Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Tak Perlu Khawatir, Berikut Cara Hilangkan Bekas Luka di Tubuh Paling Ampuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Mempunyai bekas luka pada area tubuh tentu bisa menjadi hal yang sangat mengganggu bagi semua orang. Bekas luka yang ada di kulit tentu bisa membuat tak nyaman dan akhirnya menjadi kurang pede. Apalagi kalau bekas luka yang dimiliki terbilang banyak dan terletak pada bagian tubuh yang terlihat. Alhasil berbagai cara menghilangkan bekas luka yang ampuh pun di cari demi mendapatkan kulit mulus.

Cara menghilangkan bekas luka di tubuh sendiri banyak yang bisa kamu pilih untuk dicoba. Dari cara alami hingga bantuan prosedur medis. Tetapi sebelum lanjut kita bahas, kamu harus tau penyebab dan jenis bekas luka seperti apa yang kamu alami. Bila termasuk ringan kamu bisa mencoba cara alami atau tidak perlu ditangani, tetapi bila termasuk berat dan membutuhan pertolongan medis kamu bisa diskusikan ke ahlinya.

Kalau begitu yuk kita lihat jenis-jenis bekas luka dan apa saja cara menghilangkan bekas luka yang efektif di bawah ini.

cara menghilangkan bekas luka

Jenis-jenis bekas luka

Munculnya luka bisa beragam dan bisa berada dibagian tubuh manapun. Bisa berasal dari jerawat, luka celaka ringan hingga parah, cacar, bekas operasi dan sebagainya.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa jenis-jenis bekas luka di antaranya seperti:

  1. Keloid: Bekas luka keloid umumnya tumbuh lebih besar dibandingkan luka itu sendiri. Bekas cedera ini umumnya bertekstur menonjol, berwarna gelap dan bisa terus meluas setelah luka pulih.
  2. Hipertrofik: Serupa seperti keloid, bekas cedera ini juga muncul dan bercorak merah. Tetapi, hipertrofik ini cuma muncul di lokasi terbentuknya cedera.
  3. Atrofi: Bekas luka ini biasanya muncul berbentuk seperti lubang. Bekas luka jenis ini timbul sebagai akibat dari kerusakan pada kolagen kulit.
  4. Kontraktur: Bekas luka ini dapat menyebabkan kulit menjadi mengencang atau tertarik. Umumnya bekas luka ini diakibatkan oleh luka bakar.

Baca juga: Suntik Filler Wajah, Solusi Percantik Diri Tanpa Operasi

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

Bagaimana cara hilangkan bekas-bekas luka yang tak kunjung hilang? Inilah beberapa tips yang perlu kamu coba.

Vitamin E

Salah satu yang dipercaya bisa mengatasi bekas luka yakni vitamin E yang terbilang baik untuk kulit. Menurut penelitian, menggunakan vitamin E sebelum dan sesudah operasi bisa mempercepat proses penyembuhan dan mencegah munculnya keloid atau jaringan parut pada kulit.

Kamu bisa manfaatkan salep, krim atau suplemen yang mengandung vitamin E. Kamu pun bisa mengonsumsi makanan sehat yang mengandung cukup vitamin E, seperti biji-bijian, kacang, dan sayuran hijau.

Lidah buaya

Tak cuma dikenal bagus untuk keindahan rambut, lidah buaya (aloe vera) dipercaya mampu menyamarkan dan menghilangkan bekas-bekas luka dikulit. Selain itu, khasiat lidah buaya lainnya juga bisa mengurangi pembengkakan, membantu meregenerasi kulit, serta kerusakan kulit.

Untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka yang ada di tubuh kamu.

Coba balurkan dan pijat dengan gerakan melingkar, diamkan hingga 30 menit, lalu bilas dengan air. Terapkan perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

Minyak Zaitun

Selain lidah buaya ada minyak zaitun yang juga kaya akan vitamin K dan vitamin E yang baik untuk kulit. Minyak zaitun juga dikenal dengan kandungan antioksidan dan asam yang tinggi serta efektif sebagai cara menghilangkan bekas luka.

Kandungan zat linoleic acid yang ada dalam minyak zaitun pun berkhasiat untuk memudarkan bekas luka menghitam di kaki juga. Selain itu, minyak zaitun pun mempunyai kandungan polifenol atau anti-oksidan dengan fungsinya melindungi sel-sel dari kerusakan.

Cukup dengan mencampurkan minyak zaitun dengan baking soda. Kemudian, gosokkan perlahan pada area bekas luka. Lakukan dengan rutin, agar bekas luka ditubuh kamu perlahan memudar.

Selain dari 3 bahan di atas, kamu bisa mencoba cara menghilangkan bekas luka ampuh lainnya, seperti dengan teh hijau, madu, jeruk nipis ataupun air kelapa yang mengandung banyak nutrisi.

Nah selain dari bahan-bahan alami di atas, cara menghilangkan bekas luka juga bisa kamu dapatkan secara medis.

Baca juga: Berikut Ragam Cara Ampuh Lenyapkan Bekas Jerawat Kemerahan Layak Di Coba!

Cara Menghilangkan Bekas Luka secara Medis

Mengatasi bekas luka bisa berbeda-beda, hal ini disesuaikan dengan jenis luka dan areanya. Perawatan bagi bekas luka akibat jerawat bisa berbeda dengan bekas cacar, irisan benda tajam, atau bahkan akibat celaka.

Jika kamu memilih cara medis ini, carilah klinik atau dokter ahli yang bagus dan berpengalaman mengatasi masalah kulit. Karena di luar sana banyak sekali klinik-klinik yang hanya menawarkan cara instan tetapi kurang berkualitas. Nah berikut cara yang bisa kamu pilih dan coba atasi bekas-bekas luka di tubuh kamu.

Dermabrasi

Kalau bekas luka yang dimiliki berbentuk seperti gumpalan padat atau lebih tinggi dari kulit sekitarnya, dan membuat permukaan kulit menjadi tak rata, kamu bisa menggunakan cara ini. Dengan alat khusus dermabrasi berfungsi untuk mengikis bagian permukaan kulit bekas luka, kemudian merangsang kembali pertumbuhan kulit, sehingga lapisan kulit tampak lebih halus dan merata.

Mikrodermabrasi

Perawatan mikrodermabrasi umumnya diterapkan pada bagian luka kecil atau dangkal. Seperti luka bekas jerawat, garis halus, bintik-bintik akibat penuaan, serta mampu atasi wajah kusam. Baik dermabrasi maupun mikrodermabrasi bisa dilakukan oleh dokter kecantikan atau spesialis kulit.

Laser resurfacing

Perawatan ini memiliki prosedur yang hampir sama dengan dermabrasi, dan tidak seperti perawatan laser lainnya yang memerlukan waktu pulih yang lebih lama. Penggunaan laser jenis terbaru dalam perawatan ini bisa memberikan hasil yang lebih halus karena laser ini langsung bekerja pada jaringan kolagen dalam dermis tanpa menghilangkan lapisan atas kulit. Dan tentunya aman.

Biasanya sebelum kamu memilih perawatan ini, kamu perlu mendiskusikan dengan ahlinya. Kemudian sebelum diterapkan, bagian yang akan di laser akan lebih dulu diberi anestesi.

Suntik steroid

Bagi kamu yang punya luka hypertrophic atau luka keloid bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan cara yang satu ini. Suntik steroid bisa membantu dalam melunakkan tampilan bekas luka jenis tersebut. Cairan steroid ini akan disuntikan area bekas luka beberapa kali dalam jangka waktu cukup panjang guna kembali meratakan area tersebut.

Kamu tidak bisa menyuntikannya sendiri, baiknya kamu didampingi dan ditangani langsung oleh dokter ahli.

Baca juga: Mau Basmi Komedo Sampai Akar-akarnya? Berikut 9 Cara Ampuh!

Penanganan Bekas Luka di Klinik Pandawa

Jika kamu di antara sahabat pandawa yang sedang mencari cara menghilangkan bekas luka di tubuh maupun wajah dengan prosedur di atas, bisa dapatkan bersama Klinik Pandawa. Beragam metode tindakan bisa kamu dapatkan guna mengembalikan penampilan dan kepercayaan diri.

Dengan dokter spesialis kulit yang profesional dibantu pula dengan alat berteknologi modern nan canggih membantu kamu terbebas dari bekas-bekas luka.

Apabila kamu membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan layanan kami secara gratis di melalui 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau dapat mengklik link KONSULTASI GRATIS.

Referensi:
Healthline. Dermabrasion.
Web MD. Scars and Your Skin.
NHS Choices UK (2017). Scars.
Healthline. What Is Microdermabrasion?

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)