Apa Itu Scaling Gigi? Ini Manfaat, Prosedur, & Biayanya

Kesehatan gigi adalah hal yang sangat penting dalam menjaga kualitas hidup kita, salah cara menjaga kesehatan gigi adalah dengan prosedur scaling.

Gigi yang sehat tidak hanya memberikan tampilan yang menarik, tetapi juga memungkinkan kita untuk makan dengan nyaman dan berbicara dengan jelas.

Apa itu Scaling Gigi?

Seorang Wanita Melakukan Scaling Gigi

Scaling gigi adalah prosedur pembersihan gigi yang dilakukan oleh seorang profesional kesehatan gigi atau dokter gigi. 

Tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan plak gigi, tartar (karang gigi), dan kotoran lainnya dari permukaan gigi. 

Plak dan tartar merupakan lapisan bakteri yang dapat menyebabkan masalah seperti kerusakan gigi, penyakit gusi, bau mulut, dan masalah kesehatan gigi lainnya. 

Scaling gigi adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta mencegah perkembangan penyakit gigi dan gusi yang lebih serius. 

Biasanya, scaling gigi dengan pembersihan gigi yang teliti berguna untuk menghilangkan plak dan tartar yang sulit terjangkau. 

Proses ini membantu menjaga gigi tetap sehat dan mencegah masalah kesehatan gigi yang lebih serius.

Tujuan Scaling Gigi

Ilustrasi Scaling

Tujuan utama dari prosedur scaling gigi adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Beberapa tujuan utama meliputi:

1. Menghilangkan Plak dan Karang

Scaling gigi membantu menghilangkan plak dan karang yang menumpuk di permukaan gigi. Plak adalah lapisan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. 

Tartar adalah plak yang mengeras dan sulit dihilangkan dengan cara biasa.

2. Mencegah Penyakit Gusi

Scaling dapat membantu mencegah penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis. Penyakit gusi dapat menyebabkan peradangan, pendarahan gusi, gigi tanggal, dan bahkan masalah kesehatan umum yang lebih serius.

3. Mengurangi Risiko Kerusakan Gigi

Dengan menghilangkan plak dan tartar, scaling gigi membantu mencegah kerusakan gigi seperti karies gigi. Gigi yang bersih dan sehat memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami kerusakan.

4. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Scaling gigi juga membantu menjaga bau mulut tetap segar dan memberikan perasaan mulut yang bersih. Ini penting untuk kesehatan mulut secara keseluruhan.

5. Persiapan untuk Prosedur Lain

Terkadang, scaling gigi dilakukan sebagai langkah persiapan sebelum menjalani prosedur medis atau estetika lain, seperti pemasangan kawat gigi atau pemutihan gigi.

Manfaat Scaling Gigi

Berikut adalah beberapa manfaat melakukan scaling:

1. Mengurangi Risiko Kerusakan Gigi

Dengan menghilangkan plak dan tartar, scaling gigi membantu mengurangi risiko kerusakan gigi seperti karies. Gigi yang bersih dan sehat cenderung lebih kuat dan tahan terhadap kerusakan.

2. Meningkatkan Penampilan

Scaling gigi dapat membantu meningkatkan penampilan gigi dengan menghilangkan noda-noda dan meningkatkan warna gigi. Ini dapat memberikan senyuman yang lebih cerah dan menarik.

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Perawatan gigi ini adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan umum gigi dan gusi. Ini membantu mencegah masalah yang lebih serius dan biaya perawatan yang lebih tinggi di masa depan.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi, seseorang dapat menghindari rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan masalah gigi dan gusi, sehingga meningkatkan kualitas hidup mereka.

Apa yang Terjadi Saat Kita Tidak Pernah Melakukan Scaling Gigi?

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi jika kita tidak menjalani scaling gigi secara teratur:

1. Penumpukan Plak dan Karang

Plak adalah lapisan lengket bakteri yang dapat menumpuk pada gigi. Jika plak tidak dihilangkan secara teratur, ini dapat mengeras dan menjadi tartar, yang tidak dapat hilang dengan cara biasa. Karang dapat menyebabkan masalah gusi dan kerusakan gigi.

2. Gingivitis

Penumpukan plak dan tartar di sekitar gusi dapat menyebabkan peradangan gusi atau gingivitis. 

Gejala gingivitis meliputi gusi merah, bengkak, berdarah saat menggosok gigi, dan napas yang tidak sedap.

3. Penyakit Periodontal

Jika gingivitis tidak terobati, ini dapat berkembang menjadi penyakit periodontal yang lebih serius. Penyakit periodontal melibatkan kerusakan gusi dan jaringan penyangga gigi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kehilangan gigi.

4. Karies

Plak bakteri juga dapat menyebabkan pembentukan asam yang merusak email gigi dan menyebabkan karies atau lubang pada gigi.

5. Bau Mulut

Penumpukan plak yang tidak dihilangkan dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap karena bakteri mulut yang aktif.

6. Berkurangnya Estetika

Penumpukan plak dan karang dapat menyebabkan perubahan warna gigi dan noda yang sulit dihilangkan. Ini dapat mempengaruhi penampilan senyuman.

7. Ketidaknyamanan dan Nyeri

Kondisi seperti gigi sensitif atau infeksi gigi dapat menyebabkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan.

Prosedur Scaling Gigi

Ilustrasi Prosedur Scaling

Prosedur scaling gigi adalah tindakan pembersihan gigi yang dilakukan oleh seorang profesional kesehatan gigi, seperti dokter gigi atau seorang ahli dental hygienist. 

Prosedur ini bertujuan untuk menghilangkan plak, karang gigi, dan kotoran lainnya yang menumpuk di atas gigi dan di antara gigi. Berikut adalah langkah-langkah dalam prosedur ini:

1. Pemeriksaan Awal

Sebelum prosedur dimulai, dokter gigi atau ahli dental hygienist akan melakukan pemeriksaan awal pada gigi dan gusi Anda. 

Mereka akan mencari tanda-tanda peradangan, perdarahan gusi, atau masalah gigi lainnya.

2. Penggunaan Alat Scaling

Selama prosedur, profesional kesehatan gigi akan menggunakan alat khusus yang disebut scaler atau curette. 

Alat ini memiliki ujung yang tajam atau bergerigi yang digunakan untuk mengikis plak, karang gigi, dan kotoran dari permukaan gigi.

3. Scaling

Profesional kesehatan gigi akan mengarahkan alat scaling ke seluruh permukaan gigi, termasuk di antara gigi.

Mereka akan mengikis plak dan karang gigi yang mungkin menumpuk di sana. Tindakan ini dapat menghasilkan suara ringisan yang terdengar selama prosedur.

4. Polishing

Setelah proses selesai, gigi Anda akan dipoles menggunakan pasta khusus. Polishing bertujuan untuk menghaluskan permukaan gigi dan menghilangkan noda atau bintik-bintik kecil.

5. Pembersihan Lingkungan Gusi

Selain membersihkan gigi, profesional kesehatan gigi juga akan membersihkan dan membersihkan kotoran dari daerah sekitar gusi.

6. Instruksi Perawatan

Setelah prosedur selesai, dokter gigi atau ahli dental hygienist mungkin akan memberikan instruksi perawatan gigi dan saran untuk menjaga kebersihan mulut Anda di rumah. 

Ini termasuk teknik menyikat gigi yang benar, penggunaan benang gigi, dan perawatan tambahan jika Anda memiliki masalah kesehatan gigi tertentu.

Prosedur ini umumnya tidak menyebabkan rasa sakit yang signifikan, meskipun Anda mungkin merasakan sedikit ketidaknyamanan atau tekanan selama prosedur.

Klinik Gigi Terbaik di Jakarta

Proses ini bertujuan untuk mempertahankan kesehatan gigi dan gusi Anda, mencegah penyakit gusi, serta menjaga gigi tetap bersih dan bebas dari masalah seperti karang gigi. 

Disarankan untuk menjalani scaling gigi secara teratur, biasanya setiap enam bulan sekali, untuk menjaga kesehatan mulut yang optimal.

Untuk melakukan scaling gigi, solusi terbaiknya adalah dengan mengunjungi Klinik Utama Pandawa.

Banyak yang menganggap scaling gigi di Klinik Utama Pandawa adalah yang terbaik karena klinik ini menawarkan layanan perawatan gigi yang dilakukan oleh profesional kesehatan gigi berpengalaman. 

Klinik gigi terdekat dan terbaik kami memiliki peralatan perawatan gigi yang modern dan teknologi terkini untuk memastikan pasien mendapatkan perawatan yang optimal. 

Selain itu, Klinik Utama Pandawa juga memiliki tim yang peduli dan berkomitmen untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pasien. 

Dengan pendekatan holistik terhadap perawatan gigi dan pencegahan penyakit mulut, klinik ini menjadi pilihan yang unggul untuk perawatan scaling gigi yang efektif dan berkualitas.

Referensi:
Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)