Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Skin Barrier Kamu Rusak? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Apakah saat ini sahabat pandawa aktif menggunakan skincare wajah, tapi belum juga terlihat perkembangannya? Jangan-jangan kamu sedang alami skin barrier rusak. Kalau begitu kamu wajib perhatikan satu ini.

skin barrier rusak

Skin barrier saat ini sedang popular dibidang kulit dan kecantikan. Skin barrier sendiri merupakan lapisan terluar kulit, dimana sebagai pintu masuk segala komponen kecantikan termasuk iritan. Jika skin barrier rusak, maka akan sulit terjadinya perubahan di dalam kulit tersebut. Jadi intinya, kamu harus perbaiki pintu masuk atau lapisan kulit terluar kamu bila ingin mendapatkan penampilan yang menawan.

Nah, kamu pun perlu berhati-hati memilih produk skincare untuk perbaiki skin barrier yang terlanjur rusak. Kamu wajib tahu dahulu apa itu penyebabnya hingga bagaimana ciri-cirinya. Setelah kamu paham, maka kamu bisa segera atasi permasalah kulit luar kamu dengan aman. Tetapi, jangan lupa tetap konsultasikan pada dokter kulit atau kecantikan untuk segala masalah kulit kamu.

Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak

Pada tiap orang memiliki ciri-ciri atau tanda yang berbeda-beda. Beberapa ciri-ciri yang bisa kamu rasakan ketika skin barrier alami kerusakan akan alami kulit menjadi kusam, dehidrasi, bersisik, mengelupas, kasar, gata-gatal, dan radang, kemerahan, minyak berlebih, serta alami jerawat.

Selain itu, jika kulit terasa ‘ketarik atau kencang’ berarti skin barrier rusak. Untuk itu, ciri-ciri ini harus kamu perhatikan dengan seksama agar dapat mengambil kesimpulan dan tindakan setelahnya.

Baca juga: Makin Awet Muda dan Bebas Kusam Dengan Skin Booster Treatment

Penyebab Rusaknya Lapisan Kulit Terluar

Skin Barrier yang rusak dikarenakan beberapa hal. Mulai dari cara penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai, pemilihan kandungan produk yang salah, faktor lingkungan, bahkan umur. Nah, secara lebih spesifik penyebabnya dapat dijelaskan pada poin-poin berikut ini:

  • Menggunakan perawatan wajah yang berbahan keras sehingga dapat sebabkan iritasi pada kulit wajah. Hal ini biasanya ditandai dengan ada kulit yang mengelupas dan mongering.
  • Lakukan over exfoliating yang akhirnya menghilangkan skin barrier. Mengangkat sel kulit mati, dibagian lapisan perlindungan kulit terluar yang kemudian menjadi rusak.
  • Tidak mempedulikan kelembapan kulit wajah. Hal ini nyatanya masih saja banyak terjadi. Terlebih lagi bagi yang mempunyai kulit berminyak yang mengganggap tak perlu lagi aplikasikan pelembap ke wajah. Pasalnya, apapun jenis kulit wajah kamu, pelembap ialah hal yang harus dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit supaya lebih sehat dan terawat.
  • Sering terkena sinar matahari yang dalam jangka waktu lama tanpa adanya sunscreen. Matahari memang jadi hal yang paling menakutkan karena dampak buruknya yang bisa rusakkan kulit wajah.
  • Kurangnya jam tidur
  • Mengalami stress
  • Terpapar populasi berbhaya dari lingkungan
  • Usia yang semakin menua dapat sebabkan skin barrier jadi rusak

Baca juga: Kenali Ciri Kulit Sensitif Pada Wajah & Perawatan Ampuh yang Perlu Kamu Ketahui

Dampak Rusaknya Skin Barrier

Selanjutnya kita akan membahas apa saja dampak jika skin barrier rusak. Skin barrier ini akan membuat kulit wajah jadi berubah dengan cepat. Jika berdampak pada kulit pastinya akan jadi lebih sensitive, kelupas, hingga peradangan.

Dalam beberapa kasus, banyak yang menimbulkan efek mudah jerawatan, kusam, noda hiperpigmentasi dan kulit kering. Hal tersebut bisa diperparah bila kamu aktif memakai makeup untuk menutupi kekurangan. Selain makeup yang cepat luntur dan tidak tahan lama, juga bisa membuat kulit rusak dan jauh lebih sensitif. Maka itu kamu perlu cara tepat perbaiki dengan konsultasikan pada dokter kulit.

Baca juga: Muncul Bercak Cokelat di Wajah, Awas Tanda-tanda Melasma!

Cara Memperbaiki Skin Barrier

Walaupun kamu sudah rasakan ciri-ciri skin barrier rusak dan kemungkinan kamu sedang mengalaminya, kamu jangan khawatir Sahabat Pandawa. Beberapa cara di bawah ini ialah tips yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Gunakan skincare dasar, hal ini harus kamu lakukan untuk menghilangkan penggunaan skincare yang tak banyak. Cukup gunakan cleanser, moisturizer, serta sunscreen sebagai langkah pertama penggunaan perawatan wajah yang akan memperbaiki skin barrier.
  • Hidrasi kulit dengan baik, kamu harus tahu bahwa munculnya jerawat, komedo, serta breakout sebabkan kulit yang kering. Untuk itu, kulit yang kering produk yang dapat melembapkan, seperti toner, serum, serta moisturizer.
  • Skin exfoliasi. Langkah ini sebenarnya sah-sah saja yang ingin kamu lakukan saat kulit wajah kamu sudah membaik. Namun, saat skin barrier kamu mengalami masalah, jangan sekali-kali keseringan exfoliasi, supaya menghindari semakin rusak lapisan perlindungan luar kulit kamu.
  • Gunakan skincare yang memberikan efek calming atau menyejukan. Produk dengan kandungan hyaluronic acidsnail mucintea tree oil, calendula, centella aciatica dapat jadi komponen atau kandungan yang dipercaya para ahli membuat kulit lebih nyaman dan sehat.
  • Jangan gunakan skincare yang bersifat astrigen karena dapat bikin kulit wajah kamu semakin dehidrasi.
  • Gunakan produk dengan kandungan antidioksida dan konsumsi makanan yang kaya antioksidan, karena dapat mencegah radikal bebas dari luar yang dapat merusak kulit luar.

Sebagai contohnya, minyak kelapa, minyak almond, minyak kedelai, dan lain-lain. Minyak yang alami ini punya efek antibakteri, antiradang, serta antioksidan. Untuk atasi skin barrier yang sudah rusak, pentingnya kamu hindari air yang terlalu panas untuk mencuci wajah.

Baca juga: Berikut Ragam Cara Ampuh Lenyapkan Bekas Jerawat Kemerahan Layak Di Coba!

Atasi Masalah Kulit dan Dapatkan Kulit Sehat Hanya di Klinik Estetika Pandawa

Jika kamu sudah mengalami kerusakan pada skin barrier kamu dapat mencoba langkah dengan perawatan Hollywood Facial by Dermalinfusion. Perawatan ini tidak hanya memperbaiki skin barrier saja, tetapi dapat menghilangkan jerawat, mengatasi wajah kusam, menghilangkan bekas jerawat. Sebab, dengan sekali perawatan teknologi asal USA ini mampu mengeksfoliasi, menutrisi, dan melembapkan sehingga kamu bisa langsung mendapatkan kulit wajah yang kamu inginkan.

Selain itu kamu bisa mendapatkan perwatan kulit antiaging dan awet maskimal dengan perawatan skin booster. Kamu pun bisa atasi masalah garis halus dengan rangkaian perawatan microneedling dan chemical peeling. Tentunya semua treatment ini dilakukan oleh dokter ahli dibidangnya serta alat yang higienis.

Perawatan ini sudah banyak di kenal di dunia kecantikan. Kamu ingin mencoba perawatan yang satu ini? Kamu dapat langsung datang ke Klinik Estetika Pandawa yang tepatnya di Gedung Baja, Jakarta Pusat. Jika kamu ingin melakukan konsultasi terlebih dahulu, kamu dapat mengubungi kami ke nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Atau kamu dapat klik layanan Konsulatsi Gratis.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)