Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Amati 6 Tanda Penuaan Dini Ini Bila Wajahmu Tak Ingin ‘Boros’!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Sahabat pandawa pasti tidak ingin mendapatkan julukan ‘wajah boros’, karena itu artinya wajah kamu tampak lebih tua dari usia asli kamu. Yup, nggak bisa dipungkiri juga, seiringnya bertambah usia, kesehatan kulit pun ikut berkurang. Sehingga timbullah masalah kulit atau tanda-tanda penuaan dini lebih cepat muncul.

Banyak faktor-faktor yang tak disengaja maupun disengaja membuat tanda penuaan dini ini lebih cepat muncul. Dan nggak banyak di usia yang terbilang muda sudah mengalami tanda-tanda penuaan dini.

Untuk kamu yang belum tau penuaan dini, yaitu terjadinya proses penuaan yang muncul lebih cepat pada kamu yang masih berusia muda atau dibawah 30 tahunan. Setiap proses penuaan dini pada tiap individu bisa berbeda-beda. Lalu seperti apa saja sih tanda-tanda penuaan dini dan bagaimana cara menangani masalah kulit ini? Yuk simak terus penjelasannya di bawah ini, ya!

tanda tanda penuaan dini

Penyebab Penuaan Dini

Seperti yang disebutkan di atas, bila ada banyak faktor yang memiliki efek langsung pada seberapa cepat tanda-tanda penuaan dini ini muncul, berikut penyebab penuaan dini seperti;

  • Kebiasaan merokok baik pria dan wanita yang mempercepat kemunculan proses penuaan ini
  • Paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab proses penuaan cepat muncul, sebut saja noda hiperpigmentasi atau noda hitam freckles yang mengganggu
  • Faktor genetik atau keturunan
  • Pola makan yang berantakan dan kurang sehat bisa menjadi penyebab proses penuaan muncul lebih cepat
  • Polusi udara, tak hanya matahari polusi udara yang buruk bisa mempercepat penuaan dan wajah tampak kusam
  • Alkohol dan kafein menjadi kandungan yang bisa mendukung penuaan lebih cepat walau tak langsung terjadi, tapi memiliki efek samping yang buruk untuk kesehatan kulit dan tubuh
  • Stress dan mudah emosional juga ikut mempengaruhi wajah kamu mengalami penurunan dan istilahnya ‘cepat tua’.

6 Tanda-tanda penuaan dini

Nah, setelah kamu tahu penyebab proses penuaan terjadi lebih cepat, berikut tanda penuaan dini yang bisa amati agar kamu pun bisa mencegah ‘wajah boros’. Diantaranya sebagai berikut;

1.Bintik Hitam

Tanda-tanda penuaan dini yang pertama bisa ditandai dengan kemunculan bintik-bintik hitam di area wajah bahkan tubuh. Hal ini yang membuat wajah terlihat ‘Boros’… Bintik hitam ini sering disebut flek hitam yang disebabkan oleh seringnya terpapar matahari langsung.

Ketika kita memasuki usia 30-an, kita mulai melihat dampak kumulatif dari kerusakan akibat sinar matahari, termasuk bintik-bintik matahari.

Untuk pencegahannya kamu bisa selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan kandungan SPF 30. Pakailah setiap kamu beraktivitas di luar rumah untuk melindungi diri dari paparan langsung sinar UV.

Bila sudah terjadi dan dirasa mengganggu penampilan kamu, kamu disarankan melalukan perawatan klinis seperti treatment chemical peeling dan IPL treatment.

2.Adanya Garis Halus

Tanda-tanda penuaan dini selanjutnya yang bisa membuat wajah terlihat ‘boros’ yaitu adanya garis-garis halus yang muncul. Pasalnya, garis halus nggak bisa sepenuhnya hilang sebab kondisi seperti ini akan berangsur-angsur ada seiring dengan bertambahnya usia.

Untuk mengurangi kemunculan garis halus terutama di usia 20an, kamu butuh berbagai cara mencegah penuaan dini secara alami selain pemakaian skincare, diantaranya seperti:

• Mengonsumsi air mineral 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari

• Memijat wajah dengan gerakan melingkar

• Mengonsumsi makanan kaya omega 3 dan antioksidan

• Menggunakan face wash alami dari perpaduan madu dan susu

• Mengonsumsi buah dan sayuran

• Menggunakan masker putih telur

3. Tanda-tanda penuaan dini yaitu kerutan di Area Mata

Tanda penuaan dini selanjutnya ada kerutan di sekitar mata. Kerutan yang muncul pada area ini, tepat di bagian bawah mata dipicu oleh perubahan gaya hidup yang tak sehat, seperti begadang.

Nah, bisa dikatakan kulit di sudut luar mata ini menjadi tempat paling rentan mengalami perubahan, karena teksturnya yang super halus. Sementara itu, berkurangnya produksi kolagen di kulit juga diyakini menjadi salah satu pemicu munculnya kerutan di area tersebut.

Kamu bisa mencegah penuaan dini dengan menggunakan pelembap setiap hari. Pakai skin care yang mengandung teh hikau, vitamin A, vitamin C, retinol dan antioksidan yang bisa membantu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan klinis seperti prosedur Botox atau filler yang dapat membantu kulit kendur kamu lebih berisi dan terangkat.

4.Kulit Sangat kering

Salah satu yang membuat wajah terlihat ‘boros’ adalah kulit yang kering. Sewaktu masih belia, kamu mengkhawatirkan kulit yang berminyak tetapi seiring bertambahnya usia, kamu menghadapi masalah yang berbeda.

Kesenjangan pada lapisan atas pelindung kulit bisa mengeluarkan molekul-molekul kelembapan yang berharga dan memungkinkan terjadinya iritasi ini. Umumnya kulit menjadi lebih kering dan terkelupas saat mendekati usia 40-an.

Jika kamu merasa kulitmu berubah menjadi kering, kusam, gatal atau bahkan bersisik bisa konsultasikan pada dokter kulit untuk mengetahui gejala suatu penyakit. Misalnya saja eksim. Tetapi jika bukan, hal ini berarti pertanda penuaan dini yang mana kamu diminta untuk lebih memperhatikan gaya hidup.

Konsumsilah air mineral untuk menjaga kulit dan tubuhmu terhidrasi baik. Kemudian kamu juga bisa tambahkan dengan selalu memakai pelembap yang cocok untuk kulitmu.

5.Kulit Terlihat Kusam

Kulit kusam bisa terlihat kalau kamu selalu merasa kelelahan atau sedang panas-panasan. Tak jarang kamu pun butuh produk seperti face mist untuk terus membuat wajah tampak lebih fresh seharian.

Tapi selain dari kelelahan dan, pada kenyataannya, kulit kusam juga bisa menjadi tanda-tanda penuaan dini. Terutama jika kamu memiliki kondisi seperti itu dalam waktu yang lama, bahkan setelah penggunaan produk perawatan kulit.

Kulit kusam ini, termasuk salah satu masalah kulit yang sulit diatasi, karena diperlukan kesabaran serta perhatian lebih. Untuk mengatasinya, kamu harus sering konsumsi makanan-makanan sehat yang kaya antioksidan dan skin care berbahan retinoid.

6.Pipi Kendur

Bila kamu merasa kulit wajah sudah terlihat kempot atau mengendur mungkin ini karena kamu kehilangan lemak di bawah kulit. Hal ini membuat penampilan jadi kurang oke dan otomatis kepercayaan diri menurun.

Untuk menambah percayaan diri meningkat dan pipi kembali kencang  mungkin kamu bisa mencoba treatment tambahan seperti Tanam Benang atau perawatan Dermalinfusion Silkpeel yang bisa membersihkan, menutrisi kulit sekaligus membuat pipi kencang serta sehat kembali.

Treatment Anti-Aging untuk Cegah Penuaan Dini

Nah, itu dia penjelasan soal tanda tanda penuaan dini hingga cara mencegah penuaan dini. Ingat, kesehatan kulit wajah juga merupakan suatu kewajiban yang semestinya kita jaga, supaya tetap nampak sehat dan kamu pun bisa tampil pede di muka umum.

Selain mencegah dan mengobatinya dengan cara alami, sesekali kamu juga bisa mencoba perawatan Anti-aging di dokter kecantikan atau di klinik kecantikan yang menyediakan perawatan khusus untuk membuat wajah tetap kencang, kenyal dan sehat.

Klinik Pandawa sebagai salah satu Klinik Estetika, Anti-aging & Skincare terbaik di Jakarta juga menyediakan layanan atau treatment cara mencegah penuaan dini dengan harga terjangkau dan berkualitas.

Perawatan kulit bersama Dokter Kecantikan di Klinik Pandawa telah terbukti dapat mengurangi garis-garis kerut serta tanda-tanda penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, radikal bebas dan bertambahnya umur dan lainnya. Sehingga perawatan anti-aging sangat efektif membantu menstimulasi regenerasi sel-sel kulit kamu.

Sahabat Pandawa dapat berkonsultasi online dengan dokter kecantikan kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layananDapatkan juga promo-promo menarik tiap bulannya untuk layanan kecantikan di Klinik Pandawa.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)