Tambal Gigi: Tujuan, Jenis, Prosedur, & Tempat Terbaik

Salah satu prosedur yang umum untuk menjaga gigi tetap sehat adalah tambal gigi. Merawat kesehatan gigi merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang tambal gigi, mulai dari tujuan hingga prosesnya.

Tujuan Melakukan Tambal Gigi

YouTube player
Solusi Gigi Berlubang Dengan Tambal Gigi (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Melakukan tambal gigi atau filling gigi memiliki tujuan utama untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan gigi. Berikut adalah beberapa tujuan utama dari prosedur tambal gigi:

1. Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut

Salah satu tujuan utama tambal gigi adalah mencegah kerusakan lebih lanjut pada gigi yang mungkin sudah mengalami lubang atau kerusakan struktural. 

Dengan melakukan filling gigi secara tepat waktu, kita dapat menghentikan perkembangan masalah tersebut.

2. Mengurangi Risiko Infeksi

Gigi yang berlubang dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri, meningkatkan risiko infeksi gigi

Tambalan gigi membantu menutup celah dan mencegah bakteri masuk ke dalam gigi, mengurangi risiko infeksi yang dapat merugikan kesehatan gigi dan gusi.

3. Menghilangkan Nyeri

Gigi yang berlubang seringkali menyebabkan nyeri yang tidak nyaman. Melalui prosedur filling gigi, nyeri ini dapat diatasi. 

Tambalan gigi membantu mengembalikan fungsi normal gigi dan mengurangi ketidaknyamanan yang penyebabnya dari kerusakan.

4. Meningkatkan Fungsi Gigi

Tambalan gigi membantu memulihkan fungsi normal gigi, terutama dalam hal mengunyah makanan. Ini penting untuk memastikan kita dapat mengonsumsi makanan dengan baik, mendukung pencernaan yang sehat.

5. Mempertahankan Estetika Gigi

Selain manfaat kesehatan, tambalan gigi juga memiliki tujuan estetika. Mereka dirancang untuk menyatu dengan warna dan bentuk gigi alami, memastikan hasil yang estetis dan tidak mencolok.

6. Pencegahan Kesehatan Gigi Keseluruhan

Filling gigi adalah langkah preventif yang mendukung kesehatan gigi secara keseluruhan. Dengan merawat gigi berlubang, kita dapat mencegah masalah lebih serius yang mungkin timbul jika Anda biarkan tanpa perawatan.

Dengan memahami tujuan dari prosedur tambal gigi, kita dapat mengapresiasi pentingnya menjaga kesehatan gigi secara menyeluruh untuk keberlangsungan kesehatan tubuh secara umum.

Jenis-Jenis Tambal Gigi

Tambal Gigi

Tambal gigi adalah salah satu prosedur perawatan gigi yang umum dilakukan untuk mengatasi kerusakan pada gigi.

Berikut adalah beberapa jenis filling gigi yang dapat dipilih sesuai dengan kondisi gigi dan kebutuhan perawatan gigi Anda.

1. Amalgam

Tambal gigi amalgam, atau yang dikenal sebagai tambal logam, terbuat dari campuran logam, merkuri, perak, dan timah. Jenis tambal ini umum digunakan karena daya tahan yang baik dan biaya yang relatif rendah.

2. Komposit

Filling gigi komposit terbuat dari bahan berwarna yang dapat disesuaikan dengan warna gigi 

asli. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang estetis, cocok untuk gigi depan atau area yang terlihat secara langsung.

3. Glass Ionomer

Filling gigi ini terbuat dari campuran kaca dan polimer. Tambal gigi glass ionomer biasanya berguna untuk filling gigi belakang dan memiliki keuntungan dalam melepaskan fluoride, membantu mencegah kerusakan gigi tambahan.

4. Resin Komposit Nanohybrid

Tambal gigi ini merupakan inovasi dari bahan komposit tradisional. Dengan ukuran partikel yang lebih kecil, filling gigi resin komposit nanohybrid memberikan tampilan yang lebih alami dan daya tahan yang baik.

5. Gold

Filling gigi emas seringkali digunakan untuk gigi belakang. Meskipun mahal, tambal gigi emas memiliki keuntungan dalam ketahanan terhadap korosi dan tidak menyebabkan reaksi alergi.

6. Porselen

Filling gigi porselen merupakan opsi yang sangat estetis karena dapat disesuaikan dengan warna dan bentuk gigi asli. Tambal gigi ini umumnya digunakan untuk perbaikan gigi depan.

7. Amalgam dan Resin (Kombo)

Filling gigi kombinasi amalgam dan resin dapat menjadi pilihan jika Anda menginginkan kombinasi kekuatan amalgam dan estetika resin. Ini adalah opsi yang serbaguna untuk kebutuhan perawatan gigi Anda.

Memilih jenis tambal gigi yang tepat memerlukan pemahaman tentang karakteristik masing-masing opsi. 

Konsultasikan dengan dokter gigi terdekat untuk menentukan jenis filling gigi yang paling sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Prosedur Tambal Gigi (Filling Gigi)

Tambal Gigi (Filling Gigi)

Prosedur filling gigi, atau penambalan gigi, merupakan tindakan bedah gigi yang umum dilakukan untuk mengatasi kerusakan gigi akibat karies.

Pada awalnya, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan menggunakan sinar-X untuk menilai sejauh mana kerusakan gigi. Jika terdapat karies atau gigi berlubang, prosedur tambal yang sudah dokter rekomendasikan.

Sebelum prosedur, area gigi yang akan mendapatkan tambalan akan dokter bersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkan karies dan kotoran. 

Bagian gigi yang rusak kemudian akan dokter angkat menggunakan bor atau laser. Pemilihan bahan filling seperti amalgam, komposit, porselen, atau glass ionomer sesuai dengan lokasi gigi, estetika, dan kebutuhan pasien.

Setelah persiapan, dokter gigi memasang filling ke dalam rongga gigi dan membentuknya agar sesuai dengan struktur gigi asli. 

Proses pengerasan tambal dapat tim medis lakukan dengan sinar UV atau lampu khusus. Selanjutnya, dokter gigi melakukan penyesuaian terakhir, memeriksa oklusi atau gigitan pasien untuk memastikan kenyamanan saat mengunyah.

Prosedur filling gigi umumnya terlaksana dalam satu kunjungan ke dokter gigi dan tidak memakan waktu lama. 

Pasien dapat merasakan perubahan positif dalam fungsi dan kenyamanan gigi yang telah mendapatkan tambalan. 

Perawatan kebersihan gigi dan pemeriksaan rutin sangat kami anjurkan untuk menjaga kesehatan gigi yang optimal.

Artikel Lainnya: Biaya Tambal Gigi di Klinik Utama Pandawa

Tempat Terbaik Melakukan Tambal Gigi

Banyak yang menganggap klinik gigi Jakarta milik Klinik Utama Pandawa adalah tempat terbaik untuk melakukan tambal gigi terdekat di Jakarta karena menawarkan layanan kesehatan gigi dengan standar tinggi dan pendekatan holistik. 

Pertama-tama, klinik ini memiliki tim dokter gigi yang terlatih dengan baik dan berpengalaman dalam berbagai prosedur perawatan gigi, termasuk prosedur tambal gigi. 

Dokter-dokter ini telah menerima pendidikan dan pelatihan yang memadai, memastikan bahwa pasien menerima perawatan yang optimal.

Selanjutnya, Klinik Utama Pandawa menggunakan peralatan dan teknologi medis terkini untuk mendukung proses pemeriksaan dan perawatan gigi. 

Peralatan modern ini membantu dokter gigi dalam melakukan prosedur tambal gigi dengan presisi, memastikan bahwa filling ditempatkan dengan baik dan sesuai dengan struktur gigi asli. 

Keberadaan fasilitas medis yang lengkap juga menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi pasien selama proses perawatan.

Klinik Utama Pandawa memberikan perhatian khusus pada pemilihan bahan filling yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan pasien. 

Pilihan bahan seperti komposit atau porselen yang sesuai dengan keinginan estetika pasien, sekaligus memberikan ketahanan dan kekuatan yang baik pada gigi yang mendapatkan tambalan. Dengan begitu, pasien dapat merasakan manfaat jangka panjang dari prosedur tambal gigi.

Pentingnya pendekatan holistik juga menjadi ciri khas Klinik Utama Pandawa. Selain menjalankan prosedur tambal gigi, tim dokter gigi di klinik ini memberikan edukasi kepada pasien tentang pentingnya perawatan gigi yang berkala, kebersihan mulut yang baik, dan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan gigi secara menyeluruh. 

Pendekatan ini membantu pasien untuk memahami dan menerapkan praktik-praktik kesehatan gigi yang optimal.

Umpan balik positif dari pasien-pasien sebelumnya mencerminkan kepuasan mereka terhadap pelayanan dan perawatan klinik kami. 

Klinik Utama Pandawa adalah pilihan terbaik untuk prosedur tambal gigi yang memberikan hasil optimal dan kesehatan gigi yang terjaga.

Referensi:
Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)