Gedung Baja Tower B, Ground Floor 2. Jl. Pangeran Jayakarta No. 55.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Tak Hanya Herpes, Kenali Luka di Kelamin atau Ulkus Mole Ini!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Sahabat pandawa pasti sudah sering mendengar penyakit herpes kelamin, tapi bagaimana dengan penyakit ulkus mole? Yup, penyakit herpes dan ulkus mole merupakan termasuk jenis penyakit infeksi menular seksual. Gejala awal ulkus mole adalah adanya luka di kelamin yang mirip dengan herpes kelamin. Yuk kita cari tahu bersama mengenai penyakit ulkus mole lengkap dengan gejalanya, di bawah ini ya!

ulukus mole adalah penyakit kelamin yang mirip dengan herpes

Mengenal Ulkus Mole

Nama lain dari penyakit ulkus mole adalah Chancroid, yang mana masing tergolong infeksi menular seksual. Semua infeksi menular seksual terbilang berbahaya, apalagi bila sahabat pandawa membiarkan adanya luka di area kelamin. Hal itu tentu saja bisa menyebar dan berpindah pada pasangan seksual kamu melalui hubungan intim.

Penyakit kelamin ini memang terbilang jarang, tak setenar penyakit herpes maupun sifilis. Tetapi sahabat pandawa wajib mewaspadai hal ini. Nyatanya, baik pria maupun wanita bisa saja terinfeksi chancroid yang disebabkan oleh bakteri dan menyebabkan area vital terganggu.

Penyebab dan Penularan Chancroid

Penyebab penyakit ini adalah bakteri Haemophilus Ducreyi. Bakteri ini bisa menyerang jaringan-jaringan pada bagian penis maupun vagina dengan menimbulkan luka-luka di kelamin.

Seperti yang telah disebutkan di atas, penularan ulkus mole adalah dengan berhubungan intim. Entah melalui penetrasi penis pada saat ke vagina, seks oral maupun anal bisa memicu penyebarannya. Penyakit ulkus mole atau chancroid ini juga dapat berpindah lewat kontak fisik, diantara orang sehat dengan orang yang telah mengidap.

Pasalnya, bakteri Haemophilus Ducreyi ini berada di dalam darah atau cairan yang ada dalm luka di pengidapnya. Otomatis bila sahabat pandawa terkena dengan luka ini, bisa berpindah dan menginfeksi tubuh kamu.

Seberapa umumkah penyakit chancroid ini?

Penyakit chancroid ini bisa saja menyerang siapapun yang telah aktif berhubungan seksual dan bergonta ganti pasangan. Untuk mengatasinya sahabat pandawa bisa mengurangi hal tersebut dan berkonsultasi dengan dokter ahlinya.

Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala ulkus mole pada pria dan wanita bisa saja berbeda-beda. Umumnya, gejala ini bisa muncul satu hingga beberapa minggu setelah berhubungan. Berikut gejala ulkus mole yaitu

Gejala pada pria

Diawali dengan benjolan kecil merah di area kelamin, yang bisa berubah menjadi luka terbuka (ulkus) dalam waktu satu hingga dua hari. Dan tentu saja gejala awal ini terasa nyeri.

Gejala pada wanita

Pada wanita, gejala chancroid adanya benjolan-benjolan di berbagai lokasi, mulai dari bibi vagina, paha, selangkangan, hingga anus. Bila sudah menjadi ulkus atau luka, tentu bisa terasa nyeri dan terasa terbakar apalagi saat berhubungan seksual, BAB/ BAK terasa nyeri.

Gejala umumnya

  • Ukuran ulkus bermacam-macam dengan diameter berkisar 0,5-5 cm.
  • Luka ulkus berwarna abu-abu kekuningan pada bagian tengah, dan kadang berbau aneh
  • Ulkus mudah berdarah terutama jika disentuh.
  • Ulkus bisa terbentuk di area anus bila berhubungan intim melalui anus.
  • Saat berhubungan seksual terasa nyeri
  • Buang air kecil nyeri
  • Bengkak di area lipatan paha (biasanya hanya di satu sisi paha saja). Kadang kala bila bengkak di kelenjar getah bening dapat pecah dan mengeluarkan nanah di kulit

Diagnosis

Untuk menentukan diagnosis, adalah dengan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk menemukan jenis bakteri kelamin hingga mengambil sampel cairan dari luka ulkus yang ada.

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik mengenai benjolan di selangkangan atau pembengkakan kelenjar limfa yang ada pada pasien.

Komplikasi

Bila penyakit ini ditunda atau dibiarkan maka tentu saja menyebabkan komplikasi yang lebih serius, diantaranya adalah

  • Fistula uretra
  • HIV
  • Herpes kelamin
  • Sifilis

Cara Mencegah Chancroid

Adapun beberapa hal yang bisa sahabat pandawa lakukan untuk mencegah penularan ulkus mole adalah;

  • Memakai kondom saat berhubungan seksual
  • Membatasi pasangan seksual
  • Membawa pasangan seksual untuk pemeriksaan infeksi menular seksual
  • Sirkumsisi (sunat) pada pria

Pengobatan Chancroid

Jangan khawatir dulu, penyakit ulkus mole ini masih bisa diatasi dan disembuhkan. Jika sahabat pandawa merasakan gejala seperti yang sudah disebutkan di atas atau perubahan cenderung keanehan di area vital sebaiknya didiskusikan pada ahlinya.

Pengobatan ulkus mole yang tepat baiknya kamu kunjungi klinik yang benar-benar kompeten. Tahap awalnya, dokter tentu memberikan resep obat antibiotik untuk menghentikan infeksi dan perkembangan bakteri penyebab ulkus mole ini.

Antibiotik yang direkomendasikan dokter bisa berupa obat minum, krim salep ataupun keduanya. Sebagai upaya penyembuhan juga mencegah penyakit ulkus mole kembali lagi, sebaiknya tetap setia pada satu pasangan saja atau berhubunganlah dengan menggunakan pengaman.

Jangan lupa juga untuk mengajak pasangan untuk ikut bersama melakukan pemeriksaan agar terhindar dari penyakit kelamin atau infeksi menular seksual lainnya.

Klinik pandawa ahli dalam menangani berbagai keluhan baik pada bidang andrologi, ginekologi, kulit dan kelamin. Termasuk mengatasi herpes, gonore, sifilis, kutil kelamin dan sebagainya.

Apabila Sahabat Pandawa memerlukan informasi lebih lanjut untuk pengobatan ulkus mole atau Chancroid dan tindakan efektif, segera hubungi kami lewat nomor 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA). Sahabat Pandawa juga bisa melakukan konsultasi online secara GRATIS dengan dokter kami.

Jam Operasional Klinik Pandawa

Senin-Sabtu (10:00 - 18:00)
Minggu (12:00 - 18:00)