Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Suntik Filler Wajah, Solusi Percantik Diri Tanpa Operasi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Sahabat pandawa pasti sudah tidak asing lagi dengan metode kecantikan suntik filler. Sekarang ini metode suntik filler wajah semakin berkembang dan banyak digemari oleh beberapa kalangan, baik wanita maupun pria.

Metode kecantikan dengan suntik filler yang sedang tren ini dikenal dengan untuk menghilangkan kerutan di wajah, menghaluskan kulit wajah, dan memperbaiki bentuk wajah tanpa melakukan operasi.

Metodenya yang singkat atau bahkan tak hampir 60 menit, menjadi solusi bagi banyak orang melakukan suntik filler wajah guna menambah kepercayaan diri. Untuk sahabat pandawa yang tertarik dengan metode ini, sebelum melakukan treatment ini yuk ketahui lebih lanjut tentang suntik filler di sini.

Apa itu Perawatan Kecantikan Suntik Filler wajah?

Bersamaan bertambahnya usia, kulit kita juga secara otomatis akan kehilangan kelenturannya. Sehinggga otomatis timbullah garis-garis halus dan kerutan secara perlahan-lahan.

Suntik filler wajah merupakan salah satu solusi yang ditawarkan dalam perawatan medis kecantikan untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan di wajah maupun bekas luka.   

Metode kecantikan dengan filler ini dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan asam hialuronat, kolagen atau zat sintetis ataupun alami ke dalam garis, lipatan dan jaringan wajah untuk mengurangi penuaan dan mengembalikan vitalitas wajah yang berkurang seiring bertambahnya usia.

Seperti pada dahi, hidung, pipi, bbir, dagu, rahang atau lainnya. Hanya dengan menyuntik wajah dengan cairan suntik filler, maka area wajah jadi lebih berisi dan tidak ada lagi keriput yang mengganggu.

Metode ini juga sering dikenal dengan treatment dermal filler, suntik implan, filler bekas luka dan filler jaringan lunak.  Keunggulan suntik filler pun banyak, diantaranya untuk menghapus garis senyum, mengisi pipi dan bibir, dan memperbaiki bekas jerawat.

Sebagian besar metode suntik filler ini bisa diserap oleh kulit. Hasilnya pun bisa dirasakan selama beberapa bulan sampai beberapa tahun, tergantung pada produk dan masing-masing individu. Bahkan beberapa metode suntik filler disebut-sebut juga bisa memberikan hasil yang permanen dan dapat bertahan hingga beberapa tahun, lho.

Manfaat dari Suntik Filler

Suntik filler wajah memiliki banyak manfaat untuk memperbaiki berbagai macam keluhan penuaan dini  atau hanya untuk sekedar ikut tren. Adapun beberapa keunggulannya yaitu:

  • Memberikan efek volume (isi) guna menghaluskan kerutan yang dalam seperti pada dahi, area hidung hingga mulut.
  • Menebalkan bibir tipis dan menghaluskan garis vertical yang terdapat di sekitar ujung bibir.
  • Memberikan efek volume di pipi juga membuat terlihat awet muda. 
  • Mengisi cekungan di bawah area mata.
  • Menyamarkan luka bekas jerawat atau cacar air.

Jenis-jenis Filler

Beberapa metode kecantikan ini bisa memberikan hasil langsung, tetapi, berdasarkan American Academy of Dermatology (AAD), metode ini yang paling umum mengharuskan perawatan selama beberapa minggu atau bulan untuk hasil yang optimal, diikuti oleh perawatan sesekali. Berikut beberapa jenis filler yang umum digunakan:

  • Asam Hialuronat (HA)

Zat bertekstur seperti gel ini sebenarnya ada secara alami di dalam tubuh. Namun, cairan ini bisa digunakan untuk “menambah” kulit, menambahkan volume ke tempat-tempat, seperti pipi dan menghaluskan kerutan, terutama di sekitar mata, bibir, dan dahi.

Menurut American Board of Cosmetic Surgery (ABCS) mengungkapkan bahwa cairan ini membutuhkan waktu untuk penyerapan tubuh secara bertahap dan hasil umumnya hanya bertahan selama 6-12 bulan.

  • Kalsium Hidroksilapatit (CaHA)

Suntik filler ini menggunakan kalsium dan menambahkannya ke gel, selanjutnya disuntikkan pada area wajah tertentu. Gel ini mempunyai konsistensi yang lebih tebal daripada HA, sehingga sesuasi digunakan untuk menutupi kerutan dalam.

  • Asam Poli-L-Laktat

Asam yang dapat terbiodegradasi ini merangsang produksi kolagen kulit sendiri, alih-alih “mengisi” kerutan. Cairan ini memberi kekuatan agar kembali kencang dan mengurangi munculnya keriput.

Suntik filler ini bekerja secara bertahap, tetapi bisa memberikan hasil yang semi permanen yang bisa bertahan setidaknya dua tahun.

  • Polymethylmethacrylate (PMMA)

Filler ini terdiri dari partikel partikel kecil disebut mikrosfer dan kolagen untuk mengisi kulit. Walau jenis filler ini bisa memberikan hasil permanen yang bertahan selama 5 tahun, tetapi PMMA ini kurang terlalu direkomendasikan oleh dokter. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Aesthetics, metode kecantikan ini yang bertahan lama punya tingkat komplikasi yang lebih tinggi, seperti infeksi dan nodul.

Efek samping

Meskipun aman untuk dilakukan, kamu harus ingat, bila semua prosedur kecantikan pasti mempunyai risiko. Termasuk suntik filler wajah ini. Nah, berbagai efek samping yang umumnya ditimbulkan setelah seseorang melakukan filler wajah diantaranya sepert:

  • Alergi

Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif juga memungkinkan mengalami alergi terhadap cairan filler yang digunakan untuk suntik filler wajah. Seringnya, reaksi yang mungkin timbul yaitu kulit terasa panas, muncul ruam merah di wajah, gatal, dan lain sebagainya. Untuk itu, konsultasikan dahulu pada dokter ahlinya sebelum kamu melakukan tindakan ini.

  • Bekas luka

Teknik penyuntikan filler yang salah bisa saja menimbulkan bekas luka yang susah hilang. Bahan suntik filler dengan silikon bisa menimbulkan efek bekas luka, setelah tiga minggu sampai sepuluh tahun. Untuk menghilangkan bekas luka, dokter bisa menyuntikan kortikosteroid ke bekas luka tersebut.

  • Kulit kemerahan

Terkadang juga efek samping metode ini mengubah kulit menjadi warna merah dan bengkak di tempat suntikan. Namun, efek samping ini akan lekas mereda setelah beberapa jam tindakan. Bila sahabat pandawa ingin meredakannya, kamu juga bisa memberikan kompres es pada wajah.

Tips Melakukan Suntik Filler

Nah, untuk meminimalkan efek samping filler seperti di atas, ada banyak hal yang mesti kamu lakukan, diataranya meliputi:

  • Carilah klinik yang tepat. Cara untuk mencegah infeksi dan efek samping lainnya, suntikan filler harus diberikan di tempat yang sesuai, bersih, dan aman. Contohnya, sepereti pada klinik resmi kecantikan atau rumah sakit. Metode kecantikan ini sebaiknya tidak diberikan di rumah, hotel, spa, ataupun salon kecantikan biasa yang tanpa pengawasan dokter.
  • Dilakukan bersama ahlinya. Pastikan praktisi yang melakukan filler adalah dokter kulit yang telah menjalani pelatihan khusus. Tindakan ini bisa dibuktikan dengan ada tidaknya sertifikasi legal. Jangan tertipu dengan gelar-gelar tertentu yang bukan didapatkan dari pelatihan yang resmi.
  • Jangan asal pilih filler. Berbagai filler memang dijual bebas, bahkan secara online. Meski mudah didapatkan, tetapi filler dapat membawa dampak buruk permanen dan berbahaya jika tidak cocok untuk kulit wajah. Apalagi bila tidak dilakukan oleh ahlinya. Oleh karena itu, hindari membeli filler ini meski harganya murah. Hindari filler yang berasal dari tempat di luar tempat praktek dokter.
  • Pastikan dokter menginformasikan risiko dan efek samping suntikan.

Suntik Filler di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis estetika dan skin care terbaik di Jakarta. Proses filler untuk cegah keriput dengan tidak memakan waktu lama dan aman menjadi jaminan kualitas di Klinik Kami.  Dokter ahli dan profesional yang dimiliki mampu memberikan treatment terbaik sesuai kebutuhanmu.

Apabila kamu membutuhkan informasi suntik filler lebih lanjut, maka kamu dapat berkonsultasi online dengan dokter ahli Kami secara gratis di sini atau hubungi nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 (telepon/SMS/WA). Selain melayani filler, kamu juga bisa temukan treatment terbaik kami seperti suntik putih (infuse whitening) maupun lainnya.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)