Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

5 Masalah Gangguan Kulit Akibat Stres Berkepanjangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Saat ini kita berada di tengah kondisi pandemi yang belum selesai. Di mana mengharuskan kita untuk bekerja, belajar dan beraktivitas di rumah saja. Kondisi ini tentu membuat kita terasa mumet hingga stres apalagi bagi orang yang telah terbiasa dengan segudang aktivitas di luar. Selain kepala pusing dan tensi darah naik, beberapa orang juga bisa alami kulit gatal-gatal akibat stres. Apakah kamu salah satunya? Yuk kita bahas bersama kenapa stres bikin kulit gatal gatal, di bawah ini.

stres bikin kulit gatal

Kenapa stres bikin kulit gatal?

Kondisi stres sendiri merupakan reaksi tubuh ketika mendapatkan tekanan, ancaman hingga perubahan. Tak hanya bisa berdampak pada kondisi kesehatan mental, stres juga bisa memicu masalah pada kulit. Saat kamu mengalami kondisi stres, otak akan bereaksi melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol. Sehingga akan ada sedikit perubahan detak jantuk lebih cepat, pernapasan meningkat, otot menegang serta tekanan darah pun ikut naik.

Begitu juga akan mempengaruhi kulit kamu. Kulit yang terhubung dengan saraf bisa mendeteksi adanya bahaya karena stres, sehingga kulit pun ikut bereaksi. Itulah kenapa stres bikin kulit gatal sering dirasakan banyak orang. Terlebih jika kamu berada di area yang padat, panas, lembap dan mudah berkeringat maka akan terperangkap di dalam lapisan kulit sehingga tak bisa ikut menguap. hal ini kemudian muncullah beberapa masalah kulit seperti biang keringat, jerawat dan lainnya.

Selain itu, stres bikin kulit gatal karena tubuh memproduksi hormon-hormon yang bisa memicu penyakit kulit yang sudah lebih dulu kamu derita dan memperburuknya.

Vagina Terasa Kering Bikin Aktivitas Seks Nyeri, Cari Tahu Penyebabnya

Macam Masalah Kulit Akibat Stres

berikut ini beberapa masalah kulit yang sering muncul akibat stres, diantaranya:

Stres bikin kulit gatal biduran.

Biduran atau urtikaria merupakan salah satu reaksi imun terhadap zat pemicu alergi (alergen). Saat stres, tubuh kamu mengeluarkan zat kimia bernama neuropeptida dan neurotransmitter. Zat-zat kimia ini dapat mengubah respon tubuh terhadap paparan alergen, sehingga kulit akan menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami alergi dalam bentuk biduran.

Kulit kamu akan nampak bentol-bentol tak beraturan dan bisa muncul disekujur tubuh bahan mulut. kondisi ini lantas membuat tak nyaman dikarenakan rasa gatal, dan bengkak.

Wajib Kamu Tahu, Inilah 6 Macam Hormon pada Wanita serta Cara Meningkatkan!

Jerawatan.

Terlebih bagi wanita, sepertinya sudah tak asing dengan kondisi ini. Selain kondisi menstruasi yang bisa picu jerawat, stres pun bisa timbulkan jerawat. Saat stres terjadi bisa menyebabkan meningkatnya kadar hormon kortisol yang bisa picu produksi minyak pada kulit. Apalagi bila kamu jarang memperhatikan kebersihan wajah maka akan mudah sekali jerawat muncul, minyak berlebih, dan wajah jauh lebih kusam.

Stres bikin kulit gatal eksim.

Eksim, seperti eksim atopik dan eksim diskoid, akan menyebabkan kulit penderitanya merah, gatal, bersisik, dan menebal. Walaupun penyebab eksim atopik sendiri tidak diketahui secara pasti, namun stres diketahui dapat memicu peradangan pada kulit yang kemudian menimbulkan eksim atopik. Apalagi bila kamu diketahui menderita penyakit kulit eksim ini, begitu dilanda stres dan banyak tekanan pikiran maka eksim ini akan mudah kambuh.

Gejala yang paling umum adalah rasa gatal sebelum adanya ruam-ruam, kulit terasa kering, dan bersisik. Bila digaruk keseringan bisa berubah menjadi merah dan seringnya bisa sebabkan luka berair sehingga mudah timbul koreng atau kerak di sekelilingnya.

Hubungan Seksual Terganggu? Mungkin Kamu Alami Disfungsi Ereksi

Psoriasis.

Selain eksim ada masalah kulit yang tak boleh diabaikan yaitu psoriasis. Psoriasis ini merupakan salah satu gangguan kulit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Kondisi gangguan kulit ini ditandai dengan bercak merah, bersisik, gatal dan mengelupas. Salah satu penyebabnya tidak lain stres bikin kulit gatal.

Sama seperti eksim, bila kamu terindikasi memiliki penyakit ini, maka ketika sedang alami stres bisa kambuh dan memperparah psoriasis.  Eksim dan psoriasis harus membutuhkan perawatan kulit yang ekstra perhatian. Jika kamu bisa mengatasi rasa stres maka gangguan kulit pun bisa mudah dikendalikan.

Stres bikin kulit gatal neurodermatitis.

Gangguan kulit lainnya yang diakibatkan stres yaitu penyakit kulit neurodermatitis. Neurodermatitis atau liken simpleks ini terbilang penyakit kulit kronis yang ditandai dengan bercak-bercak putih di kulit yang terasa amat gatal. Rasa gatal ini semakin bertambah parah ketika kamu mulai menggaruknya.

Kondisi kulit neurodermatitis ini biasa muncul di leher, pergelangan tangan, lengan, area kaki dan pergelangan kaki. Disamping itu juga bisa berada di bagian area kelamin, seperti selangkangan, buah zakar maupun bibir miss v.

Untuk itu, sebaiknya segera atasi gejala stres yang kamu alami jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang cukup panjang dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

9 Jenis Penyebab Gatal Berair pada Kulit, Waspada Segera

Bagaimana cara penanganan gangguan kulit?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tingkat stres dan kesehatan kulit, seperti mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan juga jangan lupa untuk selalu merawat kesehatan kulit dengan baik. Lakukan kegiatan menyenangkan yang bisa meningkatkan imun dan membuat kamu lebih bahagia.

Jika memang stres bikin kulit gatal ini tak terkendalikan, segeralah konsultasikan dan diskusikan dengan dokter kulit terpercaya untuk mendapatkan penanganan. Cara mengobati penyakit kulit pun biasanya akan disesuaikan dengan penyebabnya. Jangan sekali mencoba obat sembarangan selain dari resep dokter, sebab bisa menambah keparahan jika salah resep.

Kamu pun bisa berkonsultasi gratis atau buat janji bersama dokter andrologi Klinik Pandawa. Langsung saja WA/TLP/SMS di nomor 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS. Rahasia terjamin.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)