Ingin Awet Muda Bebas Keriput? Coba Microneedling

Sepertinya hampir semua orang dan semua usia menginginkan penampilan yang awet muda. Apalagi yang sudah memasuki usia kepala 3 ke atas, rasanya ingin selalu terlihat muda. Kenapa begitu? Sebab semakin bertambahnya usia, maka kulit pun mengalami kelambatan dalam memrpoduksi sel-sel penting. Sehingga banyak ditemukan kerutan, dark spot, atau flek-flek di wajah. Nah, untuk itu dibutuhkan perawatan tambahan untuk mengatasinya. Salah satunya yang paling ampuh adalah dengan microneedling.

Tak hanya diusia 30 tahun ke atas yang membutuhkan perawatan wajah, tapi kamu yang dibawahnya pun perlu. Sebab ada yang namanya penuaan dini. Dimana proses penuaan lebih cepat terjadi dari waktunya. Bahkan di bawah usia 20 tahun pun bisa mengalami penuaan dini. Maka itu selain dibantu dengan skin care kamu juga perlu melakukan perawatan kecantikan tambahan ini. Seperti apa itu microneedling dan manfaatnya untuk kulit? Yuk kita cari tahu bersama di bawah ini.

Penuaan Dini

Meski penuaan tidak bisa dicegah atau dihindari, tapi setidaknya kita memperkuat pertahanan kulit kita agar tidak mudah mengalami gangguan. caranya yaitu melakukan perawatan kulit wajah sejak dini.

Nah ada bicara tentang penuaan dini ada beberapa tanda-tandanya muncul bintik-bintik hitam atau dark spot, ada garis-garis halus, pori-pori mulai membesar, kusam, rambut rontok, kulit tangan kendur, dan sebagainya.

Penyebabnya pun banyak dan rata-rata disebabkan oleh kebiasan-kebiasan yang tak disengaja. Seperti stres, pola makan, pola tidur, faktor keturuan, sering terpapar sinar matahari, merokok, polusi udara, kafein dan alcohol.

Nah bila kamu sudah mengenal sebab-sebab dan tanda penuaan dini kamu juga harus mengenal microneedling yang akan membantu kamu terbebas dari masalah tersebut.

Baca juga: Masih Muda Sudah Ada Garis Halus? Hati-hati Penuaan Dini

Apa itu Microneedling?

Microneedling sendiri merupakan perawatan minimal invasive yang menggunakan alat bantu roller seperti dermaroller. Metode ini sering digunakan dokter kulit untuk merawat berbagai kondisi kulit.

Dermaroller tersebut berisikan  jarum-jarum kecil dengan panjang 0.5 – 1.5 mm menjadi ‘alat’ micropuncture atau tusukan kecil disekitar area kulit wajah yang ingin ditindaki. Hal ini berguna untuk merangsang pertumbuhan atau peremajaan kulit baru.

Metode ini dikenal juga sebagai terapi induksi kolagen (collagen induction therapy/CIT), dan induksi kolagen perkutan (percutaneous collagen induction / PCI). Sebab prosedur ini bekerja dengan cara merangsang kulit untuk memproduksi kolagen sehingga terbentuknya kembali jaringan kulit baru yang kaya akan kolagen.

Perawatan ini biasanya digunakan untuk memperbaiki dan mengatasi masalah kulit wajah seperti bekas jerawat, garis dan kerut halus, kulit kendur, pori-pori besar, rosacea, melasma, serta masalah kulit lainnya.

Metode ini sering disebut dengan tindakan tusuk kulit atau dermarolling, prosedur ini dilakukan oleh dokter kulit atau spesialis perawatan kulit untuk mengobati berbagai masalah perawatan kulit, termasuk bekas luka ataupun kerutan. Tentu saja tindakan ini sudah dilakukan studi klinis dan telah menunjukkan hasil positif secara keseluruhan.

Menurut penelitian di Indian journal of Dermatology, prosedur ini juga efektif untuk menangani melasma atau flek hitam di wajah.

Baca juga: Mau Cerahkan Kulit dengan Instan? Kenali Treatment Suntik Putih Ini

Manfaat Microneedling

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of cutaneous and aesthetic surgery pada tahun 2014 disebutkan bahwa tindakan microneedling yang dikombinasikan dengan pengolesan obat triamsinolon asetonid dapat menstimulasi pertumbuhan rambut pada pasien yang mengalami kebotakan.

Studi lain yang dilansir di jurnal Plastic and reconstructive surgery pada tahun 2017, juga melaporkan bahwa tindakan microneedling efektif dalam mengatasi stretch mark pada paha dan perut jika dikombinasikan dengan filler.

Bila dilakukan dengan tepat, perawatan ini memberikan manfaat seperti menghilangkan bekas luka, bekas luka akibat cacar, jerawat, stretchmark, kerutan, melasma, pori-pori serta flek hitam. Apalagi bila dikombinasikan dengan serum-serum ataupun masker.

Untuk meningkatkan sintesis kolagen, beberapa klinik perawatan wajah kini juga menambahkan prosedur vampire facial. Metode ini menggunakan serum darah kamu untuk menghasilkan platelet rich plasma (PRP).

Dimana treatment PRP inilah yang selanjutnya dapat mempercepat proses penyembuhan dengan mempercepat pelepasan kolagin untuk kulit wajah.

Baca juga: Amati 6 Tanda Penuaan Dini Ini Bila Wajahmu Tak Ingin ‘Boros’!

Apakah ada efek sampingnya?

Secara umum, prosedur ini memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan dengan prosedur lainnya seperti skin laser atau peeling dengan bahan kimia. Selain itu, perawatan ini juga cenderung lebih nyaman dan lebih efektif daripada perawatan anti-aging lainnya. Aman untuk kulit tipis maupun sensitive sekalipun.

Akan tetapi, seperti metode lainnya, microneedling juga dapat menimbulkan beberapa komplikasi seperti terjadinya perdarahan, memar, infeksi, bekas luka, dan masalah pigmentasi. Tapi tenang saja sebab itu wajar terjadi reaksi perawatan dan tidak akan berangsur lama.

Bagi kamu yang sedang hamil atau memiliki penyakit kulit, herpes, atau eksim, sebaiknya diskusikan pada dokter kamu sebelum melakukan prosedur ini.

Tips Sebelum Perawatan

Prosedur ini memang termasuk lebih nyaman dan efektif untuk menangani masalah penuaan dini. Tetapi tak menutup kemungkinan, kamu juga bisa merasa khawatir.

Tetapi sebenarnya tak perlu takut jika kamu mengikuti tips sebelum menggunakan microneedling seperti di bawah ini.

  • pilihlah klinik kecantikan terpercaya dan ditangani oleh dokter ahli dibidangnya. jangan tergiur karena alasan harga yang murah, ya!
  • konsultasikan atau diskusikan terlebih dulu pada dokter kulit. dokter biasanya akan melihat kondisi kulit kamu sebelum treatment apakah sudah siap atau membutuhkan waktu dulu agar bisa treatment. Contohnya seperti jerawat aktif yang harus menunggu menjadi jerawat mereda. biasanya juga dokter akan menyarankan untuk berhenti menggunakan krim malam sebelum dilakukan treatment.
  • pahami reaksinya dan bagaimana untuk mengatasi reaksi dari perawatan yang telah disebutkan seperti di atas.
  • jika sedang dalam keadaan datang bulan, kamu disarankan tidak melakukan perawatan ini dulu sebabkan kan lebih sensitive dan nyeri.

Tindakan microneedling kini semakin populer sebagai perawatan wajah untuk mengembalikan kekencangan dan penuaan dini atau anti-aging. Meski tergolong tindakan minimal invasif, lakukanlah bersama ahlinya hanya di klinik atau rumah sakit tepercaya dan dokter ahli, ya.

Jika ingin bertanya lebih lengkap mengenai perawatan wajah anti-aging, kamu bisa bertanya kami terlebih dulu melalui 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau dapat mengklik link KONSULTASI GRATIS.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)