dari kawat logam yang ditempelkan di bagian belakang gigi. Kelebihannya adalah tidak perlu Anda lepas setiap kali makan, namun perawatan kebersihannya harus lebih cermat.

Pemilihan jenis retainer biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pasien, serta rekomendasi dokter ortodontik. 

Konsultasikan dengan ahli ortodontik atau dokter gigi terdekat untuk memilih jenis retainer yang paling sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Prosedur Pemasangan Retainer Gigi

Prosedur pemasangan retainer melibatkan beberapa langkah yang perlu diikuti. Berikut adalah prosedur umum pemasangan retainer:

1. Pemeriksaan Gigi

Sebelum pemasangan retainer, dokter ortodontik akan melakukan pemeriksaan lengkap terhadap gigi pasien. Hal ini melibatkan pengevaluasian posisi gigi setelah perawatan ortodontik selesai.

2. Pembuatan Cetakan Gigi

Dokter ortodontik akan membuat cetakan atau jejak gigi pasien menggunakan bahan cetak khusus. Cetakan ini digunakan sebagai panduan untuk pembuatan retainer yang sesuai dengan struktur gigi individu.

3. Desain Retainer

Berdasarkan cetakan yang tim medis hasilkan, dokter ortodontik akan merancang retainer sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gigi pasien. Desain ini melibatkan pemilihan jenis retainer yang paling cocok.

4. Pemeriksaan Retainer

Sebelum pemasangan, retainer akan diperiksa untuk memastikan bahwa bentuk dan ukurannya sesuai dengan cetakan gigi pasien. Penyesuaian mungkin diperlukan untuk memastikan retainer pas dan nyaman digunakan.

5. Pemasangan Retainer

Setelah retainer siap, dokter ortodontik akan memasangnya di mulut pasien. Pemasangan retainer dapat melibatkan penyesuaian kecil agar pas dengan baik. Untuk retainer yang dilepas, pasien akan diberikan petunjuk penggunaan yang benar.

6. Petunjuk Perawatan

Dokter ortodontik umumnya akan memberikan petunjuk perawatan retainer kepada pasien. Ini melibatkan cara membersihkan, kapan harus memakainya, dan langkah-langkah untuk menjaga kesehatan gigi secara umum.

7. Jadwal Kembali

Pasien akan mendapatkan jadwal untuk kunjungan-kunjungan berikutnya untuk memastikan retainer berfungsi dengan baik dan gigi tetap dalam posisi yang Anda inginkan. Dokter ortodontik dapat melakukan penyesuaian jika pasien memerlukannya.

Penting untuk mengikuti petunjuk perawatan yang telah dokter ortodontik berikan dan menjalani kunjungan rutin agar hasil perawatan ortodontik tetap optimal.

Tempat Terbaik untuk Memasang Retainer Gigi

Klinik gigi Jakarta milik Klinik Utama Pandawa adalah tempat terbaik untuk melakukan pemasangan retainer.

Mengapa? Karena klinik kami menawarkan layanan kesehatan gigi yang terintegrasi dan berkualitas tinggi. 

Pertama-tama, Klinik Utama Pandawa memiliki tim dokter gigi yang berpengalaman dan terampil dalam bidang ortodontik. 

Keahlian mereka membantu memastikan bahwa retainer terpasang dengan presisi untuk mendukung keberhasilan perawatan ortodontik pasien.

Fasilitas dan peralatan medis modern yang dimiliki oleh Klinik Gigi Klinik Utama Pandawa juga menjadi faktor penentu dalam menjadikan pemasangan retainer menjadi yang terbaik. 

Peralatan canggih tersebut mendukung proses pemasangan retainer dengan akurasi tinggi, memastikan bahwa retainer sesuai dengan kebutuhan pasien dan berfungsi secara optimal untuk menjaga posisi gigi yang telah teratur setelah penggunaan behel.

Komitmen Klinik Utama Pandawa terhadap pelayanan yang personal dan perawatan holistik juga menjadikan pemasangan retainer lebih efektif. 

Tim dokter gigi di klinik kami memberikan perhatian khusus terhadap kebutuhan dan keinginan pasien, serta memberikan edukasi tentang pentingnya konsistensi dalam pemakaian retainer dan perawatan ortodontik pascabedah.

Selain itu, Klinik Gigi Klinik Utama Pandawa menjunjung tinggi standar kebersihan dan sterilisasi, menciptakan lingkungan yang aman dan higienis untuk pasien. 

Dengan kombinasi tenaga medis yang berkualitas, fasilitas modern, komitmen terhadap pelayanan personal, dan standar kebersihan yang tinggi, pemasangan retainer di Klinik Utama Pandawa menjadi pilihan yang bijak bagi mereka yang mencari perawatan ortodontik dengan kualitas terbaik.

Referensi:
Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)